11 February 2019

Pernah Merasa Gugup Hingga Mual? Ketahui Penyebabnya

Pernah Merasa Gugup Hingga Mual? Ketahui Penyebabnya

Halodoc, Jakarta - Semua orang tentu pernah berhadapan dengan situasi yang membuat gugup. Tak jarang, rasa gugup yang muncul pun dapat membuat tubuh mengeluarkan berbagai reaksi, mulai dari berkeringat dingin, gelisah, sakit perut, hingga mual. Apakah kamu termasuk yang kerap merasa mual karena gugup? Ketahui apa yang menjadi penyebabnya dalam pembahasan ini, yuk!

Saat merasa gugup, tubuh akan memproduksi hormon katekolamin dan adrenalin dalam darah. Hormon ini berfungsi untuk menyiapkan tubuh agar bisa bekerja lebih keras, karena adanya ancaman atau situasi tertentu. Akibatnya, beberapa fungsi tubuh yang dianggap kurang berperan dalam melindungi diri akan diistirahatkan. Salah satunya adalah organ-organ pencernaan. Hormon yang diproduksi saat gugup akan melepas simpanan lemak dan glukosa secara tiba-tiba, sehingga kadar asam dan enzim dalam perut menjadi kacau. Mekanisme inilah yang menyebabkan timbulnya rasa mual.

Baca juga: Mual Saat Hamil? Atasi dengan Cara Ini!

Di waktu yang bersamaan, karena tubuh menegang dan bersiap untuk menghadapi ancaman, beberapa otot pun akan berkontraksi. Salah satu otot dalam tubuh yang akan ikut serta berkontraksi adalah otot perut. Hal ini kemudian akan membuat tekanan pada perut, sehingga muncul rasa mual seperti ingin memuntahkan sesuatu. Berbagai reaksi fisik ini bersifat spontan dan tidak dapat dihentikan.

Tips untuk Kendalikan Rasa Mual karena Gugup

Meski mekanisme tubuh yang berlangsung ketika gugup dan menghasilkan rasa mual itu bersifat spontan dan tidak bisa dihentikan, ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengurangi rasa mual yang terjadi ketika gugup. Berikut beberapa di antaranya:

1. Hindari Makan Berat Sebelumnya

Hal ini berlaku jika kamu bisa memprediksi datangnya situasi yang dapat membuat gugup. Misal sebelum melakukan wawancara kerja, atau tampil di atas panggung. Beberapa jam sebelum berhadapan dengan situasi tersebut, usahakan untuk menghindari makan berat, tepatnya makanan yang berlemak dan tinggi karbohidrat. Ini bukan berarti menganjurkan kamu untuk tidak makan sama sekali ya. Jika terasa lapar, makanlah makanan sehat, seperti buah dan sayur secukupnya, untuk meminimalisir rasa mual yang akan datang ketika gugup.

Baca juga: Kebelet Terus saat Nervous, Ini Alasannya

2. Lakukan Teknik Pernapasan

Ketika merasa mual karena gugup, salah satu hal yang mungkin bisa mengurangi stres adalah teknik pernapasan. Mulailah dengan berdiri atau duduk dengan tegak dan pejamkan mata. Kemudian bernapaslah sepelan mungkin, kira-kira 5 detik untuk menarik napas lewat hidung. Tahan selama kurang lebih 4 detik, dan hembuskan perlahan-lahan lewat mulut selama 7 detik. Ulangi terus sampai terasa relaks dan mual berkurang.

3. Olahraga Ringan

Selain melemaskan otot-otot, olahraga ringan mampu membuat tubuh memproduksi hormon endorfin yang bisa memunculkan rasa bahagia dan mengusir rasa gugup. Ketika timbul rasa mual karena gugup, kamu juga bisa coba melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan seperti berjalan-jalan atau melakukan peregangan otot.

4. Alihkan Perhatian

Ini adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Ketika merasa gugup yang disusul dengan perasaan cemas, kamu bisa mencoba untuk tenangkan diri dan alihkan perhatian pada hal lain, seperti main games atau melihat video-video lucu di internet.

Baca juga: Mual Setelah Berolahraga? Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Bayangkan Hal-Hal Positif

Salah satu alasan kita merasa mual karena gugup adalah rasa takut gagal, kecewa, dan malu. Maka, ubah pola pikir meskipun hanya sesaat dan bayangkan semua hal yang berkebalikan dengan apa yang ditakutkan. Misalnya, jika merasa gugup saat kencan pertama, cobalah untuk membayangkan kencan tersebut akan berjalan mulus, pasangan kencan  ternyata sangat ramah, dan kamu berhasil membuatnya terkesan. Pikiran-pikiran positif ini akan membuat kamu lebih tenang dan optimis.

Itulah sedikit penjelasan tentang mual karena gugup dan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!