Seperti Ditusuk, Ini Cara Mengobati Sengatan Lebah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Lebah, Sengatan Lebah, obat disengat lebah, bengkak disengat lebah

Halodoc, Jakarta - Rasa sakitnya mungkin tidak seberapa, hanya seperti tertusuk duri. Namun, sengatan lebah bisa menimbulkan pembengkakan pada kulit dan rasa tidak nyaman selama beberapa hari. Bahkan, bagi beberapa orang yang memiliki alergi terhadap racun lebah, gejala yang timbul bisa saja lebih serius dan perlu penanganan lebih lanjut.  

Bagi kamu yang tidak memiliki alergi terhadap racun lebah, tidak perlu panik. Kamu bisa lakukan langkah-langkah pertolongan pertama berikut ketika tersengat lebah.

1. Segera Cabut Sengat Lebah

Usai menggigit, lebah biasanya akan meninggalkan jarum kecil berwarna hitam, yang bernama ‘sengat’. Jarum kecil itulah yang menyimpan banyak racun dan bisa menyebar ke permukaan kulit.

Oleh karena itu, segeralah cabut sengat yang tertinggal di kulit dengan menggunakan pinset kecil. Lakukan dengan hati-hati dan pastikan tidak ada lagi bagian yang tertinggal di kulit, untuk menghindari tersebarnya racun ke bagian kulit yang lain.

2. Bersihkan Bagian yang Tersengat

Setelah berhasil mengeluarkan sengat yang tertinggal di kulit. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencuci bagian kulit yang tersengat dengan menggunakan air mengalir dan sabun.

Kalau bisa, gunakan sabun yang mengandung antiseptik. Lalu, keringkan dengan menggunakan handuk yang halus. Hindari untuk menggosok-gosok bagian yang terkena sengatan.

3. Kompres dengan Es Batu

Sengatan lebah di kulit tidak hanya akan menimbulkan bengkak, tetapi juga rasa terbakar dan pegal di area kulit yang terkena. Mengompres bagian kulit yang tersengat dengan es batu dapat meredakan bengkak dan rasa tidak nyaman.

Balut es batu dengan kain tipis, lalu kompreskan ke bagian kulit yang bengkak selama 20-30 menit. Maka, rasa sakit dan bengkak yang muncul pun akan berkurang

4. Obati Bengkak dengan Bahan-bahan Berikut

Mengompres dengan es batu hanya meredakan sementara. Untuk mengobatinya, beberapa bahan alami berikut bisa digunakan:

  • Madu

Bahan yang biasa digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula ini ternyata mampu menyerap racun yang menyebar di bagian kulit yang tersengat lebah, lho. Caranya mudah, cukup oleskan madu di area yang terkena sengatan dan diamkan selama 30 menit.

  • Baking Soda

Baking soda dapat memberi efek dingin pada kulit, sehingga mampu meredakan rasa panas dan bengkak. Campurkan sekitar 1 sendok makan baking soda dengan sedikit air. Lalu, oleskan di permukaan kulit yang bengkak dan biarkan hingga mengering.

  • Daun Pisang

Getah daun pisang juga digadang mampu meredakan bengkak dan mempercepat penyembuhan luka akibat sengatan lebah. Caranya, ambil sedikit daun pisang dari pohonnya, remas-remas, dan hancurkan hingga mengeluarkan getah, lalu balurkan pada bagian kulit yang tersengat.

  • Obat Pereda Nyeri

Jika rasa sakit dan nyeri akibat bengkak tak kunjung reda, dan cenderung mengganggu aktivitas, obat pereda nyeri yang biasa dijual bebas seperti asetaminofen atau ibuprofen, bisa menjadi solusi.

Itulah langkah-langkah untuk mengobati sengatan lebah yang bisa dilakukan. Untuk mendapatkan kemudahan dalam membeli obat pereda nyeri, kamu bisa download aplikasi Halodoc, dan kamu bisa memesan obat secara cepat dan mudah tanpa perlu keluar rumah. Jika mengalami rasa sakit dan gejala lain yang cukup serius terkait sengatan lebah, kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja, melalui Voice/Video call atau Chat.

Baca juga: