Yang Perlu Disiapkan Saat Liburan Tahun Baru Bareng Keluarga Besar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Yang Perlu Disiapkan Saat Liburan Tahun Baru Bareng Keluarga Besar

Halodoc, Jakarta – Liburan tahun baru bisa dimanfaatkan dengan pergi berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Nyatanya, pergi berlibur bisa memberi sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain bisa membantu menyegarkan pikiran, pergi berlibur juga bisa membantu menurunkan risiko depresi, meningkatkan sistem imun, hingga mencegah penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

Melakukan perjalanan bersama keluarga juga bisa membantu menjaga kedekatan serta hubungan dengan anggota keluarga lainnya. Nah, agar liburan semakin asyik dan menyenangkan, perlu tahu hal-hal yang harus disiapkan saat liburan tahun bareng-bareng keluarga besar. Apa saja?

  • Pakaian yang Sesuai

Memilih pakaian yang sesuai dengan tujuan liburan menjadi satu hal yang penting. Selain untuk menghindari saltum alias salah kostum, memakai pakaian yang sesuai bisa membantu menjaga tubuh dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pakaian yang sedikit tebal dan panjang dibutuhkan jika kamu dan keluarga berencana untuk pergi berlibur ke tempat yang memiliki udara dingin. Pakaian tersebut nantinya akan menghangatkan dan mencegah serangan penyakit, seperti alergi dingin, kedinginan, hingga masuk angin. Sebaliknya, kamu membutuhkan jenis pakaian yang tidak terlalu tebal dan dapat menyerap keringat dengan baik jika akan berlibur ke pantai. Dengan demikian, risiko penyakit kulit akibat gesekan pakaian yang lembap karena keringat bisa dihindari.

  • Camilan Sehat dan Air Putih

Jangan lupa menyiapkan jenis camilan sehat untuk disantap bersama keluarga selama berada di perjalanan. Selain menemani perjalanan, camilan sehat juga bisa membantu menahan rasa lapar saat harus menjalani perjalanan yang panjang, sehingga terhindar dari sakit perut.

Baca juga: Camilan Sehat Saat Mudik, Apa Saja?

Ada beberapa jenis camilan sehat yang bisa disiapkan, tentunya juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Kamu dan keluarga bisa membawa camilan, seperti buah-buahan, roti gandum, kacang almond dan kacang mete, sayuran kukus, hingga kue jahe atau air jahe. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan air putih selama perjalanan. Pastikan untuk memenuhi asupan air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi alias kekurangan cairan.

  • Pelindung Kulit

Saat liburan, kamu pasti akan banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas di luar ruangan. Maka dari itu, sangat penting untuk menyiapkan pelindung kulit, seperti tabir surya, agar kesehatan kulit tetap terjaga. Tabir surya juga dibutuhkan untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas yang bisa menyerang kulit. Dengan demikian, liburan bersama keluarga akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

  • Kebutuhan Si Kecil

Jika ada anak kecil yang ikut, pastikan juga membawa perlengkapan yang dia butuhkan. Mulai dari makanan yang sesuai dengan usia, pakaian ganti yang cukup, dan hal-hal lain yang bisa membantu agar perjalanan liburan terasa lebih menyenangkan bagi Si Kecil.

  • Obat Pribadi

Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan pribadi, untuk mengatasi keadaan darurat dan gejala penyakit yang menyerang selama perjalanan. Simpanlah obat-obatan tersebut dalam satu tempat yang rapi dan mudah dijangkau, jadi tidak perlu repot lagi saat sakit menyerang.

Baca juga: Obat yang Perlu Dibawa Saat Liburan

  • Kamera dan Smartphone

Mengabadikan momen saat liburan bersama keluarga juga menjadi agenda wajib. Maka dari itu, pastikanlah untuk menyiapkan kamera dengan daya baterai dan memori yang cukup. Bawa juga smartphone untuk menemani selama perjalanan.

Smartphone bisa digunakan sebagai penunjuk jalan, mengabadikan momen, hingga membeli obat dan berdiskusi dengan dokter. Caranya, download aplikasi Halodoc sebelum melakukan perjalanan liburan. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Halodoc, kapan saja dan di mana saja. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat!