6 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
mengatasi rambut rontok

Halodoc, Jakarta - Rambut rontok merupakan fenomena yang menyeramkan bagi wanita, begitu pun bagi laki-laki. Hampir semua orang pernah mengalami kondisi ini, dan kondisi ini dapat membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Kehilangan 100 helai rambut per hari merupakan suatu hal yang normal. Namun, jika kondisi ini terjadi secara berlebihan, pastinya akan sangat mengkhawatirkan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

  • Faktor Genetik

Rambut rontok akibat genetik merupakan penyebab rambut rontok yang paling umum. Gen bisa diturunkan dari salah satu pihak orangtua, tapi seseorang dapat memiliki risiko kerontokan rambut yang lebih besar jika kedua orangtua mengalami kerontokan rambut.

  • Anemia

Hampir 1 dari 10 wanita berusia 20-49 tahun mengalami anemia defisiensi zat besi. Wanita yang memiliki perdarahan menstruasi hebat atau tidak mencukupi kebutuhan zat besi akan cenderung mengalami anemia. Anemia akibat kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan yang amat sangat, lemah tubuh, dan kulit memucat. Kamu juga mungkin akan mengalami sakit kepala berulang, sulit konsentrasi, telapak tangan dan kaki dingin, serta rambut rontok.

  • Stres

Segala macam trauma fisik dari mulai stres berat, kecelakaan, setelah melahirkan, penurunan berat badan secara drastis, dan penyakit serius bisa menjadi penyebab rambut rontok dalam jumlah yang banyak, meskipun sementara. Stres berat dapat mengganggu siklus rambut, sehingga mempercepat rambut mengalami kerontokan.

Mengatasi Rambut Rontok, dari Vitamin E Hingga Putih Telur

Rambut rontok tidak memerlukan penanganan yang khusus. Namun, karena kondisi ini dapat memengaruhi penampilan, banyak orang yang mencari cara mengatasi rambut rontok, agar tidak semakin bertambah parah. Nah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk meminimalisir kerontokan rambut kamu:

  • Konsumsi Vitamin E

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam vitamin E dapat melancarkan sirkulasi darah ke semua bagian yang ada di kepala, bahkan sampai ke kulit kepala. Kulit rambut yang sehat dapat memperbaiki pertumbuhan rambut menjadi lebat dan sehat.

  • Lidah Buaya

Bukan rahasia lagi kalau lidah buaya memang berkhasiat untuk kesehatan rambut. Zat yang terkandung dalam lidah buaya dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori pada kulit kepala yang terhalangi sel kulit mati. Dengan demikian, rambut dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari kerontokan.

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang enggak pernah absen dari dapur. Nah, ternyata bawang putih punya khasiat untuk melancarkan pertumbuhan rambut. Bawang putih berkhasiat menghilangkan jamur yang tumbuh di kulit kepala.

  • Lemon

Untuk kamu yang mempunyai rambut berminyak, lemon merupakan bahan alami yang bisa jadi solusi untuk kerontokan rambut kamu. Kandungan vitamin C, vitamin B, dan antioksidan dalam lemon merupakan kunci untuk menjaga rambut dari bahaya kerontokan.

  • Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan kesukaan semua orang yang juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Kentang mampu mengatasi tumbuhnya uban dan keringnya rambut, kentang mengandung sari-sari yang dibutuhkan untuk menjaga rambut dari kerontokan.

  • Putih Telur

Putih telur disebut sebagai bahan alami paling efektif dalam menyuburkan tumbuhnya rambut, putih telur akan mengembalikan pertahanan sekaligus kelembutan rambut.

Kamu mau tahu tentang tips kecantikan atau kesehatan lainnya? Atau kamu ingin ngobrol langsung tentang masalah kesehatan kamu? Nah, Halodoc bisa jadi solusinya. Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!

Baca juga: