25 March 2019

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Tennis Elbow

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Tennis Elbow

Halodoc, Jakarta – Rutin melakukan olahraga dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi sebaiknya lakukan kegiatan olahraga dengan benar dan tepat. Hal ini untuk menghindari risiko terkena tennis elbow. Tennis elbow atau dikenal dengan epicondylitis menyebabkan kamu merasa nyeri yang diakibatkan dari peradangan pada sendi di sisi luar siku tangan.

Kondisi ini terjadi akibat adanya tekanan yang berlebihan pada otot dan jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang di lengan bawah sekitar siku tangan.

Baca juga: Penyembuhan Tennis Elbow Dapat Dilakukan Secara Mandiri, Ini 3 Kuncinya

Gejala umum yang dirasakan pengidap tennis elbow adalah rasa nyeri pada siku bagian luar. Nyeri yang dirasakan terkadang menjalar ke bagian lengan bawah dan pergelangan tangan. Biasanya, gejala dari tennis elbow akan dirasakan beberapa minggu

Jika tidak diatasi, kondisi ini menimbulkan gejala yang lebih parah lagi seperti melemahnya kemampuan menggenggam seseorang dan kesulitan mengangkat atau menggerakan tangan.

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko mengalami tennis elbow, salah satunya adalah olahraga yang menggunakan banyak gerakan tangan seperti tenis, golf, dan bulutangkis. Sebaiknya lakukan olahraga dengan tepat agar kamu tidak mengalami cedera atau tennis elbow. Selalu lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan istirahat sejenak ketika merasa kelelahan atau rasa nyeri pada bagian tangan.

Selain olahraga, melakukan kegiatan dengan gerakan lengan berulang juga berisiko mengalami tennis elbow, seperti mengecat, menulis, mengetik.

Selain kegiatan tertentu, tennis elbow rentan dialami orang yang memiliki rentang usia 30-50 tahun. Jadi tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan otot-otot khususnya bagian tangan agar kesehatan selalu terjaga.

Baca juga: Pekerja Kantoran Rentan Terkena Penyakit Tennis Elbow?

Pengobatan di Rumah

Sebagai pencegahan kondisi tennis elbow yang semakin parah, kamu bisa melakukan perawatan di rumah, yaitu:

  • Mengompres Es

Mengompres siku lengan yang mengalami tennis elbow dengan es dapat mengurangi sakit dan mencegah pembengkakan semakin parah. Caranya adalah balut es dengan handuk lembut kemudian tempatkan handuk dingin pada bagian yang mengalami tennis elbow. Hindari meletakan es langsung pada kulit karena dapat menyebabkan iritasi.

  • Hidroterapi Kontras

Hidroterapi kontras adalah kegiatan mengompres bagian tubuh dengan air hangat dan air dingin secara bergantian. Pada kondisi tennis elbow, mengompres dengan air hangat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit. Sedangkan, mengompres dengan air dingin bisa membantu untuk mengurangi peradangan.

  • Melakukan Pijat

Tidak ada salahnya memijat secara perlahan bagian yang mengalami tennis elbow. Memijat bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menenangkan otot yang kaku. Gunakan minyak calendula atau minyak alpukat yang berfungsi mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari tennis elbow. Namun, sebelum melakukan pijat, sebaiknya kamu berdiskusi terlebih dulu ke dokter spesialis ortopedi dan traumatologi.

  • Istirahat

Sebaiknya istirahatkan lengan yang mengalami tennis elbow. Kamu juga bisa gunakan pembungkus siku untuk mengurangi rasa sakit.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Sebaiknya perbaiki pola makan kamu dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantu kamu untuk memulihkan kondisi lengan. Perbanyak asam lemak omega 3 untuk mempercepat pemulihan.

Kalau kamu punya keluhan di bagian siku, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter yang terpercaya. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!

Baca juga: Tangan Nyeri Saat Menulis, Bisa Jadi Gejala Terkena Tennis Elbow?