7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Pipi Secara Alami dan Tanpa Bekas

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Januari 2024

“Munculnya jerawat batu di pipi bisa sangat mengganggu penampilan, bahkan terasa nyeri. Cara menghilangkan jerawat batu di pipi bisa menggunakan bahan alami, mulai dari bawang putih, tomat, hingga baking soda.”

7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Pipi Secara Alami dan Tanpa Bekas7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Pipi Secara Alami dan Tanpa Bekas

DAFTAR ISI

  1. Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Pipi Secara Alami
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Memiliki nama lain jerawat kistik, jerawat batu adalah jenis jerawat yang bisa menyebabkan kemerahan dan benjolan lembut berisi nanah pada wajah. Jenis jerawat ini kerap muncul pada pipi dan mengganggu penampilan. Inilah sebabnya tak sedikit orang mencari cara menghilangkan jerawat batu di pipi yang efektif, aman, dan tidak meninggalkan bekas. 

Ciri khas jerawat kistik adalah benjolan berwarna merah merata tanpa adanya puncak yang berwarna putih. Selain itu, jerawat ini juga mengeluarkan nanah saat matang atau pecah. 

Tak jarang, jerawat ini akan menyisakan bekas berupa luka parut, kemerahan, bahkan lubang atau bopeng pada wajah yang sulit hilang.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Pipi Secara Alami

Sebenarnya, yang menyebabkan munculnya jerawat batu di pipi, baik kanan maupun kiri, tidak berbeda dengan kondisi jerawat pada umumnya. Masalah kulit ini berawal dari pori-pori kulit wajah yang tersumbat karena kotoran, minyak berlebih, sel kulit mati, dan debu. Penyumbatan pori-pori membuat bakteri muncul, yang mengakibatkan tumbuhnya jerawat batu. 

Selain itu, ada beberapa kondisi lainnya yang harus diperhatikan juga. Seperti riwayat genetik keluarga, tubuh yang lebih mudah berkeringat, memakai produk perawatan wajah dan kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit, serta hormon tubuh yang tidak seimbang. 

Agar tidak semakin mengganggu, kamu bisa mencoba cara menghilangkan jerawat batu di pipi dengan bahan alami berikut:

1. Bawang putih

Kandungan antiseptik pada bawang putih dapat melawan bakteri penyebab jerawat batu di pipi hingga ke lapisan kulit wajah terdalam. Cara menggunakannya cukup dengan menghaluskan bawang putih, lalu oleskan ke jerawat di pipi kanan maupun kiri. Lalu, tunggu selama beberapa menit hingga meresap dan kering. Setelah itu, bilaslah wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.

2. Air perasan lemon

Dalam air lemon, terdapat asam sitrat yang bermanfaat sebagai desinfektan (mencegah terjadinya infeksi). Zat ini sekaligus ampuh mengeringkan jerawat. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

  1. Langkah pertama, siapkan air perasan lemon dan sehelai kapas. 
  2. Celupkan kapas ke dalam air lemon, lalu tempelkan ke bagian wajah yang berjerawat. 
  3. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Tak hanya ampuh untuk mengatasi jerawat, ketahui manfaat lain air lemon untuk wajah dengan membaca artikel ini: “Kenali 5 Manfaat Lemon untuk Kecantikan Wajah”. 

3. Cara menghilangkan jerawat batu di pipi dengan baking soda

Cara menghilangkan jerawat batu di pipi selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Bahan ini secara praktis efektif untuk mengusir jerawat batu dan bekasnya. Tak hanya itu, baking soda juga menawarkan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Caranya, ambil 8-10 sendok teh baking soda dan campur dengan 4-5 sendok air hangat. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah, lalu tunggu selama 15 menit sebelum membilasnya.

4. Teh hijau

Kandungan antioksidan pada teh hijau dapat mengurangi peradangan jerawat batu di pipi. Cara menggunakannya cukup dengan menyeduh teh hijau terlebih dahulu, lalu aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Tea tree oil

Manfaat tea tree oil sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat batu di pipi telah sangat populer. Sebab, bahan alami ini memiliki kandungan terpinene yang membawa sifat antiperadangan dan antibakteri. Keduanya sangat efektif untuk meringankan peradangan pada wajah sekaligus mencegah munculnya bakteri yang menyebabkan jerawat.

Selain menggunakan bahan alami, kamu juga bisa pakai obat-obatan untuk atasi jerawat batu. Yuk cari tahu obat apa saja yang mudah dicari dengan baca artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Jerawat Batu Paling Ampuh di Apotek”.

6. Menggunakan tomat

Tomat juga menjadi bahan alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat batu berkat kandungan vitamin E. Selain menghilangkan jerawat, buah satu ini juga efektif untuk membantu membuat kulit terlihat lebih cerah.

Caranya cukup dengan menggosokkan potongan buah tomat ke bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 5-10 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

7. Kompres dingin dan hangat

Kompres dingin dengan menggunakan es batu bisa membantu mengurangi rasa nyeri maupun peradangan karena jerawat batu. Selain itu, cara menghilangkan jerawat batu lainnya yaitu kompres hangat.

Air hangat akan membuat benjolan jerawat menjadi lebih lunak sehingga nanah dapat segera muncul ke permukaan. Kamu bisa melakukan kompres dingin dan hangat secara bergantian.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Jika tidak kunjung membaik, tanyakan langsung pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter terpercaya dari Halodoc bisa memberikan saran pengobatan yang tepat.

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dokter yang bisa kamu hubungi untuk memberikan saran untuk mengatasi kondisi jerawat:

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir. Kamu juga bisa cari obat dan produk perawatan kulit lain yang sesuai rekomendasi dokter di Toko Kesehatan Halodoc, dan dikirim dari apotek tepercaya!

chat dengan dokter
Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2024. Cystic Acne Causes and Treatments.
WebMD. Diakses pada 2024. Cystic Acne.
Healthline. Diakses pada 2024. What Is Cystic Acne and How Is It Treated?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan