4 Makanan yang Dikonsumsi Anak Pengidap Tumor Wilms

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4-makanan-yang-dikonsumsi-anak-pengidap-tumor-wilms-halodoc

Halodoc, Jakarta – Ginjal adalah organ yang berperang penting dalam menyaring sisa metabolisme tubuh dan kelebihan cairan dari darah untuk kemudian dibuang lewat urine. Namun, pada kasus anak yang mengidap tumor Wilms, salah satu atau kedua ginjalnya tidak bisa menjalankan fungsi tersebut dengan baik, sehingga akhirnya menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Sebenarnya ada banyak pilihan pengobatan yang bisa dilakukan untuk menangani Tumor Wilms. Namun, anak yang mengidap tumor tersebut tetap perlu menjaga kesehatan ginjalnya dengan mengonsumsi berbagai macam makanan sehat yang baik untuk ginjal. Yuk, cari tahu makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi oleh anak pengidap penyakit ini di sini.

Sekilas Tentang Tumor Wilms

Tumor Wilms atau yang dalam istilah medisnya disebut dengan nefroblastoma adalah jenis tumor yang menyerang organ ginjal anak. Penyakit ini lebih sering dialami oleh anak-anak berusia 3–4 tahun, terutama anak laki-laki. Dalam kebanyakan kasus, tumor Wilms hanya menyerang satu ginjal saja. 

Meski tidak menutup kemungkinan, tumor ini juga bisa menyerang kedua ginjal Si Kecil sekaligus dalam waktu bersamaan. Walaupun tumor Wilms sebenarnya jarang terjadi, tapi para orang tua diharapkan untuk tetap waspada terhadap tumor ini. Pasalnya, tumor Wilms merupakan tumor ginjal yang paling sering dialami oleh anak-anak dibandingkan jenis tumor lainnya.

Baca juga: 9 Tanda Anak Mengalami Tumor Wilms

Penyebab Tumor Wilms

Penyebab pasti tumor Wilms masih belum diketahui sampai saat ini. Namun, faktor genetik diduga berperan besar dalam terjadinya penyakit ini. Bila seorang anak lahir di keluarga yang memiliki riwayat tumor Wilms, maka ia akan berisiko lebih tinggi mengalami penyakit tersebut. 

Selain itu, anak yang memiliki kelainan bawaan sejak lahir juga berisiko tinggi mengidap tumor Wilms. Kelainan bawaan tersebut, antara lain cacat pada iris mata (aniridia), lubang saluran kemih yang salah posisi (hipospadia), kelainan pada testis (kriptorkismus), atau hemihypertrophy, yaitu memiliki bagian tubuh yang lebih besar dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Beberapa jenis penyakit tertentu juga bisa membuat anak berisiko mengalami tumor Wilms, antara lain sindrom WAGR, sindrom Beckwith-Wiedemann, dan sindrom Denys-Drash.

Baca juga: Penyebab Tumor Wilms yang Perlu Diketahui

Pilihan Pengobatan Tumor Wilms

Dokter akan menentukan langkah pengobatan tumor Wilms berdasarkan usia, tingkat keparahan, dan kondisi kesehatan anak secara keseluruhan. Secara umum, ada tiga metode pengobatan utama tumor Wilms, yaitu operasi pengangkatan ginjal (nefrektomi), kemoterapi, dan terapi radiasi.

Makanan Sehat untuk Anak Pengidap Tumor Wilms

Sebagai perawatan setelah melakukan tindakan pengobatan, orangtua bisa memberikan berbagai macam makanan sehat berikut yang baik untuk ginjal Si Kecil:

1. Apel

Apel merupakan buah yang rendah kalium, sehingga ramah untuk ginjal. Kandungan serat dalam apel juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah. Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, ibu bisa memberikan Si Kecil makan buah apel dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih.

2. Bawang

Pengidap tumor ginjal sebaiknya membatasi asupan garam. Nah, untuk menggantikan bumbu tersebut, ibu bisa menggunakan bawang untuk membuat sajian tetap terasa lezat sekaligus sehat. Gunakanlah bawang putih dan bawang bombay sebagai bumbu masak, karena keduanya rendah kalium dan fosfor.

3. Ikan yang Tinggi Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 adalah nutrisi yang baik untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk fungsi ginjal. Karena itu, mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3, seperti ikan salmon, makarel, sarden, tuna, dan kakap sangat baik untuk anak yang mengidap tumor Wilms.

Baca juga: Kadar Trigliserida Tinggi, Atasi dengan Konsumsi Minyak Ikan

4. Kol, Bunga Kol, Lobak, dan Paprika

Sayur-sayuran tersebut memiliki kadar kalium yang rendah, serta mengandung vitamin C dan antioksidan lain yang baik untuk kesehatan ginjal, terutama untuk menangkal dampak buruk dan radikal bebas.

Nah, itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi anak pengidap tumor Wilms. Bila ibu ingin mengetahui lebih lanjut tentang tumor Wilms yang sering menyerang anak, tanyakan saja pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui melalui fitur Talk to A Doctor untuk bertanya-tanya seputar kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.