• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Camilan Sehat untuk Anak saat Liburan

5 Camilan Sehat untuk Anak saat Liburan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Selamat tahun baru dan selamat kembali beraktivitas semuanya! Setiap orang pasti ingin menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekatnya seperti saat liburan kemarin, baik dengan teman, keluarga, hingga pasangan. Dengan cara itu, kamu akan menjadi lebih dekat satu sama lain setelah lebih banyak menghabiskan waktu di kantor.

Kamu juga dapat menghabiskan waktu liburan bersama dengan anak-anak dengan membawanya ke tempat hiburan yang dapat membuatnya belajar hal yang baru. Walau begitu, banyak hal yang harus kamu siapkan saat perjalanan, salah satunya camilan. Berikut beberapa camilan sehat saat liburan yang baik untuk anak!

Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan

Camilan Sehat saat Liburan dengan Anak

Supaya liburan tetap menyenangkan, kamu pasti membutuhkan camilan agar perut tidak mudah lapar di jalan dan mengisi waktu luang. Walau begitu, ketika kamu bepergian dengan anak-anak, pemilihan camilan sehat saat liburan sangat penting. Dengan begitu, kamu dapat menjaga asupan gizinya di perjalanan.

Dengan adanya camilan, sifat rewel yang timbul pada anak akan dapat ditekan. Ibu juga harus memastikan semua yang dikonsumsinya akan membuat tubuhnya lebih sehat, bukan malah menyebabkan obesitas dan bahkan penyakit. Berikut adalah beberapa camilan sehat saat liburan dengan anak:

  1. Yoghurt

Hasil fermentasi dari susu ini adalah camilan sehat saat liburan dengan anak. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dapat melengkapi gizi tubuhnya agar tetap sehat. Kamu juga dapat memperlancar pencernaannya dengan memberikan makanan tersebut.

  1. Buah-Buahan

Kamu juga dapat memberikan buah-buahan sebagai camilan yang sehat saat liburan untuk mengisi perut di perjalanan. Makanan ini selain menyehatkan juga dapat memberikan rasa segar, terutama ketika cuaca sedang panas. Selain itu, semua orang tahu buah-buahan memang menyehatkan, maka ibu dapat mencukupi gizi baik untuk tubuh anak.

Dengan konsumsi makanan yang sehat tersebut, kamu dapat menjaga gizi anak tetap tercukupi. Jika kamu masih mempunyai pertanyaan terkait camilan sehat saat liburan, dokter dari Halodoc dapat membantu kamu untuk menentukannya. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan!

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Pergi Liburan Bersama Bayi

  1. Roti

Makanan lainnya yang dapat ibu bawa sebagai camilan sehat di perjalanan saat liburan adalah roti. Ibu dapat membawa roti tawar, baik yang biasa ataupun yang terbuat dari gandum. Selain itu, ibu juga dapat mengolahnya menjadi sandwich sebelum perjalanan yang berisi telur, tunai, atau selai. Isi dari sandwich tersebut sangat baik untuk mencukupi gizi anak dan juga menyehatkan.

  1. Sereal

Sereal juga dapat dijadikan camilan sehat saat liburan untuk mencapai tujuan di perjalanan. Pilihan sereal yang baik untuk dikonsumsi adalah yang kaya akan fiber dan rendah gula. Anak dapat mengonsumsinya dengan campuran susu atau langsung dimakan begitu saja.

  1. Edamame

Ingin sesuatu yang mudah untuk dibawa dan juga menyehatkan sebagai camilan sehat saat liburan? Cobalah bawa edamame untuk menemani perjalananmu. Sayuran ini banyak mengandung zat besi, protein dan kandungan lainnya yang baik untuk tubuh dan rasanya yang nikmat ketika dikonsumsi.

Kamu dapat merebus sayuran tersebut dan mencampurnya dengan garam. Dengan begitu, rasanya menjadi lebih nikmat untuk dimakan yang membuat anak-anak menjadi menyukai sayuran. Camilan ini umumnya dapat langsung dimakan bijinya langsung melalui kulit dari tanaman tersebut.

Baca juga: Liburan Natal, Saatnya Pilih Camilan Sehat Ini

Itulah beberapa camilan sehat saat liburan yang baik dikonsumsi anak saat perjalanan. Dengan makanan-makanan tersebut, kamu dapat menjaga gizi anak dan kesehatan tubuhnya dibandingkan memberikannya makanan yang tidak jelas kualitasnya. Anak akan menjadi lebih sehat dan cerdas berkat hal tersebut.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2019. The 16 Best Travel Snacks for Kids
Eating Well. Diakses pada 2019. 8 Great Ideas for Packing Healthy Road-Trip Snacks Kids Will Love