• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

7 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sakit tenggorokan merupakan penyakit yang umum terjadi, yang ditandai dengan rasa nyeri, iritasi, atau kering pada tenggorokan. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, yang akan menyebabkan pengidapnya terasa nyeri saat makan atau minum. Saat mengalami serangkaian gejalanya, jangan langsung memutuskan untuk mengonsumsi obat, ya! Berikut bahan alami pereda sakit tenggorokan!

Baca juga: Tanpa Obat, Ini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

  • Madu

Bahan alami pereda sakit tenggorokan yang pertama adalah madu. Saat kamu merasakan gejalanya, coba untuk mengonsumsi madu secara rutin. Madu terbukti ampuh dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, karena menurunnya produksi lendir dalam tenggorokan. Madu juga bersifat anti bakteri yang mampu membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan.

Madu tergolong bahan alami yang aman dikonsumsi Si Kecil yang berusia di atas satu tahun. Untuk meredakan gejala sakit tenggorokan, ibu dapat mengonsumsi dua sendok madu sebelum tidur yang dicampur dengan air hangat.

  • Air Garam

Air garam menjadi salah satu bahan alami pereda sakit tenggorokan, karena ampuh dalam mengurangi pembengkakan pada dinding tenggorokan. Caranya dengan melarutkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat. Kemudian, kumur dengan larutan tersebut sambil menengadahkan kepala.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin sebanyak satu kali sehari. Jika ibu ingin menggunakan bahan alami pereda sakit tenggorokan ini untuk Si Kecil, perhatikan cara penggunaannya ya, bu! Pastikan jika air garam tidak tertelan.

  • Kayu Manis

Aroma kayu manis bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih rileks, tapi juga ampuh sebagai bahan alami pereda sakit tenggorokan. Kayu manis mengandung antioksidan dan antibakteri yang tinggi, sehingga mampu membunuh bakteri dan meredakan gejala sakit tenggorokan yang kamu alami. Caranya dengan menambahkan beberapa potong kayu manis ke dalam air atau teh hangat.

Baca juga: Sembuhkan Radang Tenggorokan Akut dengan Cara Ini

  • Air Lemon

Bahan alami pereda sakit tenggorokan selanjutnya memiliki rasa yang segar. Kamu dapat menggunakan air lemon yang kaya akan vitamin C sebagai pereda sakit tenggorokan. Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin C dalam air lemon juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh dapat melawan bakteri dengan mudah.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C tinggi mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan infeksi, seperti batuk atau flu. Caranya dengan memeras air lemon, kemudian campurkan ke dalam air hangat. Jika ingin rasa yang lebih manis, ibu dapat menambahkan sesendok madu, air lemon dan madu mampu mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa menjadi salah satu bahan alami pereda sakit tenggorokan, karena mampu mengencerkan dahak di saluran tenggorokan, sehingga napas menjadi lebih lega. Caranya dengan menambahkan minyak kelapa ke dalam beragam jenis makanan. Kamu juga dapat mengonsumsinya langsung sebanyak satu atau dua sendok makan. Sebaiknya tidak mengonsumsi dalam jumlah yang banyak, cukup dua sendok makan per hari.

  • Teh

Meskipun ada banyak jenis teh, tapi jenis teh chamomile dan teh hijau yang menjadi bahan alami pereda sakit tenggorokan. Bunga chamomile dan teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang mampu mengurangi peradangan, pembengkakan, serta rasa gatal di tenggorokan. Caranya dengan berkumur atau menghirup uap kedua teh tersebut.

Jika dikonsumsi, campur dengan lemon dan sesendok madu, agar rasa menjadi lebih segar. Setelah mengonsumsinya, kamu akan merasa lebih rileks, saluran napas menjadi lebih lega, serta nyeri tenggorokan yang hilang secara perlahan.

  • Kunyit dan Jahe

Kunyit yang biasa digunakan untuk memperkuat rasa masakan, ternyata ampuh dalam mengurangi sakit tenggorokan. Caranya dengan melarutkan kunyit bubuk dan setengah sendok teh dalam air hangat. Lalu berkumur dengan air tersebut.

Sama seperti kunyit, jahe juga ampuh dalam membunuh bakteri di saluran pernapasan karena sifat antibakteri yang dimilikinya. Caranya dengan mengonsumsi minuman dengan kandungan jahe, seperti teh jahe, wedang jahe, atau ekstrak jahe. 

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsinya, ya! Pasalnya, pada beberapa pengidap alergi bahan-bahan alami tersebut, reaksi alergi bisa saja muncul setelah mengonsumsinya.

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Natural Ingredients for Treating Sore Throat.

Healthline. Diakses pada 2020. 12 Natural Remedies for Sore Throat.

Medical News Today. Diakses pada 2020. 15 Natural Remedies for a Sore Throat.