16 November 2018

3 Makanan untuk Mencegah Sariawan

3 Makanan untuk Mencegah Sariawan

Halodoc, Jakarta – Sariawan terjadi karena adanya luka di dalam mulut yang bisa menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman. Luka yang muncul pada kondisi ini bisa berbentuk bulat atau oval, berwarna putih atau kuning, dan memiliki warna merah akibat peradangan di tepian luka.

Dalam istilah medis, kondisi ini disebut stomatitis aftosa atau canker sore. Meski jarang berubah menjadi kondisi yang mematikan, tapi sariawan bisa sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Sariawan umumnya bukan sebuah penyakit yang menular, tapi tidak menutup kemungkinan penyakit ini muncul karena adanya infeksi virus.

Nyatanya, rasa perih yang ditimbulkan luka sariawan bisa sangat mengganggu dan menghambat aktivitas. Terutama saat berbicara, makan, maupun tidur di malam hari. Namun jangan khawatir, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sariawan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Lantas, apa saja makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah sariawan?

1. Bayam

Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, rutin mengonsumsi bayam ternyata juga baik untuk mencegah sariawan. Kandungan nutrisi dalam sayur berwarna hijau ini ternyata sangat penting, terutama bagi orang yang rentan sariawan.

Bayam merupakan jenis sayuran yang kaya akan folat dan zat besi yang sangat baik. Untuk mengoptimalkan manfaat bayam dalam mencegah sariawan maka lengkapi juga dengan konsumsi vitamin C.

2. Salmon

Kandungan dalam ikan salmon ternyata juga baik untuk mencegah terjadinya sariawan. Bagi kamu yang rentan mendapatkan luka di bagian mulut, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang satu ini. Dalam setiap 200 gram daging salmon, terkandung banyak vitamin B12 yang baik untuk mencegah sariawan.

3. Parsley

Sayuran parsley atau peterseli ternyata juga sangat ampuh untuk mencegah sariawan bersarang di mulut. Kandungan nutrisi dalam sayur yang sering menjadi hiasan di atas makanan ini ternyata sangat bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan.

Dalam parsley, terkandung zat besi dan folat yang bisa menjadi pencegah sariawan. Rutin mengonsumsi sayuran ini juga dapat membantu membuat mulut dan napas jadi lebih segar.

Cara Alami Mengobati Sariawan

Tidak perlu merasa khawatir jika sariawan terlambat dicegah, karena ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati sariawan. Misalnya, menggunakan madu untuk mengatasi luka. Madu memiliki sifat anti-radang dan antibakteri yang bisa mengurangi rasa perih serta mempercepat penyembuhan sariawan.

Selain itu, mencegah sariawan juga bisa dilakukan dengan selalu menjaga kesehatan mulut. Rutinlah membersihkan mulut, menyikat gigi, dan berkumur dengan obat kumur. Meski demikian, hindarilah sembarangan dalam memilih produk kumur.

Selain dengan obat kumur, berkumur dengan air garam juga bisa membantu menyembuhkan luka di area mulut. Buatlah larutan kumur dengan mencampurkan air dengan garam, lalu berkumurlah selama 1–2 menit. Garam memiliki sifat anti-radang dan antibakteri sehingga dapat mencegah sariawan berkembang dan menetap di mulut.

Sariawan juga bisa dipicu karena kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu. Maka dari itu, pastikanlah untuk tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan, lalu lengkapi juga dengan asupan vitamin yang baik untuk tubuh.

Kamu bisa membeli vitamin, suplemen, dan produk kesehatan lain melalui aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam, gratis ongkos kirim, lho! Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: