28 September 2018

4 Gerakan Ringan untuk Meningkatkan Kebahagiaan

gerakan ringan, meningkatkan kebahagian, kebahagian

Halodoc, Jakarta - Manusia diciptakan dengan 2 alat gerak utama, tangan dan kaki. Dengan alat-alat gerak itu, manusia dapat melakukan banyak gerakan seperti berjalan, berlari, melompat, dan gerakan-gerakan lainnya. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa ternyata gerakan-gerakan ringan yang dilakukan manusia, berpengaruh terhadap kebahagiaan lho.

Alasannya, karena aktivitas fisik seperti berolahraga ringan dapat merangsang produksi hormon endorfin dalam tubuh, yang berfungsi untuk meningkatkan perasaan bahagia. Sebaliknya, jika tubuh kurang bergerak, kadar kortisol dalam tubuh akan mengalami peningkatan, dan memicu terjadinya stres.

Mereka yang rutin melakukan olahraga ringan akan cenderung merasakan rasa lega, ringan, bahagia, dan memiliki pandangan positif terhadap segala sesuatu. Meningkatnya hormon endorfin dalam tubuh juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi kecemasan, dan membantu tubuh untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

Ya, olahraga yang perlu dilakukan bukanlah olahraga berat kok. Beberapa gerakan ringan berikut ini dapat kamu lakukan sebagai latihan rutin setiap harinya, dan dijamin dapat membuat kamu lebih bugar dan bahagia.

1. Jalan Cepat

Jika kamu malas lari, jalan cepat saja cukup kok. Ya, jalan cepat merupakan olahraga sederhana yang dapat kamu lakukan di sekitar tempat tinggalmu. Lakukan setiap pagi selama sekitar 30 menit, sebelum memulai aktivitas lainnya.

Manfaatnya? Banyak. Jika dilakukan rutin, jalan cepat dapat membakar lemak tubuh, meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, serta menjaga kesehatan jantung. Tidak memerlukan alat apapun, kamu juga bebas memilih waktu serta rute jalan yang menurutmu nyaman dan aman. Risiko cedera pun sangat minim.

2. Donkey Kickback

Untuk melakukan gerakan ini, kamu hanya perlu menyiapkan matras olahraga. Cara melakukannya adalah dengan memposisikan diri seperti akan merangkak, tahan tubuh dengan kedua tangan lalu lakukan gerakan menendang ke belakang, dengan cara angkat satu persatu kaki secara bergantian. Melakukan gerakan ini secara rutin selama 10 menit setiap paginya dipercaya dapat meningkatkan mood untuk menjalani aktivitas di siang harinya.

3. Senam

Menurut penelitian, senam akan membantu tubuh melepas hormon endorfin dan membuat hati gembira, melalui gerakan-gerakan menyenangkan yang dilakukan. Kamu bisa sesuaikan jenis senam yang kamu sukai, apakah senam ringan, atau senam yang lebih menguras keringat seperti aerobik. Lakukan rutin setiap pagi atau sore hari untuk membuat tubuhmu selalu bugar.

4. Yoga

Olahraga ini terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk fisik maupun psikis. Melakukan yoga secara rutin juga digadang mampu meningkatkan energi positif dalam tubuh dan membuat lebih bahagia. Dari sekian banyak gerakan yoga, 4 gerakan mudah berikut dapat kamu coba lakukan di rumah:

- Cow Pose Yoga

Posisikan tubuh seperti hendak merangkak, dengan meletakkan tumpuan pada kedua lutut dan telapak tangan. Pusatkan pandangan ke arah lantai, lalu perlahan buang napas sambil mendorong punggung ke atas, kemudian tarik napas sambil turunkan badan ke posisi semula. Ulangi beberapa kali.

- Chair Pose Yoga

Berdirilah dengan posisi kaki sejajar, angkat lengan di atas kepala, lalu turunkan tubuh sedikit dengan menekuk lutut. Di waktu bersamaan, dorong punggung ke belakang, seolah sedang duduk di kursi. Tahan beberapa detik, dan ulangi beberapa kali.

- Reclining Pose Hand to Big Toe

Berbaringlah telentang dengan mengangkat kaki, lalu tekuk sedikit lutut kiri dan tarik kaki ke arah posisi badan. Dengan menggunakan tali yoga, posisikan tali pada sekitar lengkungan kaki kiri dan peganglah ujung tali dengan kedua tangan. Kemudian luruskan kaki kiri dan tekan tumit ke arah langit-langit, sehingga posisi kaki tegak lurus ke lantai, tahan selama 30 detik.

- Corpse Pose Yoga

Gerakan ini termasuk gerakan santai yang biasanya dilakukan pada akhir sesi yoga. Cara melakukannya adalah berbaring telentang dengan lengan dan kaki yang diluruskan, kemudian tutup kedua mata dan cobalah untuk rileks. Jangan lakukan gerakan apapun selain mengatur napas setenang mungkin.

Selain melakukan 4 gerakan ringan tadi, kau juga perlu menjaga pola makan yang sehat dan waktu tidur yang cukup ya. Jika mengalami masalah kesehatan, jangan pernah ragu untuk membicarakannya dengan dokter di Halodoc, melalui fitur Chat atau Voice/Video Call. Untuk kamu yang sibuk, manfaatkan juga yuk fitur apotik antar di Halodoc, untuk mendapatkan kemudahan dalam membeli obat secara online, kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: