6 Alasan yang Bikin Tubuh Selalu Kelelahan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
6 Alasan yang Bikin Tubuh Selalu Kelelahan

Halodoc, Jakarta – Memenuhi kebutuhan waktu tidur tentu menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk kesehatan. Ada banyak dampak yang dapat dirasakan ketika kebutuhan tidur yang diperlukan tidak terpenuhi dengan baik, salah satunya adalah munculnya rasa kelelahan terus-menerus.

Baca juga: Sering Lelah Tanpa Sebab, Hati-Hati Tanda Sindrom Kelelahan Kronis

Tidak hanya itu, kondisi lelah yang disertai dengan gejala lain seperti nyeri otot atau nyeri sendi sebaiknya perlu kamu waspadai. Tidak hanya membuat kamu merasa kelelahan, kekurangan waktu istirahat juga membuat kamu mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius. Yuk, ketahui alasan yang membuat tubuh selalu merasa kelelahan.

1. Kebutuhan Tidur Tidak Terpenuhi dengan Baik

Setiap orang memerlukan waktu istirahat atau tidur malam hari selama 8 hingga 9 jam. Tidak terpenuhinya jam istirahat atau tidur membuat kamu merasakan terus kelelahan. Dengan memenuhi kebutuhan tidur yang cukup tubuh mengatur sistem saraf otonom. Tidak hanya kelelahan, kurang tidur juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

2. Kurang Melakukan Kegiatan Fisik

Rutin menjalankan olahraga banyak memiliki dampak positif pada kesehatan kamu. Selain mampu melancarkan aliran darah, rutin berolahraga membuat kamu terhindar dari rasa kelelahan. Kok bisa? Ya, mereka yang aktif berolahraga memiliki tubuh yang lebih bugar dibandingkan mereka yang kurang rutin berolahraga. Kamu bisa mencoba memulai rutin olahraga dengan melakukan olahraga ringan, seperti aerobik, yoga atau lari.

3. Tidak Mengonsumsi Makanan Sehat

Sebaiknya kembali atur pola makan yang dijalani ketika kamu mengalami kelelahan meskipun sudah cukup tidur. Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, seperti mengonsumsi buah, sayuran, mengurangi konsumsi makanan cepat saji meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang berkualitas menjauhkan kamu dari kelelahan yang dirasakan. Kamu bisa bertanya pada dokter mengenai asupan makanan yang tepat untuk menambah energi kamu sehari-hari melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Kelelahan Bisa Jadi Salah Satu Penyebab Serangan Jantung

4. Menjalani Pengobatan Tertentu

Menjalani pengobatan untuk penyakit tertentu dapat memberikan dampak kelelahan pada tubuh. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik agar kamu mendapatkan asupan energi tambahan untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

5. Mengalami Gangguan Kesehatan

Rasa lelah yang muncul terus-menerus bisa menjadi tanda gangguan kesehatan pada tubuh. Kelelahan bisa menjadi tanda ketika kamu mengalami kondisi depresi. Depresi yang tidak segera diatasi juga menyebabkan kamu kehilangan semangat. Selain depresi, penyakit anemia dapat menyebabkan pengidapnya mengalami kelelahan. 

6. Gangguan Tidur

Gangguin tidur merupakan salah satu kelainan yang dialami oleh seseorang pada pola tidur yang dimiliki. Selain merasakan kelelahan, seseorang dengan gangguan tidur dapat mengalami kesemutan dan otot yang sering terasa lelah.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan

Sebaiknya segera atasi kondisi kelelahan yang terus-menerus kamu rasakan agar kualitas hidup kamu semakin meningkat. Perbanyak istirahat, membuat suasana kamar menjadi nyaman, lebih rutin melakukan aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan sehat dapat membantu untuk mengatasi kondisi ini. 

Jika kondisi ini dialami sebagai dampak dari pengobatan yang dilakukan, tidak ada salahnya untuk konsultasikan kondisi kesehatan agar dapat memiliki waktu istirahat yang berkualitas.

Referensi:
Huffpost. Diakses pada 2019. Why Am I Always So Tired
Healthline. Diakses pada 2019. 10 Reasons You’re Always Tired