• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Alami Redakan Gejala Radang Tenggorokan

Cara Alami Redakan Gejala Radang Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Radang tenggorokan merupakan kondisi yang menyebabkan muncul rasa sakit di area tenggorokan. Penyakit ini bersifat umum dan bisa menyerang siapa saja. Selain nyeri pada tenggorokan, kondisi ini juga sering ditandai dengan gejala sensasi gatal dan sakit menelan. Kebanyakan kasus penyakit ini terjadi karena infeksi bakteri dan virus. 

Peradangan pada tenggorokan menyerang daerah laring, faring, dan kelenjar amandel. Umumnya sakit tenggorokan terjadi karena infeksi virus, seperti virus pilek, flu, campak, cacar, dan sesak napas. Selain itu, sakit tenggorokan juga bisa terjadi sebagai reaksi alergi, udara kering, dan polusi udara. Radang tenggorokan juga bisa terjadi karena trauma atau cedera pada area tenggorokan. Lantas, bagaimana cara mengobatinya? 

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan 

Jika masih bersifat ringan, radang tenggorokan biasanya akan sembuh setelah beberapa waktu. Namun, saat radang tenggorokan menjadi lebih parah dan gejalanya tak kunjung hilang, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Selain pengobatan medis, radang ini juga bisa diobati dengan bahan-bahan alami, di antaranya:

  • Air Putih 

Salah satu cara alami untuk mengatasi radang tenggorokan adalah banyak konsumsi air putih. Meski tergolong sederhana, memenuhi asupan air putih nyatanya bisa membantu meredakan sakit tenggorokan serta mengurangi gejala nyeri yang dialami. Air putih juga bisa membantu menjaga kelembapan dan kebersihan tenggorokan. Selain itu, mencukupi asupan air putih juga bisa membuat tubuh lebih terhidrasi, sehingga terhindar dari kondisi kekurangan asupan cairan (dehidrasi). 

  • Kumur Air Garam 

Berkumur dengan air garam sudah dikenal bisa membantu mengatasi masalah yang terjadi pada area mulut, termasuk radang tenggorokan. Untuk mengatasi masalah ini, coba larutkan setengah hingga satu sendok haram ke dalam 240 mililiter air hangat. Kemudian, aduk rata dan gunakan air tersebut untuk berkumur. Jangan pernah menelan atau meminum air campuran garam ini. Berkumur dengan air garam tidak boleh diterapkan pada anak-anak di bawah usia 6 tahun. 

Baca juga: Mudah Menular, Ini 5 Penyebab Radang Tenggorokan

  • Sup Hangat 

Saat radang tenggorokan menyerang, penting untuk menyesuaikan jenis makanan dan minuman yang masuk melalui tenggorokan. Daripada konsumsi makanan atau minuman dingin, cobalah untuk membuat tenggorokan nyaman dengan semangkuk sup hangat. Hal ini juga disebut bisa membuat kekebalan tubuh menjadi lebih baik, sehingga tubuh lebih cepat sembuh. 

  • Madu

Ramuan lain yang bisa dibuat untuk mengatasi masalah tenggorokan adalah madu dan lemon. Saat sakit tenggorokan menyerang atasi dengan konsumsi segelas campuran madu dan air hangat serta perasan lemon. Selain bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan, minuman ini nyatanya juga bisa memberi rasa segar pada tubuh. Cobalah untuk minum air lemon dan madu setiap pagi. 

  • Cukup Istirahat

Selain konsumsi bahan-bahan alami, mengatasi radang tenggorokan juga harus disertai dengan cukup beristirahat. Penyakit ini bisa menyebabkan rasa tidak enak badan, di mana saat itu terjadi cobalah untuk beristirahat dan tidur jika dibutuhkan. Cara ini nyatanya bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, sehingga keluhan penyakit yang terjadi bisa segera diatasi. 

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Umum Terjadinya Radang Tenggorokan

Jika gejala radang tenggorokan tidak kunjung membaik setelah beberapa waktu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Atau kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc sebagai pertolongan pertama. Sampaikan keluhan yang dirasakan pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Sore Throat Remedies That Actually Work.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Sore throat.
Healthline. Diakses pada 2020. 12 Natural Remedies for Sore Throat.
NHS UK. Diakses pada 2020. Sore throat.