03 November 2018

Vitamin E Berguna untuk Kesuburan, Benarkah?

vitamin e berguna untuk kesuburan benarkah

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar pasangan yang sudah menikah tentunya ingin cepat memiliki momongan. Bila ingin cepat hamil, salah satu kuncinya adalah si pria maupun wanita perlu mengonsumsi berbagai macam nutrisi yang baik, seperti vitamin dan mineral. Nah, salah satu jenis vitamin yang dipercaya bermanfaat untuk kesuburan adalah vitamin E. Selama ini, vitamin E lebih dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk kecantikan kulit. Namun ternyata, vitamin E juga berguna untuk kesuburan lho.

Vitamin E dipercaya dapat memberi manfaat baik untuk kesuburan karena fungsinya yang mampu menunjang kinerja banyak organ tubuh. Selain itu, zat ini juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk memperlambat sel-sel dari kerusakan. Meskipun demikian, manfaat vitamin E untuk kesuburan ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

1. Menebalkan Dinding Rahim Wanita

Dinding rahim yang tipis merupakan masalah yang dialami beberapa wanita yang dapat menghambat proses terjadinya pembuahan. Nah, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari Turki, suplemen vitamin E bisa memicu penebalan dinding rahim, sehingga bisa mengatasi masalah kesuburan wanita tersebut. Manfaat vitamin E ini juga turut didukung oleh penelitian yang dilaporkan oleh tim ahli dari Jepang. Dalam penelitian tersebut, para ahli memberi asupan vitamin E kepada wanita yang memiliki ketebalan dinding rahim kurang dari delapan milimeter. Hasilnya, ketebalan dinding rahim wanita tersebut mengalami peningkatan secara bertahap.

Memiliki ketebalan dinding rahim yang ideal penting bagi kehamilan. Hal ini karena embrio perlu menempel erat di dinding rahim agar bisa berkembang menjadi janin. Bila dinding rahim terlalu tipis, maka akan menyulitkan perkembangan embrio menjadi janin di dalam kandungan.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam vitamin E juga mampu melindungi sistem reproduksi wanita dari radikal bebas atau kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab dinding rahim menipis.

Selain itu, vitamin E juga berperan sebagai anti-koagulan alami, karena dapat membantu mengencerkan darah yang membeku di area panggul dan rahim wanita. Dengan demikian, peredaran darah di rahim menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar bisa membantu meningkatkan ketebalan dinding rahim.

2. Mengatasi Masalah Kesuburan Pria

Enggak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah kesuburan wanita, tetapi vitamin E diduga juga dapat mengatasi masalah kesuburan pria. Hal ini berkat kandungan antioksidan dalam vitamin E yang berguna untuk memperbaiki kualitas sperma yang rusak akibat radikal bebas. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa asupan nutrisi, seperti selenium, vitamin E, dan vitamin C dapat memperbaiki kualitas dan pergerakan sperma.

Selain memperbaiki masalah kesuburan pria, kombinasi vitamin E dan selenium juga dapat meningkatkan kesuburan pria. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa sebanyak 10,8 persen responden yang mengonsumsi kedua nutrisi tersebut berhasil hamil.

Tips Mengonsumsi Vitamin E untuk Kesuburan

Jadi, bila kamu ingin cepat hamil, perbanyaklah konsumsi vitamin E. Namun, sebaiknya usahakanlah mendapatkan asupan vitamin E dari sumber alami, seperti kuning telur, tahu, minyak biji bunga matahari, kacang almond, bayam, labu, mangga, dan alpukat.

Bila kamu ingin mengonsumsi suplemen vitamin E, bicarakanlah terlebih dahulu dengan dokter. Hindari mengonsumsi suplemen vitamin E sembarangan tanpa pengawasan dari dokter. Hal ini karena beberapa suplemen mungkin saja mengandung bahan-bahan yang tidak dianjurkan bagi orang yang sedang mengusahakan kehamilan.

Kamu juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi vitamin E secara berlebihan. Pasalnya, vitamin E yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan. Dampak buruk yang akan kamu alami, antara lain diare, kram perut, mual, kelelahan, sakit kepala, ruam, memar, dan pendarahan. Jadi, konsumsilah suplemen vitamin E sesuai dosis yang dianjurkan. Dosis harian vitamin E yang direkomendasikan, yaitu 22,4 IU (untuk usia 14 tahun ke atas).

Beli suplemen vitamin E di Halodoc saja. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan suplemen pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: