7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat Membandel

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Agustus 2023

“Ada sejumlah masker alami untuk menghilangkan jerawat membandel sebagai pertolongan pertama. Salah satunya adalah masker putih telur yang mengandung enzim lysozyme.”

7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat Membandel7 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat Membandel

Halodoc, Jakarta – Jerawat yang membandel bisa menjadi masalah kulit yang mengganggu. Apalagi jika jerawat sudah meradang dan menimbulkan rasa nyeri. Tentunya kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang bisa menghambat aktivitas. 

Terlebih lagi jika jerawat banyak muncul di area kulit wajah yang dapat menurunkan rasa percaya diri sebagian orang. Karena itu, penting untuk segera mengatasinya. Nah, tak hanya mengandalkan obat, nyatanya ada sejumlah masker alami guna membantu mengatasi jerawat yang membandel. 

Rekomendasi Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat Membandel

Menurut dr Astrid Teresa, Sp.KK yang dikutip dari video kanal YouTube Halodoc, ada beberapa kandungan dalam produk perawatan kulit yang bisa menghilangkan jerawat.

Contohnya seperti salicylic acid dan retinoic acid. Meski begitu, kamu juga dapat mencoba penggunaan masker alami sebagai pertolongan pertama untuk masalah ini. Berikut adalah sejumlah pilihannya:

1. Putih Telur 

Bagian putih telur memiliki enzim lysozyme yang efektif dalam mengatasi masalah jerawat. Cara menggunakannya adalah dengan memisahkan putih telur dari kuningnya, lalu mencampurnya dengan jus lemon. 

Campuran ini dapat kamu aplikasikan pada wajah sebagai masker, dan biarkan selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah menggunakan air bersih.

2. Masker Kunyit

Kunyit menjadi salah satu pilihan efektif dalam hal kecantikan kulit. Sebab, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik, antioksidan, sehingga dapat menjadi pilihan untuk jerawat. 

Untuk membuat masker wajah dari kunyit, campurkan setengah cangkir tepung chickpea atau kacang arab dan 2 sendok teh bubuk kunyit dan minyak almond. Lalu gabungkan dengan air untuk membuat pasta. 

Oleskan pada kulit selama 5 menit dan bilas dengan air dingin. Kunyit dapat mengobati dan mencegah jerawat dan jaringan parut.

3. Masker Wajah Mentimun

Mentimun memiliki efek menenangkan pada kulit, mengurangi peradangan, iritasi, dan nyeri. Untuk hasil yang lebih baik, buat pasta dengan mencampurkan satu ketimun kecil dan 1 cangkir oatmeal. Oleskan pasta ini pada area yang terkena selama 30 menit dan bilas.

4. Masker Madu

Madu memiliki sifat anti-bakteri yang digunakan untuk jerawat yang meradang, luka, dan luka bakar. Untuk menghilangkan jerawat, gunakan masker madu pada wajah selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

5. Masker Lidah Buaya dan Tea Tree Oil

Lidah buaya merupakan pelembab alami yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi, sedangkan minyak pohon teh memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Untuk membuat maskernya, campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan 2-3 tetes minyak pohon teh. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Namun, benarkah tea tree oil ampuh mengatasi jerawat? Simak penjelasannya dalam artikel: Benarkah Tea Tree Oil Ampuh Menghilangkan Jerawat?

6. Masker Oatmeal

Oatmeal mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua sifat tersebut dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit yang berjerawat. Untuk membuat masker oatmeal, rebus oat dengan air. 

Ketika sudah matang, biarkan rebusan tersebut menjadi dingin sepenuhnya sebelum dioleskan ke kulit. Biarkan masker selama 20–30 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

7. Masker Pisang Lemon

Pisang dapat menjadi bahan eksfoliasi (pengelupasan kulit) alami. Sementara lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi noda bekas jerawat.

Untuk membuat masker ini, kupas pisang dan hancurkan hingga menjadi pasta halus menggunakan garpu atau blender. Tambahkan jus lemon segar ke dalam pisang yang sudah hancur. Campurkan semua bahan hingga merata. 

Oleskan masker pisang lemon secara merata pada wajah dan biarkan masker bekerja pada kulit selama sekitar 15-20 menit. Kemudian, bilas wajah menggunakan air bersih. 

Selain untuk kulit, nyatanya pisang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Simak informasinya dalam artikel: Kenali 7 Jenis dan Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Itulah sejumlah rekomendasi masker alami untuk menghilangkan jerawat membandel. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Pastikan untuk menjaga kesehatan kamu dan orang tua. Jika bahan alami tersebut tidak membuahkan hasil, segera periksakan kondisi kulit ke dokter. 

Tujuannya agar penanganan tepat sesuai keparahan dan penyebab jerawat dapat segera dilakukan. Cek rekomendasi dokter terbaik dari aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. The Best DIY and Store-Bought Face Masks for Acne. 
Pharm Easy. Diakses pada 2023. Effective Ways And Homemade Masks For Treating Acne. 
HealthShots. Diakses pada 2023. DIY skincare: 5 homemade face packs for acne-prone skin. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan