Ini Daftar Obat Gonore yang Bisa Didapatkan di Apotek

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Maret 2024

“Obat gonore diresepkan untuk meredakan gejala dan mencegah penularannya. Beberapa obat yang bisa kamu gunakan misalnya Erysanbe 500 mg 10 Kaplet, Supramox 500 mg 10 Kapsul, Ofloxacin 400 mg 10 Tablet yang bisa dibeli di Halodoc.”

Ini Daftar Obat Gonore yang Bisa Didapatkan di ApotekIni Daftar Obat Gonore yang Bisa Didapatkan di Apotek

DAFTAR ISI

Halodoc, Jakarta – Gonore atau yang juga dikenal sebagai kencing nanah adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini bisa menginfeksi area genital, rektum, dan tenggorokan. 

Ada beberapa cara mengatasi kondisi ini, salah satunya dengan mengonsumsi obat gonore  agar gejalanya hilang dan mencegah penularan. Apa saja obat yang ampuh mengatasi gonore? Ini rekomendasinya!

Pilihan Obat Gonore di Apotik

Penyakit gonore umumnya menyebar melalui hubungan seksual tanpa kondom dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Jika tidak mendapat pengobatan yang tepat, gonore dapat menyebabkan komplikasi serius. Contohnya seperti infeksi pada organ reproduksi, penyakit radang panggul, dan dapat meningkatkan risiko penularan infeksi HIV.

Namun, kamu juga Perlu Tahu, Gonore Enggak Menular Lewat Dudukan Toilet.

Nah, berikut beberapa pilihan obat gonore di apotik yang bisa kamu dapatkan:

1. Erysanbe 500 mg 10 Kaplet

Erysanbe adalah obat yang mengandung antibiotik eritromisin. Antibiotik ini merupakan golongan makrolida yang dapat membunuh bakteri gram negatif maupun gram positif. 

Pada umumnya, eritromisin adalah antibiotik yang diresepkan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan, kulit & jaringan lunak, dan pneumonia. Namun, juga bisa mengobati infeksi gonore atau kencing nanah.  

Kamu dapat mengonsumsi obat ini sebanyak 1-2 tablet empat kali sehari. Jangan menggunakannya untuk jangka waktu yang panjang tanpa anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp42.800 per strip.

Dapatkan Erysanbe 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Supramox 500 mg 10 Kapsul

Mengandung antibiotik amoksisilin, Supramox dapat bekerja menghambat dinding sel bakteri yang menjadi penyebab gonore. Obat gonore ini juga efektif untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri E.Coli, H. influenzae, Streptococcus pneumoniae, Staphylococous bukan penghasil penisillinase, P. mirabilia, dan N. gonorrhea. 

Obat ini dapat diminum sebelum atau sesudah makan dengan dosis 250-500 mg setiap 8 jam. Jika kamu alergi terhadap kandungan ini, hindari untuk mengonsumsinya!

Hubungi beberapa dokter spesialis ini jika penyakit gonore kamu tidak kunjung membaik: “Catat, Ini Dokter Spesialis yang Bisa Mengobati Gonore”.

Kisaran harga: Rp33.800 per strip.

Dapatkan Supramox 500 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Aztrin (Azithromycin) 500 mg 6 Kaplet

Aztrin  mengandung antibiotik yang berasal dari golongan makrolida, yaitu Azitromisin. Antibiotik ini efektif untuk membunuh bakteri gram positif dan negatif dengan menghambat translasi mRNA.

Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi infeksi saluran napas atas dan penyakit-penyakit kelamin. Contohnya seperti urethritis non-gonococcal dan cervicitis yang disebabkan oleh Chlamydia trachomatis.

Obat ini harus dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter. Dosis umumnya yaitu:

  • Infeksi saluran napas atas dan bawah/infeksi kulit ringan dan sedang: 500 mg (sebagai dosis tunggal) pada hari pertama, dilanjutkan 250 mg pada 4 hari berikutnya. 
  • Infeksi chlamydia trachomatis: 1 gram sebagai dosis tunggal. 
  • Sinusitis akut akibat bakteri : 500 mg per hari selama 3 hari.

Rentang harga: Rp66.000 – Rp253.500 per strip

Dapatkan Aztrin (Azithromycin) 500 mg 6 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Super Tetra 250 mg 6 Kapsul Lunak

Obat gonore selanjutnya yang bisa dikonsumsi adalah Super Tetra 250 mg 6 Kapsul Lunak yang mengandung tetrasiklin. Guna obat ini adalah untuk mengobati infeksi bakteri yang terjadi pada saluran pernapasan, kulit, usus, kelamin, kelenjar getah bening, salurah kemih, dan bagian lain dalam tubuh. 

Antibiotik ini termasuk golongan bakteriostatik yang bekerja menghambat sintesis protein bakteri, sehingga bakteri tidak dapat berkembang.

Kamu bisa mengonsumsi obat ini setiap 6 jam sebanyak 250 mg. Sedangkan, untuk kasus infeksi berat bisa ditingkatkan hingga 500 mg tiap 6-8 jam. 

Kisaran harga: Rp9.300 per strip.

Dapatkan Super Tetra 250 mg 6 Kapsul Lunak di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Ofloxacin 400 mg 10 Tablet

Ofloxacin termasuk obat gonore yang juga efektif mengobati beberapa infeksi seperti infeksi saluran napas bawah dan kulit, servisitis non-GO, infeksi campuran pada uretra dan serviks, dan infeksi paru. 

Pastikan menggunakan obat ini sesuai anjuran dosis yang sesuai. Obat ini dapat diminum dalam 2 dosis terbagi 100-600 mg per hari sebelum atau sesudah makan. 

Perlu diingat, ofloxacin tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, dan menyusui. 

Kisaran harga: Rp15.100 per strip.

Dapatkan Ofloxacin 400 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Apabila kamu memiliki kekhawatiran atau gejala yang mungkin terkait dengan gonore, sebaiknya tanyakan pada dokter spesialis kulit dan kelamin di Halodoc untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai.

Kamu juga bisa kunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi lanjutan mengenai kesehatan seksual.

Skrining Penyakit Menular Seksual Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Jika kamu ingin melakukan skrining gonore tapi tidak sempat ke rumah sakit, kini kamu bisa melakukan Skrining Penyakit Menular Seksual dari rumah dengan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya).

Layanan homelab ini adalah tes laboratorium atau paket tes dari Halodoc yang pengambilan sampelnya bisa dilakukan di rumah atau di lokasi mana pun yang kamu pilih.

Ada beberapa keunggulan dari layanan tes lab ini, antara lain:

✔ Tak perlu repot keluar rumah. 

✔ Hemat waktu dan biaya. 

✔ Petugas profesional dan responnya cepat. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Sampel diambil secara aman dan steril. 

✔ Peralatan yang digunakan berkualitas, aman, tersegel, dan sesuai standarisasi. 

✔ Harganya terjangkau, mulai dari Rp 599.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon. 

✔ Semua layanan tes lab terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dokter. 

✔ Setelah tes, kamu akan mendapatkan voucher 25 ribu untuk konsultasi hasil dengan dokter tepercaya dari Halodoc.

Booking Skrining Penyakit Menular Seksual Lebih Mudah di Rumah Pakai Halodoc.

Kamu bisa order melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Layanan homelab ini adalah tes laboratorium atau paket tes dari Halodoc yang pengambilan sampelnya bisa dilakukan di rumah atau lokasi manapun yang kamu pilih. 

Praktis bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, pakai aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. Gonorrhea: Symptoms, treatment, and causes.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Gonorrhea.
Healthline. Diakses pada 2024. Everything You Need to Know About Gonorrhea.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan