Pencernaan Sehat Saat Puasa, Ini Tipsnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pencernaan Sehat Saat Puasa, Ini Tipsnya

Halodoc, Jakarta – Menjelang bulan puasa, sebaiknya jaga kesehatan agar kamu bisa menjalani ibadah puasa dengan baik. Salah satu yang perlu kamu perhatikan adalah kesehatan pencernaan kamu. Sistem pencernaan yang sehat nyatanya akan mengatur fungsi kekebalan tubuh kamu dan dapat mengatur suasana hati dengan baik. Tidak hanya itu, pencernaan yang sehat akan meningkatkan metabolisme tubuh kamu.

Baca juga: Hal Ini terjadi pada Otak Ketika Berpuasa

Lakukan beberapa cara ini agar kamu bisa memiliki pencernaan yang sehat selama menjalani ibadah puasa, yaitu:

1. Penuhi Kebutuhan Serat

Penuhi kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh ketika berpuasa. Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika kebutuhan serat terpenuhi seperti menjaga kesehatan usus, menjaga kualitas tinja, dan mempermudah kamu untuk buang air besar sehingga terhindar dari konstipasi. Jangan lupa mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung serat tinggi ketika berbuka puasa maupun sahur. Konsumsi biji-bijian, sayuran, kacang polong, dan buah-buahan untuk memelihara pencernaan tubuh agar tetap sehat.

2. Batasi Makan Makanan Berlemak

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan membatasi konsumsi makanan yang berlemak ketika berbuka puasa dan sahur. Umumnya, makanan berlemak memperlambat proses pencernaan makanan sehingga rentan dan membuat kamu mengalami konstipasi. Ketika kamu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, jangan lupa seimbangkan dengan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Meskipun sedang menjalani ibadah puasa, perhatikan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Selama menjalani ibadah puasa, kamu tetap membutuhkan konsumsi air sebanyak 2 liter perhari. Kurang air putih membuat pencernaan berjalan dengan lambat dan menyebabkan konstipasi. Sebaiknya bagi waktu untuk memenuhi kebutuhan air putih, kamu bisa konsumsi 3 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas sebelum tidur, dan 3 gelas saat sahur. Selain itu putih, kamu bisa tambahkan asupan cairan pada tubuh dengan konsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air cukup tinggi untuk camilan malam atau penutup setelah makan berbuka atau sahur.

Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

4. Mengonsumsi Makanan Probiotik

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik atau bakteri baik baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, kamu terhindar dari masalah pencernaan dan sembelit. Tempe adalah salah satu makanan yang mengandung probiotik dan bisa kamu jadikan menu sahur atau berbuka.

5. Tetap Berpikiran Positif

Menghindari pikiran negatif akan menjauhkan kamu dari stres. Stres yang berlebihan berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Selalu berpikiran positif sehingga kamu terhindar dari stres berlebih dan gangguan pencernaan.

6. Olahraga

Ada banyak manfaat dari olahraga, mulai dari menjaga kebugaran hingga menjaga kesehatan pencernaan kamu. Sebaiknya, tetap melakukan olahraga ringan ketika bulan puasa. Kamu bisa lakukan olahraga sebelum waktu berbuka. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, kamu bisa lakukan olahraga ringan dengan rutin, seperti jalan santai, bersepeda atau yoga. Beberapa pose yoga juga membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi ketika puasa nyatanya bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan gizi dan nutrisi selama puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Berenang Saat Puasa, Membatalkan Puasa atau Enggak?