Penyebab Sering Nyeri Sendi saat Baru Bangun Tidur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penyebab Sering Nyeri Sendi saat Baru Bangun Tidur

Halodoc, Jakarta - Semua orang mungkin pernah merasakan nyeri saat bangun tidur. Hal tersebut mungkin dapat menyebabkan kamu sulit keluar dari tempat tidur dan hanya ingin tidur di kasur hingga rasa nyeri tersebut hilang. Hal ini disebut juga dengan kekakuan pada pagi hari dan merupakan keluhan yang cukup umum terjadi. Walau begitu, hanya sedikit orang yang memahami penyebab yang sebenarnya.

Banyak orang yang selama ini salah sangka apabila nyeri saat bangun tidur berhubungan dengan penuaan. Semakin lanjut umur seseorang, maka hal ini semakin rentan terjadi. Selain itu, banyak orang hal tersebut adalah hal yang normal, padahal pada kenyataannya tidak begitu.

Penyebab paling umum ketika seseorang merasakan nyeri saat bangun tidur adalah sendi yang aus atau otot yang tegang. Kondisi ini disalahartikan sebagai nyeri sendi. Pada kasus tertentu, nyeri saat bangun tidur juga merupakan indikator dari peradangan pada sendi. Bagian sendi tidak menua dengan cara yang sama pada tiap orang. Sendi juga dapat menua karena terlalu sering digunakan atau terjadinya keausan.

Keausan pada sendi dapat terjadi pada usia berapa pun. Walau begitu, keadaan ini lebih sering terjadi pada orang yang sudah tua atau orang yang mengalami obesitas. Sejalan dengan bertambahnya usia sendi seseorang, tulang rawan yang merupakan bantalan pada sendi akan mengering dan menegang. Selain itu, sendi juga dapat kehilangan pelumasan.

Pada sendi yang kekurangan pelumasan, otot-otot akan menjadi lebih lemah dan tendon akan mengalami kekakuan, serta bagian-bagian tersebut akan mengencang ketika tidur. Walaupun kamu tidak dapat membalikkan efek penuaan sendi, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala atau mengobati penyakit yang dapat menyebabkan masalah tersebut.

Baca Juga: Nyeri Sendi Harusnya Lebih Aktif Bergerak

Apakah Nyeri saat Bangun Tidur Gejala dari Arthritis?

Kekakuan sendi yang terjadi saat bangun tidur merupakan indikator berbagai jenis radang sendi. Namun, kekakuan di pagi hari tidak selalu berarti kamu mengidap radang sendi. Sangat penting untuk mengetahui tanda dan gejala selain dari kekakuan sendi, gejala lainnya yang dapat menyebabkan radang sendi adalah rheumatoid, osteoarthritis, dan radang sendi psoriatik.

Secara khusus, perhatikan kapan dan seberapa sering nyeri sendi dan kekakuan terjadi. Jika kamu merasa tidak memiliki pemicu spesifik dan terjadi lebih sering, mungkin sudah saatnya untuk mengunjungi dokter untuk membahas kemungkinan terserang arthritis. Namun, nyeri sendi dan kekakuan setelah aktivitas yang intens tidak selalu merupakan tanda penyakit apa pun.

Baca Juga: Sakit pada Sendi Saat Bergerak, Hati-Hati Bursitis

Pengobatan Nyeri saat Bangun Tidur yang Disebabkan oleh Arthritis

Apabila kamu merasakan nyeri saat bangun tidur yang disebabkan oleh arthritis, perawatan dini dapat dilakukan untuk membatasi kerusakan sendi. Beberapa perawatan yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan sendi adalah:

  1. Mengonsumsi Obat-Obatan

Terdapat beberapa jenis obat yang dapat dikonsumsi untuk mencegah arthritis menjadi lebih parah. Misalnya seperti obat pereda sakit, steroid, dan obat anti-rematik (DMARD). Kamu mungkin perlu mengonsumsi obat lebih dari satu untuk menghentikan penyakit tersebut menjadi semakin buruk. Hal tersebut juga dapat meringankan gejala kekakuan dan nyeri sendi yang terjadi.

  1. Terapi Fisik dan Olahraga

Dua hal tersebut dapat membantu kamu untuk bergerak lebih baik dan membuat tubuh merasakan sakit lebih sedikit. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan air hangat ketika mandi untuk melonggarkan sendi yang kaku dan kompres es untuk meredam sendi yang meradang. Teknik relaksasi juga dapat meredakan ketegangan otot.

  1. Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Cara lainnya agar dapat mencegah nyeri sendi yang terjadi adalah tetap menjaga berat badan agar normal. Hal tersebut dikarenakan dapat menyebabkan sendi yang stres karena mengangkut beban yang berlebih. Cobalah tanyakan pada dokter kamu berapakah berat badan ideal untuk kamu.

Baca Juga: Ini Bedanya Rematik dan Asam Urat Penyakit yang Bikin Nyeri Sendi

Itulah yang terjadi ketika merasakan nyeri saat bangun tidur. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal nyeri yang terjadi, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!