5 Masalah pada Kaki Seiring Bertambahnya Usia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Masalah pada Kaki Seiring Bertambahnya Usia

Halodoc, Jakarta - Kaki adalah bagian tubuh yang penting untuk mobilitas, karena ke mana saja kita menggunakan kaki. Sedihnya, hampir semua hal tentang tubuh akan berubah seiring waktu, dan hal ini terjadi seperti masalah pada kaki, entah itu perubahan kecil hingga yang lebih besar lagi. 

Menerapkan pola hidup sehat melalui makanan bergizi dan olahraga adalah cara tepat untuk merawat kesehatan dan meminimalkan masalah yang berkaitan dengan usia. Beberapa keluhan yang terjadi saat menjelang usia tua adalah nyeri kaki dan beberapa hal yang sebabkan rasa tidak nyaman. Nah, berikut ini jenis keluhan seputar kaki yang sering muncul seiring bertambahnya usia: 

Baca juga: Cara Mudah Atasi Kaki yang Keseleo 

Penipisan Bantalan Kaki

Secara alami, tubuh manusia memiliki bantalan yang berisi kolagen dan elastin di dasar telapak kaki. Mereka berguna untuk membantu kamu berjalan, tetapi produksi kolagen bisa menurun selama bertahun-tahun sehingga bisa menipiskan bantalan lemak ini. Tanpa bantalan ini, kaki mungkin masih terasa baik di pagi hari, tetapi menjelang akhir hari kamu akan mengeluhkan rasa sakit karena pada dasarnya kamu telah berjalan di atas tulang. Meskipun beberapa klinik mengatakan bahwa suntikan atau transplantasi lemak bisa mengatasinya, tetapi tidak ada bukti mereka berhasil. Solusi yang pasti yaitu memakai sepatu yang nyaman dan empuk, diperkuat dengan sol atau bantalan gel jika diperlukan.

Arthritis

Kaki manusia memiliki lebih dari 30 sendi, yang dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Arthritis atau radang sendi sering menyerang jempol kaki atau dengkul. Selain rasa sakit, kamu mungkin merasakan kekakuan di pagi hari yang membaik setelah kamu bergerak, lalu memburuk lagi di malam hari. Tambalan pada sepatu, latihan untuk meningkatkan rentang gerak, dan menurunkan berat badan adalah beberapa hal yang bisa membantu. Jika salah satu persendian kamu sakit, periksakan diri ke rumah sakit segera, untuk mengobati radang sendi. Kini kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter yang lebih mudah. 

Baca juga: Penyebab Sering Nyeri Sendi saat Baru Bangun Tidur

Sirkulasi Darah yang Melambat

Diabetes, penyakit vena, dan kondisi lain yang lebih umum seiring bertambahnya usia dapat memperlambat aliran darah ke kaki dan ini menjadi masalah kaki yang perlu diwaspadai. Saat terjadi luka pun, kaki jadi lebih lambat untuk sembuh. Jika dikombinasikan dengan kerusakan saraf yang terjadi beriringan dengan kondisi kesehatan, maka infeksi kian memburuk. Jika kamu mengalami kondisi di atas, periksakan kaki secara teratur apakah ada luka dan goresan, dan segera cari perawatan.

Tendon yang Mengencang

Sudah merasa tidak lentur di kelas yoga? Hal ini bisa terjadi karena kadar air di tendon menurun seiring bertambahnya usia. Kondisi ini menempatkan kaki berada pada risiko yang lebih besar untuk mengalami robekan dan pecah. Pastikan untuk tetap aktif untuk membantu menangkal efek ini. Jika kamu pernah mengalami cedera tendon Achilles di masa lalu, latihan penguatan seperti betis dapat mencegah kekambuhan. 

Baca juga: Ini 8 Cara Praktis Menghilangkan Bau Kaki 

Kulit Mengering

Selain melindungi bagian bawah kaki, kolagen juga penting untuk membuat kulit tetap kenyal. Jika kadar kolagen menyusut maka ini membuat kaki kering dan cenderung pecah-pecah dan ini menjadi masalah pada kaki yang cukup mengganggu. Lawanlah dengan memastikan kamu tetap terhidrasi, dan biasakan menggunakan pelembap khusus untuk kaki. Penting diketahui bahwa mengoleskan pelembap sebanyak dua kali sehari adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan kaki. 

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. Weird Things That Happen To Your Feet As You Get Older.