Tidak Kena Air Bisa Jadi Obat Biduran Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tidak Kena Air Bisa Jadi Obat Biduran Ampuh?

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami ruam pada kulit yang menonjol dengan bentuk yang memanjang? Bisa jadi kamu alami biduran atau yang dikenal dengan urtikaria. Umumnya, kondisi biduran terasa sangat gatal dan menyebar pada bagian kulit tubuh yang lain.

Baca juga: Biduran Bisa Menular? Cari Tahu Dulu Faktanya

Meskipun kondisi ini tidak berbahaya untuk kesehatan, kondisi biduran yang tidak segera diatasi membuat pengidap biduran mengalami kondisi yang tidak nyaman. Yuk, ketahui lebih banyak mengenai biduran dan pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala yang muncul.

Ketahui Pengobatan untuk Atasi Biduran

Kondisi biduran dapat dialami pada usia berapa pun. Biduran lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. Tentunya kondisi ini bisa diatasi dengan menghindari atau mengetahui faktor risiko yang menyebabkan seseorang alami biduran. 

Tidak hanya itu, kamu harus mengetahui biduran yang kamu alami untuk melakukan pengobatan yang tepat. Biduran terdapat dua jenis, yaitu biduran akut dan biduran kronis. Biduran akut adalah jenis biduran yang umum dialami dan dapat dialami sekali seumur hidup. Sedangkan biduran kronis lebih jarang terjadi pada orang dewasa karena umumnya terjadi pada anak-anak dengan riwayat alergi.

Ada beberapa gejala yang muncul pada pengidap biduran, seperti muncul ruam pada kulit yang menonjol dan terasa gatal. Tidak hanya itu, umumnya ruam yang menonjol muncul pada beberapa bagian tubuh seperti kaki, tangan, tubuh hingga wajah.

Jangan sepelekan biduran karena dapat mengakibatkan komplikasi seperti pusing, sesak napas, dan mengalami pembengkakan pada bagian lidah atau tenggorokan. Sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan pada rumah sakit terdekat dan lakukan beberapa pengobatan untuk atasi biduran. Kini membuat janji dengan dokter lebih mudah dan tidak perlu mengantre, caranya dengan menggunakan aplikasi Halodoc saja, ya!

Baca juga: Ini Alasan Gatal Biduran Enggak Boleh Digaruk

Pengobatan biduran bisa dilakukan dengan penggunaan obat-obatan, seperti obat antihistamin dan losian calamine untuk mengatasi rasa gatal. Selain itu, pembengkakan yang terjadi bisa diatasi dengan penggunaan kortikosteroid oral seperti prednisone. Kamu juga bisa lakukan perawatan untuk biduran di rumah. Lalu, apakah kondisi biduran tidak boleh terkena air agar kondisi dapat pulih?

Nyatanya, tidak. Biduran atau kaligata akan cepat pulih ketika kamu melakukan kompres dengan es atau air dingin untuk meredakan gatal serta iritasi pada kulit. Hindari penggunaan produk-produk yang membuat kulit menjadi kering dan membuat kondisi biduran semakin parah.

Apa Penyebab Biduran?

Biduran umumnya muncul akibat reaksi tubuh ketika pemicu alergi masuk dalam aliran darah. Saat terkena pemicu alergi, tubuh melepaskan histamine dalam darah yang menyebabkan biduran. Sebaiknya hindari beberapa pemicu alergi untuk mencegah biduran.

Biduran yang disebabkan alergi makanan yang umum diketahui. Namun, tahukah kamu kalau udara dari luar juga bisa menyebabkan seseorang alami biduran. Suhu dingin, angin, dan paparan sinar matahari dapat membuat seseorang alami biduran.

Baca juga: Biduran, Alergi atau Sakit Kulit?

Sebaiknya kelola tingkat stres agar kamu terhindar dari kondisi biduran. Stres yang berlebihan dapat menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun sehingga rentan terhadap berbagai gangguan penyakit. Sebaiknya kelola tingkat stres dengan baik agar kesehatan tetap terjaga dan kamu terhindar dari berbagai gangguan penyakit.

Stres juga dapat berkaitan dengan kondisi beringat berlebihan. Nyatanya, keringat juga dapat memicu seseorang alami biduran. Keringat menandakan kenaikan suhu dalam tubuh. Bagi sebagian orang, kenaikan suhu dalam tubuh bisa memicu gatal-gatal atau biduran.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Urticaria
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Chronic Hives
Healthline. Diakses pada 2019. Heat Hives