Sering Bekerja dalam Ruangan Ber-AC, Ini 5 Tips Cegah Kulit Kering

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sering Bekerja dalam Ruangan Ber-AC, Ini 5 Tips Cegah Kulit Kering

Halodoc, Jakarta - Udara dingin di dalam ruangan karena paparan AC yang berlebihan dan berkepanjangan bukan lagi menjadi masalah baru terhadap kesehatan kulit. Angin dingin yang bersumber dari pendingin ruangan tersebut mengurangi kelembapan kulit, sehingga membuatnya lebih cepat kering, kusam, gatal, dan menimbulkan iritasi.

Memang, kehadiran pendingin ruangan membantu paru-paru dengan menyaring asap dan debu polusi. Namun, benda ini dapat menurunkan kelembapan udara. Akibat kelembapan ruangan yang semakin rendah turut mengurangi kelembapan pada kulit, sehingga membuatnya lebih cepat kering karena dehidrasi.

Jangan sampai hal tersebut terjadi, ya! Terlebih jika kamu bekerja dalam ruangan ber-AC selama delapan jam setiap harinya. Belum lagi kalau kamu harus lembur dan kamu tidak memperhatikan asupan cairan tubuh. Supaya tidak terjadi, coba yuk cara cegah kulit kering berikut ini!

  • Pilih Pelembap yang Tepat

Kamu perlu tahu, pelembap bekerja bukan dengan memasukkan air ke dalam kulit, tetapi dengan memperlambat hilangnya air alami dari kulit. Namun, memilih pelembap tidak boleh sembarangan. Semakin berminyak hasilnya pada kulit, maka semakin baik pelembap tersebut. Khusus untuk wajah, gunakan pelembap yang bebas minyak untuk mengurangi tersumbatnya pori-pori wajah.

Baca juga: Hati-Hati Pakai Pelembap Setelah Mandi

  • Jaga Asupan Cairan

Cara cegah kulit kering adalah memperhatikan asupan cairan tubuh setiap hari. Kamu perlu tahu, dinginnya udara di dalam ruangan membuat kamu kehilangan keinginan untuk minum. Kondisi ini membuat tubuh kekurangan asupan cairan. Kurangnya cairan ini pula yang menjadikan kulit kamu bersisik. Jadi, meski udara di dalam ruangan sedang begitu dingin, tetap penuhi asupan cairan tubuh kamu.

  • Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit, tak terkecuali kelembapannya. Pastikan tubuh kamu terpenuhi asupan buah dan sayuran yang dibutuhkan. Kamu bisa memilih buah yang memiliki kandungan air berlebih, misalnya semangka atau melon. Pertimbangkan pula buah alpukat dan pisang yang memang bermanfaat untuk kulit.

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

  • Konsumsi Vitamin

Selain perawatan kulit dengan menggunakan losion atau pelembap yang tepat, asupan vitamin juga tak kalah pentingnya untuk kesehatan kulit. Kamu membutuhkan antioksidan yang baik, seperti vitamin E. Jenis vitamin ini membantu menutrisi kulit dan kaya antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Jangan Lupa Pelembap Wajah

Wajah adalah area kulit yang paling sensitif. Tidak hanya kulit tangan, kulit wajah perlu mendapatkan perlindungan. Jadi, jangan lupa untuk gunakan pelembap yang khusus untuk wajah. Beberapa jenis pelembap dibuat untuk jenis kulit tertentu, jadi ketahui dahulu jenis kulit wajah kamu, apakah kulit kering, berminyak, atau normal, sehingga kamu tidak salah dalam memilih pelembapnya.

Baca juga: 4 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan

Itu tadi beberapa cara mudah cegah kulit kering yang bisa kamu lakukan. Bawa selalu pelembap dan vitamin E dalam tas, jangan lupa untuk membawa botol air mineral agar kamu tidak lupa minum. Jangan tunggu sampai kulit menjadi kering dan tidak sehat.

Kalau ternyata kamu lupa membawa vitamin E atau lupa membelinya, kamu tidak perlu khawatir. Aplikasi Halodoc melalui layanan Beli Obat bisa kamu manfaatkan untuk membeli vitamin E. kamu hanya perlu mengetikkan nama vitamin dan alamat tujuan. Tidak akan lama, pesanan akan diantarkan. Yuk, download aplikasi Halodoc!