• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Pergi Liburan Bersama Bayi

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Pergi Liburan Bersama Bayi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Pergi Liburan Bersama Bayi

“Liburan keluarga tentu menyenangkan. Jika pergi bersama bayi, ibu perlu mencari informasi tentang destinasi yang akan dituju. Jangan lupa bawa semua perlengkapan bayi dan tetaplah pada rutinitas selama berlibur. Sebaiknya tunda rencana liburan jika Si Kecil mengalami gangguan kesehatan.”

Halodoc, Jakarta - Mengurus bayi bukanlah hal yang mudah. Pekerjaan yang kerap disepelekan ini nyatanya cukup melelahkan, sehingga mungkin para ibu memerlukan waktu istirahat agar ia tidak stres. Liburan menjadi cara paling jitu untuk mengatasi stres tersebut. 

Tetapi, bagaimana jika kita tetap harus mengurus bayi selama liburan kita? Mungkin ibu membayangkan hal ini bisa jadi tambah merepotkan. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada jalan keluarnya. Bagi ibu yang ingin pergi liburan bersama bayi, berikut ini beberapa yang harus diperhatikan: 

Baca juga: Tips Ajak Balita Liburan Naik Pesawat 

1.Cari Informasi Tentang Destinasi Liburan

Sebelum liburan, pertama-tama kamu wajib mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang kondisi tempat yang akan dituju. Pastikan memilih tempat yang tidak membahayakan bayi. Pilih beberapa kamar hotel yang ramah anak dan menyenangkan untuknya. Pastikan untuk membuat rencana perjalanan berdasarkan kebutuhan anak dan tidak terlalu mendahulukan orangtua.  

2.Konsultasikan dengan Dokter

Tidak kalah penting selama persiapan liburan adalah menanyakannya pada dokter terkait kondisi Si Kecil untuk melakukan perjalanan. Ibu bisa tanyakan langsung ada dokter melalui aplikasi Halodoc

Sebelum berkonsultasi, coba beritahu dokter mengenai lokasi wisata, waktu tempuh yang dibutuhkan, keadaan cuaca di tempat tersebut, dan durasi liburan yang dilakukan. Apabila menurut dokter hal ini tidak memungkinkan, maka jangan dipaksakan karena bisa saja membahayakan kondisi bayi. 

3.Siapkan Tas Khusus untuk Perlengkapan Bayi

Pastikan kamu menyediakan satu tas khusus berisi semua kebutuhan bayi sehingga ibu tidak kelimpungan saat mencari kebutuhan anak. Pastikan menggunakan tas yang mudah dan nyaman dibawa ke mana-mana, karena selama liburan ini merupakan benda yang paling penting.

Selain itu, penting juga untuk membawa kebutuhan Si Kecil dengan jumlah yang lebih untuk berjaga-jaga. Pastikan membawa selimut, kaus kaki, popok, alas untuk mengganti popok, botol susu, mainan yang anak sukai, obat, camilan sehat, dan minyak telon.  

Baca juga: 7 Perlengkapan Balita yang Harus Dibawa Saat Liburan

4.Siapkan Juga Kebutuhan Orangtua dengan Baik

Jangan sampai liburan dengan bayi ini membuat orangtua jadi tidak memerhatikan kebutuhannya selama liburan. Liburan yang menyenangkan dimulai dari orangtua yang senang dan menikmati liburannya dengan maksimal. Siapkan juga perlengkapan di tas khusus agar tidak bercampur dengan perlengkapan anak supaya mudah dicari. 

5.Buat Rencana Perjalanan yang Fleksibel

Saat membuat rencana perjalanan, penting untuk memperhatikan kebutuhan bayi. Orangtua harus pintar-pintar menyesuaikan lokasi yang ingin dituju dengan jadwal bayi. Contohnya, kapan bayi harus makan siang, menyusu, dan tidur siang. Namun, saat harus memenuhi kebutuhan bayi tetapi sedang berada di tempat yang tidak tepat, orangtua harus siap dan rela untuk melakukan perubahan rencana. 

Baca juga: Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

6.Usahakan Tidak Terburu-Buru

Ketika memenuhi kebutuhan bayi, seperti memandikan bayi, menyusui, makan, atau membersihkan kotoran sehabis buang air besar, usahakan untuk tidak melakukannya dengan terburu-buru demi mengejar tempat atau kegiatan lain. Disarankan untuk melakukan seperti biasa karena ini berpengaruh dengan kenyamanan Si Kecil selama liburan.

7. Jangan Lupakan Car Seat

Jika pergi liburan dengan mobil pribadi dengan jarak yang cukup jauh, jangan lupa untuk membawa car seat. Ini adalah perlengkapan penting untuk keamanan bayi. Selain itu, ibu juga bisa agak santai di mobil karena tidak harus selalu memangku bayi.

8. Pesan Kamar Penginapan yang Tepat

Pertimbangkan untuk memesan kamar dengan ukuran kasur yang mencukupi anggota keluarga. Akan lebih baik jika hotel atau penginapan bisa menyewakan kasur khusus bayi. Pastikan juga kamar nyaman dengan udara yang seju atau tidak terlalu dingin, agar ibu dan Si Kecil sama-sama nyaman. 

9. Tetap pada Rutinitas

Jika ritual waktu tidur bayi di rumah adalah mandi, nina bobo sebelum tidur, dan menyusu, maka lakukan hal yang sama saat liburan. Begitu juga jika bayi sudah MPASI, pastikan jadwal makannya tetap pada rutinitas biasanya. 

Liburan merupakan salah satu kebutuhan bagi orangtua juga, jadi sebaiknya lakukan beberapa tips di atas agar liburan bersama bayi tetap menyenangkan dan tidak merepotkan. 

Referensi:
Mumsnet. Diakses pada 2021. The perfect holiday with a baby under one.
Kidspot Australia. Diakses pada 2021. How to holiday with a baby and actually enjoy it.
Parenting. Diakses pada 2021. 18 Tips for Traveling with Baby
Very Well Family. Diakses pada 2021. What to Pack for Vacation With Your Baby