• Home
  • /
  • 5 Cara Lakukan Detoks untuk Liver Secara Alami

5 Cara Lakukan Detoks untuk Liver Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Cara Lakukan Detoks untuk Liver Secara Alami

Halodoc, Jakarta - Liver adalah salah satu organ yang fungsi utamanya adalah menyaring zat-zat yang masuk ke dalam tubuh. Organ ini bekerja dengan mengubah racun menjadi produk limbah, membersihkan darah, dan metabolisme nutrisi dan obat-obatan untuk memberi tubuh beberapa protein penting. Penting untuk menjaga kesehatan hati dan membatasi terlalu banyak makan.

Baca juga: Ingin Langsing, Ini Fakta Diet Detoksifikasi

Ketika liver memiliki bekerja terlalu berat, maka kamu akan mengalami beberapa gejala seperti lesu, lelah, berat badan bertambah, sakit kepala, pencernaan tidak teratur, rasa sakit di sisi kanan antara perut dan dada, serta muncul perubahan warna kulit. Namun, terdapat langkah alami yang bisa dilakukan untuk menjaga liver agar bisa bekerja lebih baik. Orang menyebutnya sebagai detoks untuk liver. Melansir dari laman One Green Planet, ini cara yang bisa kamu ikuti.

Hentikan Minuman Beralkohol

Meskipun wine memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, ada baiknya untuk menghentikan atau membatasi konsumsi minuman beralkohol dalam bentuk apa pun.

Pasalnya, jika alkohol masuk ke dalam tubuh, hati bekerja keras untuk mengeluarkan alkohol dari dalam darah. Pada proses ini, tenaga metabolisme akan dipakai sehingga memberikan dampak seperti kenaikan berat badan, lesu, lelah, serta kantuk. 

Minum Air Putih

Air mengandung mineral alami yang baik untuk proses pembuangan racun di dalam tubuh. Kamu bisa menambahkan perasan lemon ke dalam air untuk menambahkan lebih banyak sifat alkali dan pembersihan.

Lemon dan semua buah jeruk mengandung vitamin C dan mineral yang meningkatkan fungsi tubuh dan meningkatkan proses pembersihan, sehingga limbah di dalam tubuh akan lebih mudah dikeluarkan. Menjaga asupan air putih harian membantu membuat tingkat keasaman darah pada kondisi yang optimal. Jadi, usahakan untuk minum secukupnya sehari. 

Baca juga: Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

Hindari Lemak Jahat

Tak hanya membuang limbah di dalam tubuh, hati juga memproduksi empedu yang digunakan untuk memecah lemak. Kinerja hati akan terganggu jika sumber lemak yang kamu dapatkan berasal dari lemak jahat. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang merupakan sumber lemak baik seperti almond, kelapa, kacang walnut, rami, chia, biji bunga matahari, zaitun, dan alpukat.

Hindari lemak jahat yang berasal dari makanan hewani yang bisa menyebabkan peradangan penyumbatan arteri. Jika butuh informasi lebih lanjut mengenai sumber lemak yang baik, kamu bisa chat dengan dokter atau ahli nutrisi di Halodoc. Dokter akan siaga 24 jam untuk memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan.

Pilih Suplemen dengan Tepat

Cara untuk meringankan kinerja liver dengan memilih suplemen secara selektif. Jangan hanya menelan pil yang menjanjikan manfaat kesehatan. Vitamin B berkualitas tinggi yang bersumber dari bahan nabati dan selenium adalah salah satu yang direkomendasikan.

Hal ini karena mereka menjaga metabolisme zat-zat dalam tubuh yang membantu menjaga hati tetap sehat. Herbal seperti milk thistle dan daun artichoke juga membantu membersihkan liver. 

Konsumsi Ramuan Herbal

Cara alami lainnya untuk detoks liver adalah dengan menggunakan ramuan herbal. Ada beberapa bahan herbal yang bisa diolah seperti teh hijau, bawang putih, atau kunyit yang bisa didapatkan dengan mudah. 

Baca juga: 5 Penyebab Gangguan Liver yang Mesti Dihindari

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk bantu detoksifikasi liver. Jika kamu masih memiliki berbagai pertanyaan mengenai kesehatan liver, jangan ragu untuk tanya dokter di Halodoc melalui chat. Yuk, buka smartphone kamu dan langsung pilih menu chat di aplikasi Halodoc!

 

Referensi:

One Green Planet. Diakses pada 2020. How to Detox Your Liver.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. Detoxing Your Liver.