5 Cara Jaga Kesehatan Meski Usia Menua

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5-cara-jaga-kesehatan-meski-usia-menua-halodoc

Halodoc, Jakarta – Bertambahnya usia itu berarti fungsi tubuh akan semakin menurun. Proses penuaan tidak hanya ditandai dengan munculnya keriput, tetapi tubuh juga akan lebih mudah terserang penyakit, karena sistem imun secara perlahan sudah mulai melemah. Meskipun bisa diperlambat, tetapi proses penuaan mau tidak mau tetap akan terjadi. Namun, kamu bisa kok punya tubuh yang tetap sehat dan bugar meski usia sudah menua. Yuk, simak cara menjaga kesehatan di usia tua di bawah ini.

Baca juga: Kasih Sayang Anak bisa Buat Orangtua Panjang Umur

1. Makan-makanan Sehat

Agar kesehatan tetap terus terjaga di usia tua, kunci utamanya adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Kamu bisa memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Sebaliknya, kurangilah makanan, seperti daging berlemak, mentega, gula, garam, serta makanan dalam kemasan.

Banyak penelitian menemukan bahwa makan makanan sehat seperti di atas bisa membantu seseorang hidup lebih lama dan terhindar dari penyakit jantung, kanker, Parkinson, dan penyakit Alzheimer.

Sayangnya, cara ini punya kendala lain, yaitu saat menua kemampuan mengecap rasa juga akan kian berkurang. Apalagi banyak makanan yang tidak diperbolehkan dan penggunaan garam juga dibatasi, sehingga selera makan lansia bisa menurun. Namun, kamu bisa membuat menu makanan sehat sendiri dengan menambahkan rempah-rempah yang lebih sehat sebagai penyedap. 

2. Rutin Jalan Kaki

Orang tua juga dianjurkan untuk tetap aktif dengan melakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan di usia tua. Olahraga sederhana ini bila dilakukan secara teratur dapat memberi manfaat kesehatan yang sangat besar. Berjalan kaki dapat membantu menjaga sel-sel otak tetap sehat dengan memberikan lebih banyak darah dan oksigen. Berjalan kaki juga dapat mengontrol berat badan kamu tetap ideal, meningkatkan suasana hati, serta menjaga tulang dan otot kamu tetap kuat.

Baca juga: Jalan Kaki, Olahraga Ringan yang Punya Banyak Manfaat

3. Banyak Bersosialisasi dengan Orang Lain

Kesepian bisa berbahaya bagi kesehatan orang tua. Bila kamu merasa kesepian, baik kamu tinggal sendiri atau bersama orang lain, maupun punya banyak teman atau tidak, lebih berisiko terkena demensia atau depresi. Para manula yang merasa terisolasi mengalami banyak masalah dalam mengerjakan tugas sehari-hari, seperti mandi atau naik tangga. Mereka juga meninggal lebih cepat daripada orang yang kurang merasa kesepian. Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang kesepian memiliki kadar hormon stres yang lebih tinggi yang bisa menyebabkan peradangan atau pembengkakan terkait dengan artritis dan diabetes.

Jadi, banyaklah bersosialisasi. Kamu bisa mengunjungi tetangga, melakukan pekerjaan sukarela, ataupun hanya membantu seseorang yang membutuhkan. 

4. Perbanyak Serat

Ini adalah cara termudah untuk mempertahankan kesehatan di usia tua dalam setiap makanan dan camilan yang dikonsumsi. Ganti roti putih kamu dengan gandum utuh. Tambahkan kacang merah ke dalam sup atau irisan apel ke dalam salad kamu. Serat membuat kamu kenyang lebih lama. Nutrisi tersebut juga dapat mengurangi kadar kolesterol kamu dan menurunkan risiko kamu terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta kanker usus besar.

Baca juga: 6  Makanan Berserat Terbaik untuk Kesehatan

5. Berhenti Merokok

Tembakau dapat membunuh secara perlahan. Zat tersebut dapat merusak hampir semua organ di dalam tubuh kamu. Rokok, tembakau kunyah, ataupun produk apapun yang mengandung nikotin dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, paru-paru dan penyakit gusi, serta banyak masalah kesehatan lainnya. 

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Tubuh kamu akan mulai pulih dalam 20 menit setelah isapan rokok terakhir. Peluang kamu terkena serangan jantung pun akan langsung berkurang. Otomatis, kamu pun akan hidup lebih lama.

Nah, itulah 5 cara menjaga kesehatan di usia tua. Bila kamu sakit dan butuh saran dokter, jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui melalui fitur Chat to A Doctor untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. 9 Scientific Secrets to Healthy Aging.