Apakah MRSA Dapat Disembuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
apakah-mrsa-dapat-disembuhkan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Salah satu jenis mikroba yang paling sering menyebabkan infeksi adalah bakteri. Infeksi bakteri biasanya bisa diatasi dengan pemberian antibiotik. Namun, pada kasus MRSA, bakteri sudah berkembang sehingga tidak mempan lagi terhadap berbagai antibiotik. Lantas, apakah MRSA bisa disembuhkan? Simak penjelasannya di sini.

Mengenal MRSA

Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus atau MRSA adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Pada awalnya, Staphylococcus tidak berbahaya dan hidup pada kulit dan hidung manusia. Namun, bakteri tersebut juga berpotensi menyebabkan infeksi bila mereka bertumbuh secara tidak terkendali. Infeksi Staphylococcus bisa diatasi dengan pemberian antibiotik. Namun, setelah beberapa lama waktunya, bakteri ini akan berkembang menjadi MRSA yang tidak bisa diatasi lagi oleh berbagai antibiotik.

Sebagian besar infeksi MRSA terjadi pada orang yang pernah berada di rumah sakit atau tempat perawatan kesehatan lainnya, seperti panti jompo. Infeksi MRSA yang terkait dengan perawatan kesehatan disebut juga HA-MRSA. Infeksi HA-MRSA didapatkan dari prosedur invasif atau perangkat medis, seperti operasi, tabung intravena, atau sendi buatan.

Jenis lain infeksi MRSA yang juga sudah banyak terjadi di masyarakat luas atau di antara orang sehat adalah CA-MRSA. Infeksi bakteri ini ditularkan melalui sentuhan langsung dengan orang-orang yang terinfeksi dan memiliki gejala awal berupa bisul kulit yang menyakitkan. CA-MRSA paling sering terjadi di lingkungan yang memungkinkan interaksi dengan banyak orang, seperti sekolah dan tempat penitipan anak.

Baca juga: Hal yang Dapat Meningkatkan Risiko MRSA

Penyebab MRSA

MRSA adalah hasil dari penggunaan antibiotik selama beberapa dekade. Antibiotik sering diresepkan untuk mengobati pilek, flu, dan infeksi virus lain yang bahkan tidak merespons obat tersebut. Ketika antibiotik digunakan secara tepat pun, mereka tetap bisa memunculkan  bakteri-bakteri yang kebal terhadap obat, karena antibiotik terkadang tidak menghancurkan setiap kuman yang menjangkiti tubuh. Bakteri dapat berevolusi dengan cepat, sehingga kuman yang selamat dari pengobatan antibiotik segera belajar untuk melawan yang lain.

Baca juga: Efek Samping Konsumsi Obat Antibiotik dalam Waktu Lama

Waspadai Gejalanya

Infeksi kulit Staph atau MRSA umumnya ditandai dengan gejala awal berupa bengkak atau benjolan merah yang menyakitkan seperti jerawat atau gigitan laba-laba. Area kulit yang terkena mungkin juga akan mengalami gejala berikut ini:

  • Hangat saat disentuh.

  • Berisi nanah.

  • Disertai demam.

Benjolan ini bisa dengan cepat berubah menjadi abses yang dalam dan menyakitkan yang perlu dikeringkan melalui operasi. Terkadang bakteri tetap berada pada kulit, tetapi mereka juga bisa menyebar ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi yang berpotensi mengancam jiwa.

Cara Mengatasi MRSA

Baik HA-MRSA maupun CA-MRSA masih merespon pada beberapa jenis antibiotik. Pada beberapa kasus, pemberian antibiotik mungkin tidak diperlukan. Dokter mungkin akan memilih untuk mengeringkan abses yang dangkal yang disebabkan oleh MRSA daripada mengobati infeksi dengan obat-obatan. Namun, bila menggunakan obat-obatan, berikut ini pengobatan MRSA berdasarkan jenisnya:

  • HA-MRSA. Tipe MRSA ini bisa diatasi dengan pemberian antibiotik melalui suntikan. Dosis dan lama pemberiannya tergantung pada tingkat keparahan kondisi pengidap dan hasil pemeriksaan laboratorium.

  • CA-MRSA. Sedangkan pengobatan untuk CA-MRSA, cukup dengan pemberian antibiotik tablet. Namun, bila infeksi semakin buruk dan meluas, dokter akan melakukan operasi kecil untuk mengeluarkan nanah. Tindakan ini memerlukan obat bius lokal. Jadi, informasikanlah pada dokter bila kamu memiliki riwayat alergi terhadap obat bius.

Baca juga: Perawatan yang Dilakukan Ketika Terserang MRSA

Jadi, dengan pengobatan yang tepat dan cepat, MRSA bisa disembuhkan. Bila kamu mengalami gejala-gejala MRSA seperti di atas, segera periksakan diri ke dokter. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu di sini. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. MRSA infection - Diagnosis and treatments.