24 September 2018

5 Buah yang Bisa Dijadikan Masker Wajah Alami

masker wajah alami, masker alami dari buah

Halodoc, Jakarta – Perawatan kulit wajah sering diandalkan untuk menjaga kecantikan penampilan secara keseluruhan. Salah satu jenis perawatan yang sering dilakukan adalah penggunaan masker wajah. Meski kini sudah banyak produk masker wajah yang dijual di pasaran, tetapi membuat masker sendiri dengan bahan-bahan alami bisa memberi kepuasan tersendiri bagi sebagian besar orang.

Salah satu bahan natural yang umum digunakan untuk membuat masker wajah alami adalah buah-buahan. Tak hanya mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kulit, buah-buahan juga bisa membuat kulit menjadi lebih bersih, halus, bercahaya, serta sehat. Selain bermanfaat, masker wajah alami dari buah-buahan juga cenderung lebih mudah untuk dibuat. Nah, apa saja sih jenis buah-buahan yang bisa dijadikan masker wajah alami?

1. Alpukat

Alpukat menjadi jenis buah yang sudah tak asing sebagai bahan dasar dalam perawatan kecantikan. Sejumlah produk kecantikan dan perawatan kulit yang ada di pasaran pun sering menjadikan alpukat sebagai kandungan utama. Bukan tanpa alasan, buah alpukat memang memiliki kebaikan yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Alpukat kaya akan antioksidan yang mengandung alpha dan beta-karoten. Kandungan tersebut bermanfaat dalam menangkal radikal bebas, serta melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari. Antioksidan bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

2. Pepaya

Menggunakan masker wajah alami seperti pepaya dapat membantu menghilangkan dan mengangkat sel-sel mati kulit. Selain itu, kandungan vitamin dan enzim papain dalam buah pepaya juga berperan dalam memaksimalkan pembersihan kulit. Rutin menggunakan masker pepaya disebut mampu membuat kulit terlihat lebih cerah dan putih.

Tak hanya itu, masker alami dari buah pepaya juga dapat membantu merelaksasi kulit yang berjerawat. Masker pepaya pun dapat menghambat proses penuaan dini, serta membantu menghilangkan garis halus, bekas luka, hingga noda hitam pada kulit wajah.

3. Pisang

Siapa sangka, kandungan vitamin B6 dan vitamin C dalam buah pisang bisa memberi manfaat luar biasa pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kamu bisa memanfaatkan buah yang satu ini untuk membuat masker wajah alami yang baik untuk menjaga kekencangan kulit. Rutin menggunakan masker pisang juga bisa membantu membuat kulit terasa lebih kenyal, segar, dan bersinar.

4. Masker Tomat

Jika kamu termasuk orang yang banyak melakukan kegiatan di luar rumah alias di bawah sinar matahari, maka perawatan wajah menggunakan masker tomat sangat dianjurkan. Sebab, tomat memiliki kandungan lycopene yang bisa membantu kulit menyerap oksigen lebih banyak dan dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Rutin menggunakan masker tomat ternyata juga bisa membantu mencegah munculnya jerawat di wajah, serta membantu menutup pori-pori yang terbuka. Masker dari buah tomat pun dapat membantu mencegah penuaan dini.

5. Lemon

Buah yang dikenal kaya akan vitamin C ini juga bisa memberi manfaat tak terduga bagi kulit wajah. Cobalah untuk membuat masker dengan mencampurkan air perasan lemon dengan air dan putih telur untuk mendapatkan wajah lebih cerah tanpa bintik noda. Sebab, masker dari perasan air lemon telah terbukti dapat memudarkan bintik noda di wajah.

Selain perawatan dengan masker wajah alami, kecantikan kulit juga bisa dicapai dengan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Nah, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan menjalankan pola hidup sehat, berolahraga, dan mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan. Lebih mudah beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan Apotik Antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: