5 Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Gigi Bungsu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 bahan alami untuk meredakan sakit gigi bungsu

Halodoc, Jakarta – Orang dewasa umumnya bisa memiliki hingga 32 gigi. Di usia 20an, gigi bungsu akan muncul untuk mengisi kekosongan dalam ruang gigi kamu. Gigi bungsu adalah jenis gigi geraham yang muncul terakhir yang terletak di keempat sudut rongga mulut. Walaupun hal ini normal terjadi, tapi gigi bungsu yang sedang tumbuh bisa terasa sangat menyakitkan. Beberapa orang akan sulit mengunyah, merasa sangat ngilu, bahkan sampai demam. Namun jangan khawatir, kamu bisa meredakan rasa nyeri yang timbul saat gigi bungsu tumbuh dengan menggunakan bahan alami berikut.

Pertumbuhan gigi bungsu sebenarnya tidak akan menyebabkan masalah bila kamu memiliki cukup ruang dalam gusi. Namun, kebanyakan orang memiliki rahang yang terlalu kecil untuk memuat 32 gigi di dalamnya. Itulah mengapa gigi bungsu yang muncul terakhir ini akan terasa menyakitkan. Selain mengonsumsi obat pereda rasa nyeri, kamu juga bisa mengatasi rasa sakit ini secara alami. Beberapa bahan-bahan alami berikut yang bisa kamu temukan dengan mudah di rumah diketahui memiliki kandungan yang berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit:

1. Air Garam

Salah satu cara yang dikenal ampuh untuk mengobati sakit gigi bungsu adalah berkumur dengan air garam. Larutan ini bermanfaat untuk membersihkan daerah sekitar gigi dan menghilangkan cairan yang menjadi penyebab pembengkakan. Cara membuatnya pun juga sangat mudah, yaitu hanya tinggal larutkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Rasa nyeri dijamin akan mereda setelah kamu berkumur air garam selama beberapa menit. Berkumurlah selama beberapa kali sehari jika perlu.

2. Cengkeh

Enggak usah bete bila gigi bungsu yang sedang tumbuh terasa sangat sakit. Coba deh, oleskan bubuk cengkeh pada gigi bungsu yang sedang tumbuh. Cengkeh kaya akan kandungan yang bersifat anestetik dan analgesik, sehingga bisa membantu mengurangi rasa sakit pada gigi kamu secara efektif. Kamu bisa menghaluskan 3—5 butir cengkeh, lalu oleskan pada gigi bungsu beberapa kali dalam sehari.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga diketahui bisa membantu mengurangi rasa ngilu yang muncul saat gigi bungsu mulai tumbuh. Hal ini berkat kandungan dalam bawang putih yang bersifat anti-inflamasi, antibiotik, dan antioksidan. Cara menggunakan bahan alami ini adalah haluskan 1—2 buah bawang putih, lalu oleskan pada permukaan gigi bungsu dan biarkan selama 5—10 menit.

4. Minyak Kelapa

Cara meredakan sakit gigi bungsu selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Dengan kandungan bersifat analgesik dan antimikroba yang terdapat di dalamnya, minyak kelapa mampu membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan gusi yang kadang bisa terjadi saat gigi bungsu sedang bertumbuh. Caranya adalah oleskan 1 sendok makan minyak kelapa pada gigi bungsu yang sedang tumbuh, lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, kumur-kumur dengan menggunakan air hangat.

5. Selai Kacang

Nah, kalau bahan alami yang satu ini mungkin kamu juga suka mengonsumsinya. Nyatanya, selai kacang juga bisa digunakan untuk mengobati sakit pada gigi bungsu lho. Hal ini karena kacang memiliki sifat analgesic dan anti-inflamasi yang berkhasiat mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya, oleskan sedikit selai kacang pada permukaan gigi, lalu biarkan selama 3—5 menit.

Itulah lima bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai cara meredakan sakit gigi bungsu. Bila rasa sakit gigi bungsu sudah tidak tertahankan, kamu bisa membeli obat pereda rasa nyeri, seperti parasetamol atau ibuprofen di Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: