Mengidap Neurodermatitis, Ini Dampaknya pada Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Mengidap Neurodermatitis, Ini Dampaknya pada Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tidak ada salahnya untuk menjaga kebersihan tubuh kamu salah satunya kebersihan kulit. Mengonsumsi banyak asupan air putih dan menggunakan tabir surya saat berkegiatan di luar ruangan bisa menjadi cara yang dilakukan untuk menghindarkan diri berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan kulit.

Baca juga: Muncul Bercak pada Kulit, Kenali Lebih Lanjut Neurodermatitis

Ada beberapa gejala yang dapat dialami ketika kesehatan kulit terganggu, salah satunya adalah rasa gatal pada kulit. Sebaiknya jangan remehkan gejala ini karena bisa jadi kamu mengalami penyakit neurodermatitis.

Penyakit neurodermatitis adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan munculnya bercak putih pada bagian kulit yang terasa sangat gatal. Rasa gatal yang diakibatkan penyakit neurodermatitis terasa semakin gatal ketika pengidap menggaruk kulit. Umumnya, bercak putih pada kulit muncul di beberapa area bagian tubuh seperti leher, pergelangan tangan, lengan, paha, dan pergelangan kaki.

Dampak Penyakit Neurodermatitis pada Tubuh

Neurodermatitis atau yang dikenal dengan liken simpleks kronis akan memberikan sensasi rasa gatal pada tubuh. Rasa gatal ini semakin bertambah parah ketika kamu mulai menggaruk bagian tubuh yang terasa gatal. Siklus awalnya, bagian tubuh yang terasa gatal terasa tebal dan kasar. Kemudian, setelah digaruk terus menerus kondisi ini menimbulkan bercak berupa bintik-bintik kecil yang menyebar pada bagian tubuh yang lain.

Sebaiknya perlu diwaspadai, rasa gatal yang diakibatkan oleh neurodermatitis dapat memberikan dampak gatal yang cukup meluas pada tubuh. Beberapa bagian lain seperti area dubur serta alat kelamin seperti skrotum dan bibir Miss V juga rentan mengalami neurodermatitis.

Meskipun penyakit ini tidak menular dan tidak berbahaya, tentu rasa gatal yang ditimbulkan menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Baca juga: Inilah 5 Pilihan Pengobatan untuk Atasi Neurodermatitis

Kenali Gejala Neurodermatitis

Sebaiknya kenali bercak putih dan rasa gatal yang ditimbulkan dari penyakit ini agar kamu bisa mendapatkan penanganan sejak dini.

  1. Rasa gatal yang ditimbulkan dari penyakit neurodermatitis semakin terasa ketika pengidap sedang beristirahat atau tidak beraktivitas.

  2. Bercak dan gatal yang terjadi pada bagian kulit kepala dapat menyebabkan kerontokan rambut yang berujung kebotakan pada area tertentu.

  3. Bagian kulit yang terasa gatal bertekstur kasar atau bersisik.

  4. Bercak atau bagian yang gatal terlihat lebih menonjol dan merah dibandingkan bagian tubuh yang lainnya.

Penyebab dan Faktor Risiko Neurodermatitis

Ada beberapa pemicu yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi neurodermatitis seperti cedera pada saraf, memiliki kondisi kulit yang kering, keringat, cuaca yang panas serta terganggunya aliran darah tubuh. Beberapa faktor juga meningkatkan seseorang mengalami neurodermatitis seperti:

1. Gangguan Kecemasan. Stres dan rasa tertekan dapat memicu rasa gatal pada kulit.

2. Usia dan Jenis Kelamin. Dibandingkan pria, wanita lebih rentan mengalami neurodermatitis.

3. Riwayat Keluarga. Jika ada anggota keluarga yang mengalami dermatitis, nyatanya risiko mengalami neurodermatitis juga akan semakin meningkat.

Tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan agar kondisi ini tidak menyerang kamu. Jaga kebersihan kulit dan penuhi kebutuhan cairan untuk tubuh setiap harinya. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kesehatan kulit. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Hati-Hati, Ini Komplikasi Akibat Neurodermatitis