01 February 2019

Sering Dipakai Masak, Apa Manfaat Kunyit bagi Kesehatan?

Sering Dipakai Masak, Apa Manfaat Kunyit bagi Kesehatan?

Halodoc, Jakarta - Kuliner Indonesia dikenal kaya rempah dan bumbu masakan yang membuatnya terasa lebih sedap. Tidak mengherankan bahwa beberapa kuliner asli Indonesia selalu masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia. Salah satu rempah yang membuat makanan Indonesia menjadi lebih nikmat dan cukup sering dipakai masak adalah kunyit. Tak hanya dipakai masak, manfaat kunyit dan penggunaannya banyak sekali seperti untuk unsur obat holistik, persembahan dalam upacara keagamaan, dan pewarna dalam kosmetik.

Manfaat kunyit tidak perlu diragukan lagi, rempah dengan nama ilmiah Curcuma longa ini diketahui memiliki manfaat besar tidak hanya untuk tubuh tetapi juga untuk otak. Nah, berikut ini beberapa manfaat kunyit yang perlu kamu ketahui:

Mengandung Bahan Aktif yang Bersifat Antiinflamasi dan Antioksidan

Kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning pada kari atau makanan lain. Rempah ini telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat. Seperti yang diungkapkan Healthline, penelitian terkini telah membuktikan manfaat kunyit untuk obat tidak perlu diragukan lagi. Dalam kunyit terdapat senyawa yang disebut curcuminoids, dan yang paling penting adalah kurkumin.

Bahan aktif ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat. Namun, kandungan kurkumin kunyit tidak setinggi itu yaitu hanya sekitar 3 persen berdasarkan beratnya. Untuk mendapatkan efeknya ini, kamu perlu konsumsinya dalam bentuk suplemen. Kurkumin larut dalam lemak, sehingga lebih baik dikonsumsi bersamaan dengan makanan berlemak.

Baca Juga: Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan adalah bahan utama untuk melawan kanker. Lebih dari 100 jenis kanker yang mengancam manusia, American Cancer Society memperkirakan satu dari setiap empat kematian dapat dikaitkan dengan penyakit ini. Perusahaan farmasi mempromosikan produk kemoterapi yang bersumber dari bahan alami seperti misalnya kunyit.

Salah satu manfaat kunyit dalam memerangi kanker antara lain mampu memerangi peradangan kronis dan membantu tubuh melawan penyebaran sel kanker. Antioksidannya yang kuat ini mendukung kekebalan alami tubuh dan mencegah perkembangan kanker. Seperti yang dilaporkan dalam Clinical Cancer Research, dengan tambahan  satu sendok makan kunyit per hari, kamu secara alami dan efektif dapat membantu menjaga tubuh terhindar dari kanker.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah hal bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari perkembangan penyakit. Tetapi hanya sedikit orang yang menyadari bahwa sebagian besar dari sistem kekebalan berhubungan langsung dengan sistem pencernaan. Kunyit mampu membersihkan tubuh dari limbah dan membantu penyerapan nutrisi penting dari seluruh makanan. Berkatnya, sistem pencernaan menjadi lebih sehat sehingga fungsi sistem kekebalan tubuh lebih baik. Rutin konsumsi kunyit dapat membantu menjaga tubuh bebas dari bakteri, virus, dan mikroba, serta kerusakan oksidatif berbahaya dari radikal bebas.

Menyeimbangkan Kadar Hormon

Hormon adalah hal penting dalam setiap proses yang terjadi di otak dan tubuh. Agar fungsi tubuh tetap berjalan seimbang, hormon-hormon ini diperlukan untuk mendukung berbagai fungsi kehidupan. Pencernaan, kontraksi otot, fungsi sistem saraf, kualitas tidur, dan suasana hati semua dapat dikaitkan dengan interaksi hormon tertentu, dan itulah sebabnya keseimbangan hormon sangat penting.

Faktor gaya hidup dan pola makan memainkan peran utama dalam menjaga produksi dan keseimbangan hormon, tetapi ada kalanya genetika dan mutasi menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Manfaat kunyit selanjutnya membantu mengembalikan keseimbangan hormon. Kunyit mampu memasok sejumlah besar dukungan nutrisi untuk proses produksi hormonal tubuh. Ia juga mampu meningkatkan kekebalan dengan memasok fitonutrien untuk mencegah penyakit, dan mutasi yang menghambat produksi hormonal, membersihkan darah dari racun, serta mengatur dan mendukung kesehatan semua organ yang terlibat dalam produksi hormon.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Dapat Meningkatkan Hormon Testosteron pada Pria

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut soal manfaat kunyit dan kandungan nutrisi di dalamnya, tanyakan saja ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Voice/Video Call dan Chat. Tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.