13 December 2018

Olahraga Yoga Bisa Ringankan Penyakit Parkinson, Benarkah?

olahraga yoga bisa ringankan penyakit parkinson benarkah

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak tahu olahraga yoga? Olahraga yang sudah dipraktikkan selama ribuan tahun ini, kini semakin digemari banyak orang. Wajar saja, hal ini karena yoga memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Bukan saja bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, beberapa penelitian juga mengatakan bahwa yoga juga bisa meringankan gejala penyakit parkinson, lho.

Parkinson merupakan penyakit gangguan gerak yang disebabkan oleh akibat menurunnya sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi untuk mengontrol bagian tubuh. Gejala utamanya berupa tremor atau gemetaran saat istirahat, tubuh kaku, hingga gerakan menjadi lambat. Sebenarnya gejala ini bisa diredakan dengan mengonsumsi obat-obatan dari dokter.

Namun selain itu, pengidap parkinson juga dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Walaupun penyakit ini memengaruhi pergerakan tubuh kamu, tapi olahraga dapat membantu menjaga otot dan tulang tetap kuat, memperbaiki keseimbangan tubuh, dan mencegah kekakuan sendi. Nah, salah satu olahraga yang baik untuk dilakukan pengidap parkinson adalah yoga. Ketahui manfaat yoga untuk penyakit parkinson lebih lanjut di sini.

Manfaat Yoga untuk Pengidap Parkinson

Seperti yang sudah kita ketahui, yoga merupakan olahraga yang, meliputi meditasi, pengaturan pernapasan dan postur tubuh. Bila dilakukan secara rutin, yoga bisa memberi manfaat berikut bagi kesehatan fisik:

  • Memperbaiki postur tubuh

  • Meningkatkan ketahanan dan kekuatan otot

  • Meningkatkan kelenturan tubuh (tulang dan otot)

  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh

  • Memperbaiki keseimbangan tubuh

  • Memperbaiki koordinasi visual motorik

  • Memperbaiki sistem pernapasan

  • Memelihara sistem kekebalan tubuh

Sementara manfaat yang bisa diberikan yoga untuk kesehatan psikologis adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus

  • Meningkatkan daya ingat

  • Membuat pikiran menjadi lebih positif

  • Mengurangi risiko depresi dan kecemasan

Nah, dengan melakukan yoga secara rutin, pengidap bisa mendapatkan manfaat-manfaat tersebut yang baik untuk meringankan, bahkan menyembuhkan penyakitnya tersebut.

Jenis Yoga yang Baik untuk Parkinson

Dilansir dari Psychology Today, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Complementary and Alternative Medicine, mengungkapkan bahwa jenis yoga paling cocok untuk orang-orang dengan penyakit parkinson adalah hatha yoga. Dalam penelitian tersebut, pengidap yang menjadi partisipan diminta untuk mengikuti kelas hatha yoga sebanyak dua kali seminggu. Saat di dalam kelas, mereka diminta melakukan pose-pose yoga yang telah dimodifikasi dan melatih pola pernapasan yang baik saat duduk, berdiri, dan terlentang, sesuai dengan instruksi terapis yoga bersertifikat.

Hasilnya, pengidap Parkinson yang mengikuti kelas yoga sampai akhir terbukti memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik, sehingga risiko mereka terjatuh dan mengalami cedera menjadi sangat berkurang.

Kunci keberhasilan hatha yoga terhadap penyakit parkinson ini terletak dari gerakan-gerakan hatha yoga yang menggabungkan pikiran dan tubuh dalam serangkaian latihan pernapasan, sehingga mampu membantu pengidap untuk lebih fokus dan berkonsentrasi sekaligus menghilangkan kecemasan yang biasanya bisa dirasakan pengidap.

Selain itu, penyakit parkinson biasanya juga membuat keseimbangan dan koordinasi tubuh pengidap menjadi terganggu. Nah, hatha yoga mampu meningkatkan keseimbangan dan keselarasan tubuh pengidap, bahkan melemaskan otot-otot yang kaku akibat penyakit ini. Hatha yoga juga mampu memperbaiki postur tubuh pengidap yang sering membungkuk saat berjalan.

Jadi, bagi pengidap penyakit parkinson yang ingin kualitas hidupnya terjaga dengan baik, kombinasikan meminum obat-obatan dengan melakukan olahraga yoga secara rutin ya. Kalau sakit dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: