22 October 2018

Jangan Abaikan, Ini 5 Penyebab Rambut Rontok di Usia 20an

jangan abaikan, ini 5 penyebab rambut rontok di usia 20an

Halodoc, Jakarta – Biasanya masalah rambut sering dialami oleh orang yang telah memasuki usia di atas 35 tahun. Namun saat ini, nyatanya anak muda banyak yang mengalami masalah pada rambut mereka. Kebanyakan mengeluh bahwa rambutnya menipis, bercabang, atau mengalami kebotakan dini akibat kerontokan pada rambut.

Rambut menjadi salah satu faktor yang meningkatkan rasa percaya diri bagi sebagian orang, khususnya anak muda. Hal ini menyebabkan kerontokan rambut menjadi masalah yang cukup besar bagi sebagian orang.

Jika usia kamu belum mencapai 30 tahun tapi mengalami kerontokan rambut yang cukup parah, sebaiknya perhatikan beberapa penyebab rambut rontok di usia kamu yang masih 20an.

1. Stres

Saat usia memasuki kepala 2 adalah masa-masa seseorang mengalami perubahan dalam hidupnya. Fase kehidupan yang berubah terkadang membuat seseorang mengalami stres. Hal ini bisa menjadi penyebab anak muda mengalami kerontokan rambut yang cukup parah. Saat kamu mengalami stres, hal tersebut mengganggu hormon pada kesehatan rambut. Sebaiknya, kamu belajar untuk mengontrol emosi, cukup istirahat, dan menjauhkan rasa stres sehingga terhindar dari kerontokan rambut dan kebotakan dini.

2. Hormon dan Genetika

Penyebab lainnya yang memengaruhi kesehatan rambut adalah faktor hormon dan genetika. Khususnya bagi para pria, hormon dihidrotestosteron bisa membuat kamu mengalami kerontokan rambut sejak dini. Hormon ini memicu kerontokan pada pria karena berperan dalam mengatur folikel rambut. Selain hormon, genetika bisa menjadi penyebab kerontokan pada rambut. Namun jangan khawatir, masalah hormon dan genetika bisa kamu atasi dengan perawatan rambut sejak dini.

3. Kekurangan Nutrisi dalam Tubuh

Kurangnya asupan nutrisi dan gizi pada tubuh kamu bisa menyebabkan kerontokan rambut di usia yang cukup muda. Cara menjaga kesehatan rambut dengan memenuhi kebutuhan omega 3 dan zat besi pada tubuh sehingga kamu terhindar dari masalah kerontokan rambut. Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan, ikan salmon, atau ikan tuna untuk memenuhi kebutuhan omega 3 pada tubuh kamu. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi, kamu bisa mengonsumsi sayur bayam, daging merah, dan telur. Asupan makanan yang sehat dapat mencegah kerontokan rambut.

4. Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang dapat merusak rambut. Kandungan nikotin dalam rokok memengaruhi peredaran darah dalam tubuh. Nikotin membuat aliran darah menjadi lebih sempit sehingga menyumbat aliran darah menuju kepala. Pertumbuhan rambut akan terganggu akibat kulit kepala tidak ternutrisi dengan baik.

5. Makanan

Jika kamu sering mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food kemungkinan kamu akan mengalami kerontokan rambut pada usia dini. Pengonsumsian makanan cepat saji membuat tubuh kamu tidak mendapatkan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut.

Mengonsumsi makanan sehat dan penuh nutrisi nyatanya diperlukan untuk menjaga kesehatan kamu termasuk kesehatan rambut. Jangan lupa lakukan perawatan agar rambut tetap terjaga dan terhindar dari kerontokan. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai masalah kesehatan rambut kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: