• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usai Melahirkan, Ini Cara Tepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Usai Melahirkan, Ini Cara Tepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Menjalani masa kehamilan menyebabkan ibu mengalami banyak perubahan pada tubuh, salah satunya adalah peningkatan hormon yang terjadi selama menjalani masa kehamilan. Terkadang peningkatan hormon yang terjadi menyebabkan munculnya jerawat pada wajah ibu hamil. Jerawat akibat perubahan hormon terjadi ketika ibu menjalani masa trimester pertama kehamilan dan akan menghilang selepas trimester pertama kehamilan.

Baca juga: Menghilangkan Bekas Jerawat dengan 6 Cara Ini

Jika muncul bekas jerawat saat menjalani kehamilan sebaiknya ibu jangan khawatir, setelah menjalani proses persalinan tentunya ibu bisa melakukan perawatan pada wajah agar bekas jerawat yang muncul selama masa kehamilan dapat memudar. Sebaiknya ibu mencari tahu beberapa cara yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat usai melahirkan.

Ibu, Lakukan Ini untuk Atasi Bekas Jerawat

Jerawat yang muncul pada saat masa kehamilan bisa menyebabkan bekas jerawat hingga masa kehamilan selesai. Kondisi ini bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat usai melahirkan.

Tidak ada salahnya ibu melakukan cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Selain mudah didapatkan dan harganya yang murah, penggunaan bahan-bahan alami lebih aman digunakan bagi kulit maupun kesehatan ibu, yaitu:

1. Gunakan Masker Wajah Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang cukup efektif saat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan aloin yaitu senyawa untuk mencerahkan kulit pada bagian yang gelap. Gunakan bagian daging lidah buaya yang memiliki tekstur gel. Usapkan pada area wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

2. Madu Membantu Hilangkan Bekas Jerawat

Melansir dari Healthline, tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan jerawat saja, madu mampu mengatasi bekas jerawat yang muncul pada wajah. Caranya mudah, gunakan madu sebagai masker pada bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan beberapa menit hingga mengering dan bersihkan wajah menggunakan air bersih.

Baca juga: 4 Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

3. Oleskan Minyak Kelapa pada Bekas Jerawat

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Melansir Medical News Today, minyak kelapa memiliki kandungan yang berfungsi sebagai anti peradangan. Jadi, tidak ada salahnya mencoba gunakan minyak kelapa untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Konsumsi Kacang Almond

Ibu juga perlu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh yang berfungsi menjaga kesehatan kulit, salah satunya adalah vitamin E. Kacang almond menjadi makanan yang memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi sehingga tidak ada salahnya mencoba konsumsi kacang almond untuk bantu memudarkan bekas jerawat pada wajah. Namun, konsumsi kacang almond secara tepat dengan menyeimbangkan mengonsumsi makanan sehat yang lainnya, ya.

5. Perbanyak Air Putih

Memenuhi kebutuhan air putih tentunya dapat membantu kamu untuk menghidrasi kondisi kulit. Tentunya kulit yang terhidrasi dengan baik membantu menjadikan kulit lebih cerah dan sehat. Dengan begitu, noda bekas jerawat pada wajah juga dapat memudar dan menghilang.

6. Gunakan Tabir Surya

Melansir dari Healthline, menggunakan tabir surya saat akan melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan membantu ibu untuk memudarkan warna bekas jerawat. Penggunaan yang rutin tentunya bisa menghilangkan bekas jerawat namun membutuhkan perawatan yang lebih lama.

Sebelum ibu memilih salah satu jenis tabir surya yang akan digunakan, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai tabir surya yang aman untuk digunakan pada ibu menyusui atau ibu yang baru saja menjalani persalinan.

Baca juga: Perawatan Kecantikan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Itulah cara sederhana yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi bekas jerawat setelah menjalani persalinan. Tidak ada salahnya mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat jika bekas jerawat yang ibu miliki dirasa sangat mengganggu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Treatment Options for Facial Scars
Healthline. Diakses pada 2020. 5 Natural Product to Get Rid of Acne Scars
Medical News Today. Diakses pada 2020. The Best Way to Get Rid of Acne Scars