12 October 2018

Meski Sederhana, Olahraga Squat Ternyata Punya Banyak Manfaat

Meski Sederhana, Olahraga Squat Ternyata Punya Banyak Manfaat

Halodoc, Jakarta - Squat merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja, tanpa membutuhkan peralatan apapun. Cara melakukannya pun mudah. Kamu hanya perlu membuka kaki selebar bahu, lalu posisikan tubuh seolah sedang duduk di kursi, dengan membentuk sudut 90 derajat, tahan beberapa detik dan ulangi beberapa kali.

Meski sederhana, olahraga squat yang dilakukan secara rutin ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh, lho. Berikut beberapa di antaranya:

1. Efektif Membakar Lemak pada Area Perut dan Pinggang

Walaupun sederhana dan terkesan monoton, squat ternyata menjadi gerakan wajib bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Dengan melakukan gerakan squat, lemak yang menumpuk pada bagian perut dan pinggang akan terbakar dengan cepat. Lakukan gerakan ini selama 10-15 menit setiap pagi dan sore, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengencangkan Bokong dan Paha

Bokong dan paha yang kencang dan indah merupakan hal yang diidamkan hampir setiap wanita. Selain mampu membakar lemak pada area perut dan pinggang, gerakan squat yang dilakukan secara rutin juga dapat membuat bokong dan paha menjadi kencang.  

3. Melatih Kekuatan dan Fleksibilitas Otot

Ketika kamu melakukan gerakan squat secara rutin, otot-otot kaki, pinggang, dan perut akan terbentuk, sehingga menjadi lebih kuat dan fleksibel. Otot yang kuat dan fleksibel akan membuat kamu dapat melakukan berbagai aktivitas dengan sangat baik dan menurunkan risiko cedera saat melakukan olahraga lain yang lebih berat. Itulah mengapa gerakan squat sering digunakan sebagai salah satu gerakan dalam pemanasan, sebelum melakukan berbagai jenis olahraga.

4. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Fokus gerakan squat adalah melatih otot tubuh bagian bawah. Oleh karena itu, dengan rajin melakukan gerakan ini, keseimbangan tubuh pun akan meningkat. Terutama ketika sedang berada dalam posisi setengah jongkok, jika kamu sering melakukan squat, otot bagian bawah tubuh akan terlatih untuk menopang berat tubuh dengan lebih seimbang.

5. Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme yang baik akan sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. Olahraga squat yang dilakukan secara rutin juga dipercaya dapat membuat metabolisme tubuh meningkat. Selain itu, squat juga dapat memicu pelepasan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan massa otot, serta membuat sensitivitas insulin menjadi lebih lancar. Efeknya, tubuh pun dapat terlindung dari penyakit-penyakit kardiovaskuler dan obesitas.

6. Baik bagi Vitalitas Pria

Manfaat squat yang satu ini mungkin belum banyak diketahui. Namun, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa olahraga squat mampu meningkatkan vitalitas bagi para pria. Gerakan squat dipercaya dapat meningkatkan hormon testosteron dan produksi sperma. Oleh karena itu, olahraga ini juga sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin oleh pria yang memiliki masalah seksual.

Itulah beberapa manfaat yang akan diperoleh jika kamu rajin melakukan olahraga squat. Namun, sepenting apapun olahraga, kamu tetap harus mengimbanginya dengan pola makan sehat dan istirahat yang cukup, ya. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk menggunakan fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan lewat Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, kapan dan di mana saja, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Google Play Store.

Baca juga: