Raffi Ahmad Alami Gangguan Pita Suara, Kenali Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Raffi Ahmad Alami Gangguan Pita Suara, Kenali Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Raffi Ahmad, selebriti dan pembawa acara nasional Indonesia, baru-baru ini menjalani perawatan pada bagian pita suara karena adanya gangguan pada pita suara. Pita suara adalah katup yang bergetar dan memotong aliran udara dari paru-paru yang menjadi suara dan membentuk sumber suara laring.

Baca juga: 5 Selebriti yang Bertarung Melawan Depresi

Gangguan pita suara dapat menyebabkan beberapa gejala seperti perubahan suara menjadi serak bahkan pengidapnya merasakan kesulitan mengeluarkan suara. Gangguan pada pita suara sendiri dapat disebabkan beberapa kondisi, seperti:

1. Sering Berteriak Secara Mendadak

Orang-orang yang sering melakukan teriak secara mendadak seperti presenter atau penyanyi nyatanya sangat rentan mengalami gangguan pita suara. Hal ini disebabkan karena ketegangan udara secara tiba-tiba yang membuat pita suara bergetar sangat hebat. Kondisi ini dapat menyebabkan pita suara luka. Pita suara yang luka secara berulang-ulang memicu tumbuhnya jaringan tebal yang akan mengurangi keelastisan pita suara untuk mengeluarkan suara.

2. Batuk Terlalu Keras

Ketika seseorang mengalami kondisi batuk-batuk dengan keras, kondisi ini menyebabkan pita suara bergetar dengan hebat dan dapat menimbulkan luka pada bagian pita suara.

3. Kebiasaan Merokok

Beberapa pengonsumsian zat kimia seperti merokok atau mengonsumsi alkohol nyatanya dapat meningkatkan risiko iritasi pada pita suara. Dalam jangka waktu yang cukup lama, iritasi pada pita suara membuat pita suara menebal dan berkurangnya elastisitas pada pita suara. Kondisi ini dapat menyebabkan pita suara sulit untuk mengeluarkan suara.

4. Penyakit Asam Lambung

Pengidap asam lambung rentan mengalami gangguan pada pita suara. Kondisi asam lambung yang naik hingga tenggorokan dapat menyebabkan iritasi pada pita suara. Iritasi pada pita suara disebabkan asam lambung meningkatkan risiko pita suara tidak berfungsi secara normal.

5. Infeksi

Kondisi infeksi pada saluran pernapasan meningkatkan risiko pita suara mengalami iritasi serta peradangan. Pita suara yang mengalami pembengkakan karena peradangan akan bergetar namun berbeda dengan kondisi normal.

Baca juga: Tanpa Obat, Ini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Benarkah Benjolan yang Ada Pada Tenggorokan Indikasi Penyakit Kanker?

Selain mengalami perubahan pada suara, Raffi Ahmad memiliki benjolan pada bagian tenggorokannya. Apakah kondisi ini merupakan indikasi dari penyakit kanker? Kenali dulu jenis-jenis dari gangguan pita suara:

1. Laringitis

Laringitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian kotak pita suara yang terdapat dalam tenggorokan. Radang atau pembengkakan terjadi akibat adanya kerusakan atau iritasi pada pita suara, adanya infeksi virus atau jamur serta reaksi alergi pada tubuh.

2. Nodul Pita Suara

Penyakit nodul pita suara ditandai adanya benjolan lunak pada bagian tenggorokan. Meskipun muncul benjolan, kondisi ini bukan bagian dari penyakit kanker. Nodul bisa membesar dan mengeras jika pengidap nodul pita suara tetap mengeluarkan suara secara terus menerus. Kondisi ini umum terjadi yang diakibatkan dari penggunaan suara yang berlebihan dan terlalu keras dalam jangka waktu yang panjang.

Sebaiknya, istirahatkan pita suara jika kamu mengalami beberapa gejala dan kondisi gangguan pita suara. Jangan lupa untuk mengunjungi dokter agar kamu mendapatkan penanganan yang terbaik untuk kondisi kesehatan kamu.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: Awasi Penyebab Laringitis yang Menyerang Tenggorokan