08 December 2018

Mitos atau Fakta Daun Jambu Biji bisa Obati Sakit Gigi

Mitos atau Fakta Daun Jambu Biji bisa Obati Sakit Gigi

Halodoc, Jakarta – Masalah pada gigi kerap memicu rasa sakit yang bisa sangat mengganggu. Maka dari itu, banyak orang yang mencoba melakukan berbagai cara untuk mengobati sakit gigi, salah satunya dengan memanfaatkan obat alami.

Salah satu obat alami yang dikenal dapat meredakan sakit gigi adalah daun jambu biji. Banyak orang yang percaya bahwa mengunyah daun jambu biji ampuh untuk mengobati sariawan dan sakit gigi. Sebab, daun jambu biji disebut memiliki kandungan vitamin C yang berperan untuk mengatasi sariawan dan sakit gigi. Namun, benarkah mengunyah daun jambu biji bisa mengobati sakit gigi? Mitos atau fakta?

Nyatanya, beberapa herbal memang dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan, termasuk sakit gigi. Ada “obat alami” yang memiliki manfaat sebagai zat analgesik (pereda rasa nyeri) ataupun sifat anti-inflamasi (anti-peradangan). Sementara pada daun jambu biji diyakini ada manfaat antimikroba yang bisa membantu mengatasi peradangan. Nah, manfaat-manfaat tersebut yang memiliki keterkaitan dengan kebutuhan darurat untuk meredakan nyeri karena sakit gigi.

Selain daun jambu biji, ada beberapa resep non-medis lain yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri karena sakit gigi. Mulai dari larutan garam yang bermanfaat sebagai antiseptic, dan cengkeh yang dianggap membantu melawan bakteri, mengurangi sensitivitas gigi, serta mengurangi rasa sakit. Meski begitu, ramuan alami ini biasanya digunakan untuk pertolongan pertama, sebelum pergi ke dokter gigi.

Sebab, sakit gigi tetap membutuhkan penanganan yang tepat untuk mengetahui penyebabnya dan menghindari kondisi ini berulang. Dengan kata lain, obat herbal mungkin memang memiliki khasiat untuk mengatasi sakit gigi, tapi hal itu hanya bersifat sementara. Agar lebih aman dan menghindari sakit gigi semakin parah apalagi sampai menyebar ke bagian lain, maka pastikan untuk selalu pergi ke dokter gigi untuk mengatasi masalah di seputar mulut.

Khasiat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Selain bagian daunnya yang disebut mampu mengatasi sakit gigi, ternyata jambu biji sudah lama dikenal dengan sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium dan antioksidan. Tak hanya itu, dalam buah jambu biji juga terdapat zat besi, serat, protein, magnesium, hingga folat.

Rutin mengonsumsi buah yang satu ini bisa memberi sejumlah manfaat untuk tubuh, di antaranya:

1. Sebagai Antioksidan

Rutin mengonsumsi jambu biji bisa membantu menghindari tubuh dari radikal bebas, karena buah ini memiliki sifat antioksidan. Sebab, radikal bebas dipercaya sebagai salah satu pemicu berbagai penyakit, termasuk kanker.

2. Melancarkan Pencernaan

Jambu biji juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena jambu biji kaya akan kandungan serat, sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit alias susah BAB dan memastikan bahwa kuman baik yang ada di dalam saluran pencernaan tetap bekerja dengan baik.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam jambu biji disebut lebih tinggi dibanding jeruk. Asupan vitamin C yang cukup bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi. Tak hanya itu, vitamin C juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah.

4. Tekanan Darah dan Kolesterol yang Stabil

Pengidap darah tinggi dan kolesterol tinggi sangat cocok mengonsumsi buah yang satu ini. Pasalnya, jambu biji memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Agar lebih jelas, cari tahu seputar sakit gigi hingga manfaat jambu biji dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: