07 January 2019

4 Nutrisi yang Harus Ada dalam Menu Makanan Diet

4 Nutrisi yang Harus Ada dalam Menu Makanan Diet

Halodoc, Jakarta - Berat badan ideal adalah hal yang diidamkan banyak orang karena dapat membuat seseorang tampil percaya diri. Selain itu, berat badan yang terkontrol menghindarkan dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, untuk menjalani diet yang sehat, kamu perlu berhati-hati dalam memilih makanan diet. Makanan diet yang dapat membantu menjaga berat badan tetap terkontrol.

Dalam memilih menu makanan diet, kamu harus berhati-hati. Asupan makanan yang  masuk sangat terbatas sehingga memilih makanan diet yang tepat membantu kamu terhindar dari malnutrisi. Ini terdapat beberapa nutrisi yang penting untuk dipenuhi selama menjalankan proses diet.

Baca Juga: Sama-Sama Turunkan Berat Badan, Ini Beda Diet Keto dan Paleo

  • Kalsium

Tidak hanya untuk kesehatan tulang, kalsium juga wajib ada dalam makanan diet kamu karena zat ini penting untuk jantung dan otot. Selain itu, kalsium yang terpenuhi dengan baik setiap harinya juga akan membantu menurunkan tekanan darah serta mengontrol berat badan. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalsium harian pun akan bertambah.

Untuk orang dengan rentang usia 19 hingga 50 tahun, maka ia akan membutuhkan kalsium sebanyak 1000 miligram per hari. Sementara untuk orang dengan usia 51 tahun lebih, kalsium yang dibutuhkan adalah 1200 miligram per hari. Konsumsi susu rendah lemak setiap hari dapat memenuhi kebutuhan kalsium harianmu. Selain itu beberapa jenis makanan juga kaya akan kalsium seperti sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Serat

Serat wajib ada dalam menu makanan diet harian kamu sebab zat ini sangat baik untuk pencernaan, menurunkan kolesterol, dan mengatur kadar gula darah. Serat pun banyak ditemukan dalam makanan yang rendah kalori, sehingga membantu mengatur berat badan. Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat dapat kamu temukan dalam makanan seperti buah-buahan, biji-bijian, roti gandum, sereal atau pasta. 

  • Protein

Protein juga merupakan nutrisi terpenting dalam keberhasilan program penurunan berat badan. Pastikan bahwa makanan diet yang kamu konsumsi mengandung protein yang tinggi. Sebab protein juga membantu meningkatkan proses metabolisme termasuk pembakaran lemak disamping fungsi utamanya yaitu mendukung pertumbuhan sel dan jaringan di dalam tubuh. Sumber protein sehat bisa kamu dapatkan dari daging sapi, ayam, salmon, udang, dan telur.

Protein juga bisa kamu dapatkan melalui kacang seperti kacang kedelai yang dapat diolah menjadi tempe dan tahu yang sudah biasa kamu makan sehari-hari. Diet tinggi protein dapat mengurangi hasrat dan pikiran obsesif tentang makanan hingga 60%, mengurangi keinginan ngemil tengah malam hingga setengahnya, dan membuat kamu merasa kenyang sehingga otomatis membuatmu makan lebih sedikit.

Baca Juga: Inilah 7 Jenis dan Fungsi Protein bagi Tubuh

  • Lemak

Banyak orang menganggap lemak sebagai nutrisi yang perlu dijauhi ketika merencanakan diet demi menurunkan berat badan. Padahal, tidak semua lemak harus dihindari. Terdapat dua jenis lemak yang baik untuk menurunkan berat badan, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh tunggal bersifat menyehatkan dan mampu menurunkan kolesterol jahat, mengontrol kadar gula darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Lemak tak jenuh tunggal bisa ditemukan dalam kacang-kacangan (almond, mete, kacang tanah), minyak zaitun, alpukat, dan minyak wijen. Sementara lemak tak jenuh ganda akan berfungsi dalam menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta diabetes tipe 2. Omega-3 dan omega-6 merupakan contoh lemak tak jenuh ganda. Sumber lemak tak jenuh ganda misalnya kenari, selai kacang, pistachio, minyak zaitun, dan ikan salmon.

Baca Juga: Lebih Ampuh Mana: Diet Keto atau Diet Rendah Lemak?

Itu tadi beberapa jenis nutrisi yang wajib ada dalam makanan diet harianmu. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar cara diet sehat, tanyakan saja pada dokter Halodoc agar mendapat jawaban terpercaya. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter via Chat, dan Voice/Video Call kapan saja dan dimana saja. Yuk,  download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang!