Sering Jajan Sembarangan Bisa Bikin Sakit Tipes?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sering Jajan Sembarangan Bisa Bikin Sakit Tipes?

Halodoc, Jakarta – Tipes disebut juga demam tifoid. Penyakit tipes disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi yang rentan menular melalui makanan dan minuman. Gejala tipes berupa demam tinggi, nyeri perut, dan gangguan pencernaan. Penyebab utama tipes adalah sanitasi yang buruk dan keterbatasan akses air bersih. Jika tidak segera ditangani, tipes menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Penyebab Tifoid Alias Tipes

Jajan Sembarangan Bisa Memicu Tipes

Jajan sembarangan maksudnya adalah membeli makanan dan minuman di tempat yang belum terjamin kebersihannya. Pada kebanyakan kasus, tipes terjadi akibat jajan di tempat yang memiliki sanitasi yang buruk. Kondisi tersebut memudahkan bakteri S. typhi berkembang dan mencemarkan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Gangguan pencernaan rentan terjadi akibat jajan sembarangan. Masalah kesehatan ini banyak terjadi pada anak kecil dibandingkan orang dewasa karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.

Jajan Sembarangan Bikin Tubuh Lebih Kebal Penyakit

Tubuh normalnya melawan benda asing, termasuk bakteri S. typhi saat menginfeksi tubuh. Proses ini dilakukan oleh sel darah putih yang menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh. Saat bakteri lebih kuat, baik dalam segi jumlah atau jenis, sel darah putih kalah dan menimbulkan gejala penyakit, seperti mual, muntah, dan diare. Hal yang unik adalah, sistem kekebalan tubuh tetap mengingat benda asing yang masuk ke dalam tubuh meskipun kalah dalam perlawanan. Sehingga ketika benda asing tersebut kembali masuk, sistem kekebalan tubuh bisa mengantisipasi dan melakukan perlawanan lagi. Kondisi tersebut membuat tubuh lebih kebal penyakit jika jajan sembarangan.

Tubuh yang lebih kebal bukan berarti kamu boleh jajan sembarangan terus – menerus. Kamu tetap perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman, karena penyakit bisa menginfeksi kapan saja, terutama saat sistem kekebalan tubuh melemah. Akibatnya, kamu rentan mengalami sakit dengan gejala yang lebih parah.

Cegah Sakit Tipes dengan Jaga Kebersihan Diri

Vaksinasi tifoid sudah tersedia untuk mencegah tipes. Vaksin ini diberikan pada anak berusia lebih dari 2 tahun dan diulang (immune booster) tiap tiga tahun. Namun karena perlindungannya tidak 100 persen, kamu perlu menjaga kebersihan diri untuk mencegah tipes seperti berikut:

1. Cuci Tangan Pakai Sabun

Kebiasaan ini bukan saja mencegah tipes, tapi juga penularan penyakit lain (seperti diare). Pastikan kamu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, saat menyiapkan makanan, menyentuh hewan, dan setelah menggunakan toilet. Gunakan hand sanitizer untuk berjaga-jaga saat tidak ada air untuk cuci tangan.

Baca Juga: Penting untuk Kesehatan, Inilah Cara Mencuci Tangan yang Benar

2. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Bersih

Pastikan minuman yang dikonsumsi sudah dimasak hingga mendidih untuk membunuh bakteri di dalamnya. Jika kamu senang konsumsi es, cek apakah es yang dikonsumsi terbuat dari air bersih atau tidak. Es yang dibuat dengan air bersih cenderung bening, tidak berwarna seperti susu dan bergelembung. Makanan bersih disajikan dalam wadah bersih dan keadaan tertutup, serta diolah secara benar. Jika mengonsumsi buah dan sayuran, pastikan dicuci bersih terlebih dahulu.

Baca Juga: Hindari 6 Kesalahan Memasak yang Tidak Sehat

Kalau kamu mengalami mual, muntah, dan diare setelah konsumsi makanan atau minuman, segera bicara pada dokter Halodoc untuk mencari tahu penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!