• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Ini 4 Mitos yang Sering Muncul di Trimester Pertama
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, Ini 4 Mitos yang Sering Muncul di Trimester Pertama

Awas, Ini 4 Mitos yang Sering Muncul di Trimester Pertama

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Januari 2021
Awas, Ini 4 Mitos yang Sering Muncul di Trimester PertamaAwas, Ini 4 Mitos yang Sering Muncul di Trimester Pertama

Halodoc, Jakarta - Tentunya perasaan bahagia akan dirasakan pasangan suami istri saat mendapati tes kehamilan yang bertanda positif. Bukan saja melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat, biasanya, yang dilakukan calon ibu adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar kehamilan.

Baca juga: Ibu Harus Tahu, Inilah Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mulai dari jenis makanan yang perlu dikonsumsi, hingga pantangan bagi ibu hamil di trimester pertama. Namun, sebelum melakukan semua pantangan maupun anjuran yang ada, tidak ada salahnya cari tahu secara medis, agar ibu tidak terjebak pada beberapa mitos yang sering muncul di trimester pertama. Yuk, simak informasinya lebih banyak, di sini!

Inilah Mitos yang Sering Muncul di Trimester Pertama

Saat memasuki usia kehamilan trimester pertama, tentunya masih banyak hal yang perlu diperhatikan oleh ibu. Mulai dari kandungan nutrisi, jenis makanan, hingga merawat kehamilan dengan baik. Namun, banyaknya informasi seputar kehamilan nyatanya bergaris lurus dengan mitos yang muncul. 

Bukan membuat ibu hamil merasa tenang, munculnya mitos seputar kehamilan trimester pertama terkadang membuat ibu merasa stres. Padahal, kondisi stres dapat memicu berbagai gangguan kehamilan di trimester pertama, loh.

Untuk itu, tidak ada salahnya ibu mengetahui berbagai mitos kehamilan trimester pertama yang kerap muncul. Berikut ini mitos yang tidak perlu dipercaya.

1.Ibu Hamil Perlu Mengonsumsi Makanan Dua Kali Lebih Banyak

Ibu tidak perlu mengonsumsi makanan dua kali lebih banyak saat menjalani kehamilan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemenuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi untuk perkembangannya dalam kandungan.

Terlalu banyak makan malah memicu ibu mengalami obesitas. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko gangguan kehamilan yang membahayakan ibu maupun bayi dalam kandungan.

Baca juga: Ibu Hamil Ngidam Nanas, Amankah?

2.Morning Sickness Hanya Terjadi pada Pagi Hari

Morning sickness merupakan salah satu gejala yang akan dialami oleh ibu hamil. Saat mengalami kondisi ini, biasanya ibu akan mual dan muntah. Meskipun namanya morning sickness, tetapi bukan berarti kondisi ini terjadi pada pagi hari saja. 

Morning sickness terjadi akibat adanya perubahan hormon selama kehamilan, sehingga kondisi ini membuat mual dan muntah dapat terjadi sepanjang hari.

3.Ibu Hamil Trimester Pertama Dilarang Olahraga

Banyak yang mengatakan ibu hamil dilarang olahraga. Melakukan olahraga dapat membuat kehamilan mengalami gangguan, bahkan keguguran. Namun, sebaiknya ibu hamil jangan percaya terhadap mitos yang satu ini. Ibu hamil masih boleh melakukan olahraga, selama kehamilan dalam kondisi sehat. 

Pilihlah olahraga ringan dan hindari olahraga dengan kontak fisik bersama orang lain. The American College of Obstetrics and Gynecology, merekomendasikan ibu hamil melakukan olahraga ringan selama 30 menit secara rutin. Kondisi ini akan membuat kehamilan semakin sehat.

4.Tidak Boleh Memberitahu Kerabat pada Trimester Pertama

Banyak yang percaya memberitahu kehamilan pada trimester pertama membuat kehamilan tidak berjalan lancar. Tentunya ini mitos yang sebaiknya tidak dipercaya. Memberitahu kerabat dekat dan keluarga sangat diperlukan agar keluarga maupun kerabat dapat membantu ibu untuk menjaga kehamilan dengan baik.

Baca juga: Mengenal Mitos dan Fakta Seks Saat Hamil

Itulah beberapa mitos trimester pertama yang sebaiknya tidak perlu dipercaya. Lebih baik segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan pada dokter kandungan secara langsung. 

Ibu juga bisa gunakan Halodoc dan bertanya seputar kehamilan trimester pertama yang sedang dijalani. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga agar ibu lebih praktis saat menghubungi dokter di mana dan kapan saja!

Referensi:
Baby Gaga. Diakses pada 2021. 31 Myths About The First Trimester That Are Totally False.
Healthline Parenthood. Diakses pada 2021. 30 Facts About Pregnancy.
Grow by Web MD. Diakses pada 2021. Pregnancy Myths, Dos, and Don’ts.
Grow by Web MD. Diakses pada 2021. Exercise During Pregnancy.
Pregnancy Birth and Baby. Diakses pada 2021. Common Myths About Pregnancy.