7 Tips Mudah Usir Lemak Perut Agar Tidak Buncit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 April 2022

“Lemak perut tidak hanya bisa mengganggu penampilan, tapi juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kombinasi gaya hidup dan pola makan yang sehat diperlukan untuk mengusir lemak di perut.”

7 Tips Mudah Usir Lemak Perut Agar Tidak Buncit7 Tips Mudah Usir Lemak Perut Agar Tidak Buncit

Halodoc, Jakarta – Memiliki bentuk perut yang rata dan ideal memang menjadi idaman banyak orang. Namun, untuk mendapatkannya tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan secara rutin.

Lemak yang ada di bagian perut termasuk yang paling mudah terlihat, sehingga membuatnya tampak buncit. Nah, untuk meluruhkan lemak di perut, kamu tidak hanya harus melakukan latihan yang fokus pada otot-otot di sekitar perut. Pola makan seimbang juga penting bagi kamu yang ingin menghilangkan timbunan lemak di perut. Yuk, simak 5 tips mudah menghilangkan lemak perut di sini.

Tips Menghilangkan Lemak Perut Buncit

Lemak di perut bukan hanya bisa mengganggu penampilan, tapi juga berbahaya bagi kesehatan. Lemak perut atau disebut juga lemak visceral sudah dikaitkan dengan berbagai penyakit serius, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan lemak di perut agar tidak buncit dan juga lebih sehat. Berikut tips-tipsnya:

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Serat

Pola makan sehat dimulai dengan mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian utuh, serta protein tanpa lemak. Jenis makanan ini akan membuat perut kenyang lebih lama karena kaya serat dan bergizi tinggi. Tak hanya itu, kandungan mineral dan vitaminnya pun dapat memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan tubuh. Ingat untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji karena dapat mengganggu metabolisme tubuh jadi tidak lancar.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Dari semua jenis lemak, lemak trans adalah yang paling buruk untuk kesehatan kamu. Mengonsumsi banyak lemak trans tidak hanya bisa menambah lemak perut, tapi juga meningkatkan risiko kamu mengalami penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. 

Lemak ini banyak ditemukan pada margarin, mentega, minyak nabati tertentu, makanan kemasan dan juga sering digunakan pada makanan cepat saji.   Jadi, untuk mengusir lemak perut dan melindungi kesehatan, baca label bahan makanan dengan seksama dan jauhi  produk yang mengandung lemak trans.

3. Air Putih yang Cukup

Penuhi kebutuhan tubuh akan air dengan mengonsumsi air putih 8 gelas (2-2,5 liter) perhari. Apalagi jika kamu rutin melakukan olahraga, cairan yang cukup akan menjaga tubuh dari dehidrasi. Hindari untuk mengonsumsi minuman bersoda, jus buah dalam kemasan, dan minuman berenergi karena mengandung gula dalam kadar tinggi kalori dan pengawet yang tidak baik untuk tubuh kamu.

4. Rutin Olahraga

Sempatkan waktu untuk berolahraga selama 30 hingga 60 menit setidaknya lima kali dalam seminggu. Jika merasa sibuk dan tidak punya banyak waktu berolahraga, tak perlu khawatir. Kamu bisa mulai melakukan olahraga ringan dengan jalan kaki, bersepeda, dan berenang. Tak ada salahnya bergabung dalam komunitas senam atau olahraga untuk memotivasi kamu agar melakukan gaya hidup sehat.

5. Latihan Otot

Setiap hari, bakar lemak tubuh dengan banyak bergerak. Lakukan latihan otot setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Meningkatkan massa otot dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori.

6. Kurangi Kalori

Buang lemak sebanyak satu kilogram setiap minggu dengan mengurangi asupan kalori sekitar 500 sampai 1000 kalori/hari. Dengan begini, lemak tubuh pun akan berkurang secara berkala.

7. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengalami pertambahan berat badan dan juga lemak di perut. Jadi, bila kamu ingin mengusir lemak perut, usahakanlah untuk tidur yang cukup setiap malam.

Menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan perut yang bebas lemak. Bila kamu mengalami masalah kesehatan tertentu, jangan dibiarkan saja. Sebaiknya segera buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc untuk memeriksakan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 19 Effective Tips to Lose Belly Fat (Backed by Science).
Medline Plus. Diakses pada 2022. Facts about trans fats

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan