Sering Membandel, Cegah Komedo dengan 8 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
cara mencegah komedo, gula dan lemak jahat

Halodoc, Jakarta - Komedo merupakan benjolan kecil yang banyak muncul pada pori-pori kulit. Jika terjadi infeksi, komedo merupakan cikal bakal terjadinya jerawat. Tidak hanya pada wajah, komedo dapat muncul di bagian tubuh lain, seperti dada, bahu, lengan, atau punggung. Selama tidak terjadi infeksi, komedo tidak akan menyebabkan rasa sakit. Berikut ini langkah mencegah komedo yang membandel:

Baca juga: 6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Mudah

  • Bersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah secara teratur dapat dilakukan dengan mencuci wajah setiap hari guna menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran pada wajah. Jika hal ini dilakukan, akan mencegah terbentuknya komedo karena tersumbatnya pori-pori kulit.

  • Bersihkan Make Up Sebelum Tidur

Tidur dengan make up yang masih menempel pada wajah akan memicu timbulnya komedo karena tersumbatnya pori-pori. Sebaiknya, bersihkan secara menyeluruh make up pada wajah. Jika malas mencuci muka, kamu dapat menggunakan make up remover atau micellar water yang dituangkan pada kapas. 

  • Mandi Setelah Beraktivitas

Setelah seharian beraktivitas, tubuh akan berkeringat, tak terkecuali pada bagian wajah dan kulit kepala. Keringat yang keluar dari dalam tubuh akan membawa banyak bakteri dan minyak, kedua hal tersebut merupakan pemicu terjadinya komedo. Sebaiknya, sempatkan diri untuk mandi setelah beraktivitas, bersihkan secara menyeluruh bagian-bagian wajah yang rawan komedo, seperti hidung, dahi, dan dagu.

  • Gunakan Pelembap Setiap Hari

Memakai pelembap merupakan hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, sifat hidrasi dari pelembap akan membantu mencegah komedo berkembang biak. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Jika kamu masih ragu, kamu bisa langsung diskusikan dengan dokter kulit di aplikasi Halodoc. Jika kamu sampai salah menggunakan pelembap, tak hanya komedo yang akan muncul, jerawat pun bisa saja muncul.

Baca juga: Basmi Komedo dengan Air Hangat, Begini Caranya

  • Eksfoliasi Secara Teratur

Cara yang satu ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan face scrub guna mengangkat kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab komedo. Dalam hal ini, kamu dapat melakukannya dengan lembut, sehingga tidak mengiritasi kulit

  • Gunakan Produk yang Dapat Menyerap Minyak Berlebih

Produk yang dapat menyerap keringat berlebih pada wajah tak hanya dapat mencegah terjadinya komedo, produk ini bahkan dapat membunuh bakteri dan mengeluarkan sel kulit mati pada wajah yang menjadi penyebab dari komedo. 

  • Gunakan Produk Anti Alergi dan Non-Comedogenic

Jika tidak cermat dalam memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu, tabir surya, kosmetik, atau pelembap akan menjadi penyebab dari komedo. Dalam hal ini, kamu dapat memilih produk dengan label anti alergi dan non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori dan tidak mengiritasi kulit.

  • Jangan Sentuh Wajah Saat Tangan Kotor

Ketika ada komedo atau jerawat, jangan sentuh wajah dengan tangan yang kotor. Hal tersebut akan memperparah kondisi kulitmu, karena berpindahnya bakteri yang berada di tangan ke wajahmu.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Dicoba untuk Atasi Komedo

Selain beberapa hal tersebut, jangan lupa untuk melakukan diet sehat dengan menghindari makanan yang kaya akan gula dan lemak jahat. Makanan jenis ini dapat memperlambat pergantian sel, sehingga pori-pori berisiko tersumbat. Sebaiknya, konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan beta-karoten agar kulit menjadi lebih sehat, karena pergantian sel yang baik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 12 Ways to Get Rid of Blackheads.
Huffpost. Diakses pada 2019. 6 Ways To Get Rid Of Blackheads And Prevent Them From Coming Back.