6 Jenis Minuman Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   24 September 2019
6 Jenis Minuman Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari6 Jenis Minuman Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari

Halodoc, Jakarta - Udara yang panas di Indonesia, terutama di Jakarta dapat cepat membuat tenggorokan kering. Banyak orang pasti menginginkan minuman dingin yang menyegarkan. Hal tersebut untuk mempercepat hilangnya rasa dahaga yang timbul karena cuaca tersebut.

Walau begitu, ternyata terdapat beberapa minuman tidak sehat yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi terlalu sering. Hal tersebut karena kandungan dari minuman tersebut tidak baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa minuman tidak sehat yang sebaiknya kamu hindari!

Baca juga: Selain Air Putih, Ini 5 Minuman Sehat untuk Menemani Sahur

Minuman Tidak Sehat yang Harus Dihindari

Pola hidup yang buruk dapat menjadi salah satu faktor penyebab yang membuat tubuh menjadi terserang penyakit. Hal tersebut disebabkan oleh minuman tidak sehat yang terlalu sering kamu konsumsi sehari-hari. Minuman tersebut dapat menyebabkan gangguan yang ringan hingga berat. 

Sebagai orangtua, memberikan minuman untuk anak-anak menjadi hal yang rumit. Beberapa minuman tidak sehat mengandung pemanis buatan yang mampu menyebabkan penyakit berbahaya jika tertumpuk di dalam tubuh. Selain itu, terkadang kadar kalori yang terkandung juga cukup tinggi. Untuk itu, sebaiknya batasi mengonsumsi minuman-minuman tersebut.

Berikut adalah beberapa minuman tidak sehat yang sebaiknya dibatasi pengonsumsiannya, yaitu:

  1. Minuman Bersoda

Salah satu minuman tidak sehat yang harus dibatasi saat mengonsumsinya adalah minuman bersoda. Minuman ini mengandung kafein yang berdampak buruk bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, kandungan gula yang sangat tinggi dapat berbahaya jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Minuman Berenergi

Minuman tidak sehat lainnya adalah minuman berenergi. Kandungan dalam minuman ini, yaitu kafein, pemanis, dan zat tambahan lainnya menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Gangguan diabetes dan serangan jantung yang paling berhubungan disebabkan minuman ini. Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari konsumsi minuman berenergi terlalu sering.

Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi Soda bisa Picu Penyakit Ini

  1. Kopi

Mengonsumsi kopi secara rutin juga memberikan dampak buruk bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Kandungan kalori dari kopi yang ditambahkan gula terbilang buruk dalam hal nutrisinya. Cobalah pindah dari kopi sachet menjadi kopi hitam yang tidak memiliki kandungan gula berlebih. Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat bertanya dengan dokter dari Halodoc tentang batas aman mengonsumsi kopi. Segera download aplikasinya di smartphone kamu, ya!

  1. Minuman Beralkohol

Semua orang tahu apabila mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol tidak baik untuk tubuh. Minuman tidak sehat ini banyak menyebabkan gangguan pada tubuh, seperti penyakit jantung dan hati. Kamu bisa mengonsumsi minuman yang memabukkan ini tetapi harus dibatasi. 

  1. Lemonade

Minuman yang merupakan campuran dari jus lemon dengan limun ini juga tidak disarankan terlalu sering diminum. Jika minuman ini berasal dari minuman kotak atau karton, kandungan gula di dalamnya terlalu banyak. Untuk memastikan kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi gula, ada baiknya minuman ini dibuat sendiri.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

  1. Milkshake

Salah satu minuman tidak sehat yang disukai oleh anak-anak adalah milkshake. Susu dengan rasa yang manis tersebut ternyata tidak baik untuk terlalu banyak dikonsumsi, terutama pada anak-anak. Asupan gula pada minuman tersebut mengandung empat kali asupan gula yang direkomendasi dokter pada anak-anak dalam satu hari.

Itu adalah beberapa minuman tidak sehat yang harus dibatasi untuk dikonsumsi. Minuman tersebut mengandung zat-zat yang tidak baik jika terlalu banyak masuk ke tubuh. Maka dari itu, kamu harus mengubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat agar tidak terserang penyakit.

Referensi:
Total Soft Water.Diakses pada 2019.Unhealthy Drinks Children Should Avoid
Life Hack.Diakses pada 2019.8 Surprisingly Unhealthy Drinks You Should Avoid

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan