• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rawat Kulit saat Puasa dengan 6 Cara Ini

Rawat Kulit saat Puasa dengan 6 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Perubahan pola makan yang terjadi selama menjalani ibadah puasa memengaruhi kondisi tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Asupan makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap nutrisi serta gizi yang berdampak pada tubuh.

Baca juga: 5 Pengaruh Puasa pada Kesehatan Kulit

Namun, tidak hanya makanan, kamu perlu mengatur asupan cairan dalam tubuh selama menjalani ibadah puasa agar tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang dialami saat menjalani ibadah puasa tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan kulit. Lakukan beberapa cara berikut ini untuk merawat kulit selama menjalani ibadah puasa.

Ini Perawatan Kulit yang Bisa Kamu Lakukan

Saat menjalani ibadah puasa, perhatikan kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan kulit. Mengalami gangguan kulit menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya, tentunya kondisi ini dapat mengganggu ibadah puasa yang sedang dijalani. Jadi, ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit selama berpuasa, yaitu:

1. Perhatikan Asupan Cairan

Saat menjalani ibadah puasa, tetap perhatikan asupan cairan yang kamu konsumsi selama satu hari. Melansir Mayo Clinic, sangat penting memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas per hari meskipun kebutuhan cairan akan tiap orang berbeda-beda. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Tidak ada salahnya untuk mengatur memenuhi kebutuhan cairan dengan pola 2-4-2. Kamu bisa mengonsumsi 2 gelas air putih saat sahur, kemudian 4 gelas setelah berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi lebih dari 8 gelas untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

2. Perhatikan Pola Makan

Selain karbohidrat dan protein, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E saat sahur maupun waktu berbuka puasa. Nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit. Melansir Medical News Today, vitamin A menjadi salah satu vitamin yang dapat membantu pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk rambut dan kulit. Vitamin A dapat menghasilkan sebum yang membuat kulit lebih lembap.

Baca juga: Pemilik Kulit Kering, Ini Cara Jaga Kesehatan saat Puasa

3. Konsumsi Sayur dan Buah

Mengonsumsi sayur dan buah penting untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Melansir Healthline, tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan dari air putih saja, nyatanya kamu juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dari sayuran dan buah. Tidak ada salahnya mengonsumsi sayur mentimun pada menu sahur atau berbuka. Mentimun menjadi salah satu sayuran yang memiliki kandungan air cukup tinggi.

Jangan lupakan mengonsumsi buah, kamu bisa konsumsi jeruk untuk menambah cairan dalam tubuh karena kedua buah ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain kandungan air yang cukup tinggi, buah jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang memiliki bermanfaat bagi kesehatan kulit.

4. Jaga Kebersihan Kulit

Sebaiknya jangan malas untuk menjaga kebersihan kulit kamu. Jangan lupa untuk mandi minimal 2 kali sehari. Mandi dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit sehingga menghindari kulit dari gangguan kesehatan. Perhatikan sabun yang digunakan agar kulit kamu tetap terjaga dan tidak mengalami iritasi.

5. Gunakan Tabir Surya dan Pelembap

Jangan lupa untuk gunakan tabir surya dan pelembap untuk tubuh agar kesehatan kulit tetap terjaga. Melansir Huffpost, banyak manfaat penggunaan tabir surya untuk kesehatan kulit, seperti mencegah perubahan warna dan memperlambat tanda atau gejala penuaan dini pada kulit.

6. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Tentunya, perubahan pola tidur juga akan dialami oleh orang-orang yang menjalani ibadah puasa. Namun, tetap perhatikan kualitas tidur setiap harinya. Melansir Healthline, ada beberapa dampak kurang tidur pada kulit, seperti munculnya tanda-tanda penuaan dini, penurunan kualitas kulit, dan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga: Jaga Kualitas Tidur saat Puasa dengan 5 Cara Ini

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit selama menjalani ibadah puasa. Selain itu, jangan lupa untuk tetap rutin melakukan olahraga untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan tubuh kamu. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan selama menjalani ibadah puasa, jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang dialami selama menjalankan ibadah puasa.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 6 Ways to Maximize Your Beauty Sleep for #WokeUpLikeThis Skin
Healthline. Diakses pada 2020. 19 Water Rich Foods That Help You Stay Hydrated
Huffpost. Diakses pada 2020. Sunscreen Benefits: 5 Reasons You Should Always Wear It
Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Vitamin A
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Water: How Much Should You Drink Every Day?