Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya hindari kebiasaan merokok dan gaya hidup yang kurang sehat lainnya karena meningkatkan risiko serangan jantung meskipun kamu masih terbilang dalam usia yang muda. Ya, tidak hanya pada orang dengan usia lanjut, serangan jantung juga bisa terjadi pada orang-orang yang masih terbilang di usia yang muda.

Baca juga: Bagaimana Mengenali Gejala Serangan Jantung?

Tidak hanya gaya hidup yang kurang sehat, kondisi obesitas dan tingkat stres yang cukup tinggi bisa meningkatkan seseorang mengalami serangan jantung di usia yang masih terbilang muda. Ketahui lebih banyak informasi mengenai serangan jantung agar dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit ini.

Apa Itu Serangan Jantung?

Serangan jantung, yang dikenal dengan sindrom koroner akut adalah kondisi gangguan pada jantung ketika jantung tidak mendapatkan aliran darah secara optimal. Tidak hanya pada jantung, ketika kondisi ini terjadi fungsi jantung untuk mengalirkan darah menuju seluruh tubuh menjadi terganggu.

Aliran darah yang tidak mengalir secara optimal menuju jantung bisa disebabkan karena adanya penyumbatan aliran darah menuju jantung yang disebabkan oleh plak yang berasal dari timbunan kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya itu, gumpalan darah pada aliran darah juga bisa meningkatkan risiko penyumbatan aliran darah.

Ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami serangan jantung, seperti nyeri dada, sesak napas, pusing, gelisah, dan keringat dingin. Pada beberapa pengidap serangan jantung, kondisi ini juga akan ditandai dengan munculnya kondisi angina. Namun bahayanya, ada beberapa kasus serangan jantung yang tidak menimbulkan gejala apapun dan langsung menyebabkan jantung yang berhenti secara mendadak.

Serangan jantung adalah kondisi darurat yang harus ditangani dengan segera. Sebaiknya segera panggil bantuan medis untuk menangani kondisi serangan jantung pada seseorang. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya mengenai pertolongan pertama atau bertanya mengenai gejala yang kamu alami.

Baca juga: 4 Penyebab Serangan Jantung yang Tidak Disadari

Inilah Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

Penyebab utama serangan jantung karena terganggunya pasokan darah menuju otot jantung. Jika kondisi ini terjadi, tentu otot jantung rusak dan mengganggu fungsi jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak muda mengalami serangan jantung, seperti:

1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang sehat membuat anak muda lebih rentan alami serangan jantung. Kebiasaan mengonsumsi rokok dan minuman alkohol bisa menyebabkan penyumbatan pada aliran darah dan tingkatkan risiko serangan jantung di usia yang terbilang muda. Tidak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan ini agar kesehatan selalu terjaga.

2. Penyakit Diabetes

Tidak hanya gaya hidup, penyakit diabetes yang rentan dialami anak muda juga berisiko tingkatkan serangan jantung di usia muda. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan anak muda sangat rentan alami diabetes, seperti pola makan, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik. Kondisi yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan serangan jantung di usia muda.

3. Penggunaan Narkotika

Penggunaan narkotika dapat menyebabkan anak muda alami serangan jantung. Narkotika bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah koroner yang meningkatkan risiko serangan jantung.

Baca juga: 3 Jenis Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai

Sebaiknya cegah serangan jantung sejak dini dengan menjalani pola makan yang sehat, hindari rokok dan narkotika serta rutin berolahraga untuk melancarkan aliran darah. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan pada rumah sakit secara rutin untuk mencegah gangguan pada jantung.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2019. Why Are Heart Attack On The Rise in Young People?
Web MD. Diakses pada 2019. Heart Attack Striking More Young Adults.