4 Bahan Alami untuk Mengontrol Tekanan Darah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Bahan Alami untuk Mengontrol Tekanan Darah

Halodoc, Jakarta - Darah adalah cairan yang berfungsi untuk mengirimkan zat-zat dan oksigen ke seluruh tubuh. Walau begitu, terdapat suatu indikator yang dapat menilai seberapa kuat darah ketika dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Hal tersebut disebut dengan tekanan darah.

Hal tersebut sangat perlu untuk dikontrol karena dapat menyebabkan beberapa gangguan ketika terlalu rendah atau terlalu tinggi. Seseorang yang mengalami gangguan berhubungan dengan tekanan darah harus menjaga kandungan makanannya. Berikut beberapa bahan alami yang dapat mengontrol tekanan darah!

Baca juga: Tips Mencegah Tekanan Darah Naik Drastis

Beberapa Bahan Alami untuk Mengontrol Tekanan Darah

Setiap orang harus menjaga tekanan darahnya agar tetap normal. Hal tersebut karena disebutkan seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi mempunyai kemungkinan mengalami komplikasi yang berbahaya. Maka dari itu, kamu wajib melakukan perubahan gaya hidup dan tentu saja pola konsumsi setiap harinya.

Disebutkan beberapa bahan alami yang kamu konsumsi dapat berguna untuk mengontrol cara jantung untuk memompa ke seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuh kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari gangguan yang dapat membahayakan. Berikut beberapa bahan alami yang direkomendasi untuk kamu konsumsi:

  1. Daun Kemangi

Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama basil ini termasuk salah satu yang baik dikonsumsi agar dapat mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Daun ini disebutkan dapat menurunkan tekanan darah pada kamu yang mengidap hipertensi. Kandungan di dalamnya dapat menguatkan pembuluh darah, sehingga tubuh kamu lebih sehat.

Kemangi juga merupakan ramuan yang lezat ketika dicampurkan dengan beberapa makanan. Untuk itu, kamu harus tahu beberapa makanan yang menjadi lebih nikmat ketika dicampur tanaman ini, seperti pasta, sup, dan salad. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsinya secara mentah layaknya lalapan.

Baca juga: Tekanan Darah Rendah atau Tinggi, Manakah yang Lebih Berbahaya?

  1. Kayu Manis

Bahan alami lainnya yang dapat membantu tubuh kamu lebih sehat dengan peredaran darah yang lebih terkontrol adalah kayu manis. Bumbu dapur ini dapat kamu campurkan ke dalam beberapa makanan sehari-hari. Kandungan yang terdapat di dalam bahan tersebut disebutkan dapat menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Agar tubuh kamu lebih sehat, kamu dapat mencampurkan lebih banyak kayu manis ke dalam makanan kamu, seperti menaburnya pada sereal, oatmeal, hingga kopi yang kamu minum. Selain itu, bumbu dapur tersebut juga dapat meningkatkan rasa dari beberapa makanan, seperti tumis, kari, hingga semur.

  1. Kapulaga

Kapulaga juga termasuk salah satu bahan alami yang baik untuk peredaran darah di tubuh. Disebutkan efek kesehatan yang dihasilkan oleh tanaman tersebut dapat signifikan menurunkan tekanan darah. Kamu dapat mencampur biji kapulaga di dalam beberapa makanan agar rasanya lebih nikmat dan bermanfaat.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait cara mengontrol tekanan darah pada tubuh, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemesanan online untuk pemeriksaan fisik terkait tekanan darah di aplikasi Halodoc.

Baca juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah dengan Pola Makan Sehat

  1. Biji Rami

Kamu juga dapat mengonsumsi biji rami atau flaxseed agar mempunyai tekanan darah yang selalu normal. Hal tersebut karena pada makanan tersebut terkandung asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, biji ini dapat mencegah penyakit kardiovaskular aterosklerotik, meningkatkan toleransi glukosa, dan sebagai antioksidan bagi tubuh.

Kamu disarankan untuk membeli biji rami yang masuk utuh atau bubuk, sehingga dapat menambahkannya ke makanan yang kamu buat di rumah. Bahan alami ini dapat dicampur ke semua hidangan dan membuatnya lebih nikmat. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsinya dengan rutin.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 10 Herbs That May Help Lower High Blood Pressure