Selain untuk Kesuburan, Ini 11 Manfaat Toge untuk Kesehatan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 September 2023

“Taoge (toge) tidak hanya bermanfaat untuk kesuburan melainkan untuk kesehatan secara keseluruhan. Contohnya meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, elastisitas kulit, dan meningkatkan metabolisme tubuh.”

Selain untuk Kesuburan, Ini 11 Manfaat Toge untuk KesehatanSelain untuk Kesuburan, Ini 11 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Taoge atau toge adalah tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik dalam biji. Secara umum, toge berasal dari kacang hijau yang telah berkecambah, dan kerap menjadi bahan berbagai masakan Asia. Selain dapat meningkatkan cita rasa, taoge telah lama terkenal dapat meningkatkan kesuburan pada pria. 

Namun, siapa sangka kalau manfaat toge tak hanya berkhasiat dalam meningkatkan atau menjaga kesuburan pria. Lebih dari itu, rutin mengonsumsi toge dapat memberikan sejumlah manfaat besar lainnya bagi kesehatan tubuh.

Makanan sehat ini mengandung banyak vitamin C dan memenuhi 15 persen dari kebutuhan vitamin C harian tubuh. Komponen kalsium dan zat besi pada  kecambah ini juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Apa Manfaat Toge untuk Kesehatan?

Dalam seporsi toge ukuran sedang, mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh. Mulai dari kalori, protein, karbohidrat, lemak hingga serat. Menariknya lagi, toge adalah sumber antioksidan yang baik serta mengandung vitamin C sekaligus mineral seperti kalsium dan zat besi. 

Berkat kandungan nutrisinya, selain menjaga atau meningkatkan kesuburan, terdapat beberapa manfaat toge lainnya, seperti: 

1. Menyehatkan sperma

Apakah toge bisa meningkatkan kualitas sperma? Menurut studi berjudul Effect of Mung Bean Sprouts Extract to the Morphology and Motility Spermatozoa in Mice Exposed Monosodium Glutamate yang terbit dalam International Journal of Preventive and Public Health Sciences, toge kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin E, selenium, dan zinc. 

Nutrisi ini tubuh perlukan untuk produksi sperma yang sehat dan meningkatkan kualitas sperma. Vitamin C dapat melindungi sperma dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan mobilitas sperma.

Nah, selain toge, ada beberapa makanan lain yang juga dapat menyehatkan sperma. Cek informasinya dalam artikel: 6 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kualitas Sperma

2. Kesehatan Pencernaan 

Taoge adalah makanan yang mengandung vitamin C, zat besi dan zink. Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut sejumlah ahli meyakini, bahwa zat gizi yang terkandung cukup mudah untuk dicerna oleh tubuh. 

Hal inilah yang kemudian menjadikan sayuran ini sebagai pilihan makanan saat seseorang tengah mengalami masalah pencernaan. Selain itu, kandungan enzimnya juga dapat melancarkan proses metabolisme. 

3. Melancarkan sirkulasi darah pada tubuh

Rutin mengonsumsi taoge bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sebab, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu mempertahankan dan menyeimbangkan jumlah sel dalam darah. 

4. Menjaga kesehatan jantung

Para ahli berkeyakinan kalau mengonsumsi taoge secara konsisten dapat menjaga kesehatan jantung. Sebab. toge termasuk jenis makanan yang banyak mengandung lemak omega-3. Lemak baik ini dapat membantu memerangi lemak jahat dalam tubuh, dan menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar. 

Menariknya lagi, sayuran ini juga kabarnya mampu membantu mencegah terjadinya stroke. Kandungan kalium dalam tumbuhan tersebut dapat memberi efek tenang pada arteri pembuluh darah. Alhasil, sirkulasi dan peredaran oksigen dalam tubuh menjadi lebih lancar. 

5. Membantu menjaga Kekebalan tubuh

Toge mengandung vitamin C yang bisa menjadi booster bagi sistem imun alias kekebalan tubuh. Saat seseorang memiliki sistem imun yang baik, biasanya dia akan memiliki risiko terserang penyakit lebih rendah.

Selain  itu, vitamin C juga dapat membantu melengkapi sel-sel darah putih dalam tubuh dalam menjalankan tugasnya, yaitu melawan infeksi atau penularan penyakit tertentu. 

6. Menjaga kebugaran tubuh

Sayuran ini juga memiliki sejumlah kandungan vitamin lainnya, termasuk vitamin A. Seluruh kandungan ini tentunya penting untuk membuat tubuh lebih bugar dan segar. Selain vitamin A, manfaat kebugaran ini juga dapat kamu peroleh dari beberapa enzim yang terkandung dalam toge.

7. Mencegah kanker 

Menurut para pakar, protein dan peptida yang terkandung dalam toge juga diyakini dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena kedua nutrisi tersebut memiliki potensi untuk melambatkan perkembangan sel kanker. 

Termasuk yang berkaitan dengan kanker payudara, leukemia, dan kanker sistem pencernaan. Namun, efektivitas manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk dipahami secara mendalam.

8. Dapat menjaga kesehatan mata

Taoge memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dari berbagai gangguan. Contohnya seperti melindungi mata dari radikal bebas, hingga mengurangi risiko akan degenerasi fungsi mata akibat pertambahan usia. Punya masalah kesehatan terkait penglihatan, segera periksakan kondisi ke Dokter Spesialis Mata

9. Mengurangi kecemasan dan stres

Menurut penelitian tim peneliti Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran di Universitas Adelaide, yang terbit dalam The Chemistry Central Journal berjudul A review of phytochemistry, metabolite changes, and medicinal uses of the common food mung bean and its sprouts (Vigna radiata), menyebutkan sayuran kecambah ini merupakan sumber magnesium, seng, dan vitamin C yang baik. 

Semua nutrisi ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan suasana hati, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur yang baik. Selain itu, kandungan bioflavonoidnya memiliki sifat menghilangkan stres. Mengonsumsi sayur ini juga dapat mengurangi kecemasan yang biasanya muncul akibat masalah psikologis. 

10. Menjaga kesehatan kulit

Tingkat antioksidan pada toge tergolong tinggi. Senyawa fenolik padanya berpotensi dapat mengurangi aktivitas radikal bebas di seluruh tubuh. Antioksidan juga dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan dan bekas luka, dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Selain toge, buah delima juga berperan penting untuk kecantikan kulit. Yuk, ketahui informasinya dalam artikel: 13 Manfaat Buah Delima, Salah Satunya Turunkan Risiko Alzheimer

11. Mengoptimalkan metabolisme

Vitamin B yang terdapat dalam kecambah memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme. Ini karena vitamin B berperan dalam banyak proses tubuh yang mengatur ritme sirkadian, hormon, enzim, dan metabolisme energi.

Itulah informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat taoge untuk kesehatan. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa selalu jaga kesehatan kamu dan orang tua dengan mengonsumsi makanan sehat, ya.

Setelah mengetahui manfaat toge, jangan lupa untuk menambahkan sayur ini ke dalam menu harian, ya! Khususnya jika kamu atau orang tua mengidap kondisi kronis seperti hipertensi.

Selain itu, jangan lupa lengkapi juga pola hidup sehatmu dan keluarga dengan produk kesehatan berkualitas di Halodoc dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan halodoc
Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2023. Bean Sprouts: Health Benefits, Nutrition Facts, and How to Prepare Them.
Verywell Fit. Diakses pada 2023. Bean Sprouts Nutrition Information and Health Benefits.
WebMD. Diakses pada 2023. Bean Sprouts: Health Benefits, Nutrition Facts, and How to Prepare Them.
Jamie Oliver. Diakses pada 2023. How to Cook Bean Sprouts.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Interesting Types of Bean Sprouts.
Organic Facts. Diakses pada 2023. 12 Amazing Health Benefits Of Bean Sprouts.
The Chemistry Central Journal. Diakses pada 2023. Bean Sprouts. 
Aussiesprouts.com. Diakses pada 2023. Bean Sprouts.
National Nutrition Council. Diakses pada 2023. What Health Benefits Come from Eating Sprouted Beans?
International Journal of Preventive and Public Health Sciences. Diakses pada 2023. Effect of Mung Bean Sprouts Extract to the Morphology and Motility Spermatozoa in Mice Exposed Monosodium Glutamate.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan