5 Cara Lakukan Detoks untuk Liver yang Bisa Kamu Lakukan Secara Alami

5 Cara Lakukan Detoks untuk Liver yang Bisa Kamu Lakukan Secara Alami
DIET & NUTRISI 04 April 2018

Halodoc, Jakarta – Salah satu organ tubuh yang bekerja paling keras selain jantung adalah hati. Beberapa fungsi hati antara lain untuk melakukan detoksifikasi darah, menghasilkan empedu untuk mencerna lemak, serta memecah hormon dan menyimpan vitamin.

Namun, fungsi utama hati adalah memisahkan nutrisi dengan zat yang tidak diperlukan. Jika terjadi penyumbatan pada hati dan peningkatan kandungan racun, hati tidak akan mampu bekerja dengan efektif.

Jika sudah mengalami gangguan, akan terjadi beberapa gejala seperti rasa tidak nyaman pada hati, peningkatan asam lambung, kenaikan berat badan secara tiba-tiba, serta munculnya jerawat atau gatal-gatal pada kulit.

Nah, untuk mengatasi hal ini, sebaiknya segera lakukan diet detoks untuk liver. Namun, kamu juga harus berhati-hati karena tidak semua detoks aman. Berikut ini 5 detoks alami yang bisa kamu lakukan:

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Langkah pertama dan paling mudah untuk melakukan detoks liver secara alami adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih sehari-hari. Pasalnya, tubuh manusia mengandung 70 persen air dan rata-rata digunakan untuk keperluan organ vital seperti hati.

Selain itu, air putih juga mengandung mineral alami yang mendukung metabolisme tubuh serta penguatan hati agar berfungsi dalam proses pembersihan hati secara alami.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Memperbaiki pola makan dengan makanan sehat merupakan cara lain untuk menjaga fungsi hati. Sebagai contoh, mengonsumsi makanan organik yang segar dengan kandungan klorofil serta vitamin A dan C yang bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

  1. Hindari Lemak Jahat

Lemak jahat dapat memengaruhi kinerja hati dalam menghasilkan cairan empedu yang berguna untuk memecah lemak. Dengan menghindari lemak jahat, maka hati tetap terjaga kesehatannya. Sumber lemak terbaik bisa didapatkan dari almond, kelapa, labu, zaitun, dan alpukat.

  1. Hindari Minuman Beralkohol

Apabila alkohol masuk ke dalam tubuh, hati akan bekerja keras untuk mengeluarkan alkohol dari dalam darah. Pada proses ini, tenaga metabolisme pun akan dipakai sehingga memberikan dampak pada kenaikan berat badan, lesu, lelah, serta kantuk. Dengan tidak meminum alkohol, maka hati akan tetap terjaga kesehatannya.

  1. Gunakan Ramuan Herbal

Cara alami lainnya untuk detoks liver adalah dengan menggunakan ramuan herbal. Ada beberapa bahan herbal yang bisa diolah seperti teh hijau, bawang putih, atau kunyit yang bisa didapatkan dengan mudah.

Apabila dalam proses detoksifikasi kamu mengalami masalah, segera diskusikan dengan dokter di Halodoc karena hal tersebut bisa membawa dampak negatif pada tubuhmu. Ada pilihan komunikasi berupa chat, voice, atau video call untuk berdiskusi dengan dokter yang ada di Halodoc. Bila ingin membeli kebutuhan medis seperti obat atau vitamin, kamu bisa menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkannya ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam.

Selain itu, sekarang Halodoc juga melengkapi fiturnya dengan layanan Lab Service. Layanan baru ini memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Halodoc sendiri telah bekerjasama dengan Laboratorium Klinik terpercaya yaitu Prodia. Nah, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga:  Kanker Hati


Rekomendasi Artikel

SEKS

21 August 2018

Suami istri tidak bisa sebebas dulu berhubungan intim ketika ibu dalam keadaan hamil karena banyak yang dipert...

Selengkapnya

KECANTIKAN

21 August 2018

Membersihkan wajah penting dilakukan agar bebas dari kotoran, minyak, dan kuman yang menganggu....

Selengkapnya

KECANTIKAN

21 August 2018

Anak krakatau telah meletus 576 kali dalam sehari. Cari tahu fakta letusan gunung berapi ini....

Selengkapnya