Catat, Ini 5 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Maret 2024

“Telat menstruasi memang bikin cemas! Sebaiknya, tanyakan langsung pada dokter obgyn yang tersedia 24 jam di Halodoc.”

Catat, Ini 5 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar yang Jarang DiketahuiCatat, Ini 5 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Menstruasi normalnya terjadi setiap sebulan sekali dan berlangsung tiga sampai tujuh hari. Tapi, terkadang seseorang bisa mengalami haid yang tidak lancar sehingga terlambat beberapa hari. 

Sebenarnya hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Kecuali jika haid terlambat beberapa minggu atau bahkan bulan. Nah, biasanya kondisi ini disebabkan karena stres atau kondisi medis seperti polycystic ovary syndrome (PCOS). 

Namun, selain dua faktor tadi, ada beberapa penyebab menstruasi tidak lancar lainnya yang mungkin belum banyak diketahui. Mau tahu apa saja? Cek ulasan di bawah ini!

Penyebab Haid Tidak Lancar

Berikut beberapa hal yang ternyata bisa membuat menstruasi tidak lancar: 

1. Terlalu sering berolahraga 

Walaupun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, ternyata terlalu sering berolahraga punya dampak terhadap menstruasi. Sebab olahraga memberikan tekanan fisik pada tubuh, sehingga otak dapat berhenti memproduksi hormon reproduksi. 

Hormon yang dimaksud di sini adalah hormon pelepas gonadotropin, yang bertanggung atas siklus menstruasi. Saat otak tidak melepaskan hormon ini, atau hanya mengeluarkannya secara perlahan, menstruasi bisa terhenti. 

Nah, ada beberapa obat-obatan yang efektif untuk melancarkan menstruasi. Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini Obat Pelancar Haid yang Aman Secara Medis”.

2. Bertambah atau berkurangnya berat badan

Saat kadar lemak meningkat, kadar estrogen (hormon pengatur siklus menstruasi) juga ikut naik. Hal ini terjadi karena lemak bisa menghasilkan estrogen. 

Maka dari itu, naiknya berat badan bisa mengakibatkan estrogen jadi tinggi. Kondisi inilah yang menyebabkan menstruasi menjadi melambat dan tidak teratur. 

Namun, menurunkan berat badan terlalu cepat punya efek yang kurang baik. Sebab, hilangnya berat badan membuat tubuh tidak memproduksi cukup estrogen. Kurangnya estrogen berarti terhambatnya penyusunan lapisan rahim dan bisa membuat menstruasi tidak lancar. 

Temukan langkah-langkah untuk mengatasi haid yang tidak lancar di artikel ini: “Menstruasi Tidak Teratur, Apa yang Harus Dilakukan?”. 

3. Terpapar pestisida

Wanita yang bekerja atau tinggal di lahan pertanian bisa mengalami menstruasi tidak lancar karena paparan pestisida. Pasalnya zat kimia dari pestisida mengganggu endokrin (jaringan kelenjar penghasil hormon), sehingga estrogen bisa terganggu. Inilah yang membuat siklus haid jadi terlambat atau tidak teratur. 

4. Menyusui

Faktor yang satu ini bisa juga dikenal dengan metode amenore laktasi (MAL), atau kontrasepsi alami bersifat sementara yang digunakan setelah persalinan. 

MAL bekerja melepaskan hormon prolaktin (perangsang ASI), dan menekan ovulasi serta menurunkan hormon estrogen sehingga menstruasi jadi terhambat. 

Yuk temukan fakta-fakta seputar hormon yang berkaitan dengan menstruasi di sini: “Ketahui Hormon yang Memengaruhi Siklus Menstruasi”. 

5. Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk

Kurang tidur tak hanya membuat badan menjadi lemas saja, tapi hal ini ternyata juga dapat memengaruhi siklus menstruasi.  Menurut sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa pendarahan menstruasi yang lebih banyak dan siklus yang tidak teratur, berhubungan dengan  depresi, kelelahan, tidur dengan waktu yang lebih singkat, dan stres. 

Nah, kondisi-kondisi tersebut dapat disebabkan oleh kurang tidur, atau kualitas tidur yang buruk. 

Itulah beberapa penyebab tidak lancarnya menstruasi yang jarang diketahui. Jika kamu masih punya keluhan dan pertanyaan lain seputar menstruasi, yuk konsultasi dengan Dokter Obgyn berpengalaman dan tepercaya untuk mendapatkan solusinya! 

Jangan ragu untuk bertanya pada dokter spesialis karena privasimu akan terjaga. Dokter-dokter tepercaya Halodoc siap menangani masalah kesehatanmu non stop, 24 jam! Semua pertanyaanmu juga pastinya akan dijawab! 

Referensi: 
Health. Diakses pada 2024. What Can Delay Your Period?
Medical News Today. Diakses pada 2024. What is menstruation?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan