Inilah Alasan Burung Beo Bisa Menirukan Suara Manusia

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   10 Mei 2021
Inilah Alasan Burung Beo Bisa Menirukan Suara ManusiaInilah Alasan Burung Beo Bisa Menirukan Suara Manusia

Halodoc, Jakarta - Mungkin kamu pernah berpikir mengapa spesies monyet seperti orangutan atau simpanse yang memiliki DNA yang hampir mirip manusia tak bisa berbicara, tetapi burung beo bisa. Pada 2016, para peneliti menemukan bahwa monyet ternyata secara fisik sebenarnya mampu berbicara dengan manusia, tetapi mereka tidak memiliki kapasitas otak untuk melakukannya. Sementara burung beo, mereka memiliki kemampuan mempelajari bahasa dengan cara yang mirip dengan manusia.

Salah satu alasan seseorang memelihara burung beo adalah karena kemampuannya berbicara seperti manusia. Namun, sebenarnya tidak semua burung beo bisa bicara, dan mereka yang mempelajari kata dan frasa hanya meniru ucapan manusia. Meskipun burung beo tidak memiliki pita suara seperti manusia, mereka memiliki anatomi yang diperlukan untuk "berbicara".

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini sebelum Memelihara Burung Beo

Alasan Burung Beo Bisa Bicara

Menurut Steve Hartman dari The Parrot University, burung beo adalah salah satu dari beberapa hewan yang harus mengembangkan bahasa verbal untuk berinteraksi satu sama lain. Burung beo akan lebih mungkin berbicara jika kamu mulai mengajarinya kata-kata saat ia masih kecil. 

Menjadi orang yang senang berbicara atau memiliki keluarga suka mengobrol juga akan meningkatkan peluang kamu untuk memiliki burung beo peliharaan yang banyak bicara. Namun, burung beo mungkin kesulitan memahami bahasa pada awalnya, dan mereka sering kali mencampurkan vokalisasi manusia dengan kosakata burung beo.

Burung beo sangat mudah bergaul dan mendambakan interaksi dari kawanan manusianya. Tidak semua burung peliharaan memiliki kemampuan atau keinginan untuk berbicara. Namun, burung beo abu-abu Afrika, burung beo berkepala kuning ganda, burung beo abu-abu Afrika Timneh, burung nuri bayan dan burung beo Amazon berkepala kuning hanyalah beberapa dari spesies burung yang merasa cenderung menggunakan bahasa seperti manusia. 

Berbicara juga memperkuat ikatan antara kamu dan burung. Selain itu, untuk mengembangkan ikatan kelompok yang kuat, burung beo merasakan kebutuhan untuk terdengar mirip dengan kawanannya, yaitu manusia yang memeliharanya. 

Tanpa mulut dan pita suara yang fleksibel, mempelajari cara berbicara bahasa manusia dapat menjadi tantangan bagi burung beo. Burung ini memiliki organ vokal yang disebut syrinx yang mirip dengan laring di bagian atas trakea pada manusia. Syrinx, yang terletak di dada di bagian bawah trakea, dapat digunakan untuk mengucapkan kata-kata manusia. Saat burung beo mencoba menggunakan ucapan, suaranya melewati tenggorokan dan mulut dan dimanipulasi oleh lidah.

Baca juga: Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Cara Mengajari Burung Beo Bicara

Pengulangan merupakan faktor penting saat mengajari burung beo cara berbicara. Mulailah dengan kata-kata sederhana yang dapat digunakan dalam komunikasi sehari-hari dengan teman burung. 

Kaitkan kata-kata yang kamu ajarkan dengan tindakan, seperti memberi burung camilan apel saat kamu mengulangi kata tersebut. Temperamen juga memainkan peran utama, karena burung harus percaya pada kawanan manusia sebelum dia mencoba berkomunikasi. Jadi, jalinlah hubungan yang kuat dengan burung beo untuk bisa sukses mengajarkannya berbicara.

Meskipun kedengarannya cukup cerdik, ingatlah bahwa banyak hewan lain yang belajar vokal atau tidak, memiliki suara yang mereka gunakan untuk berkomunikasi. Suara ini digunakan terutama tentang makanan, salah satu aspek terpenting dalam kehidupan hewan mana pun. Manusia mungkin menganggap burung beo sangat menawan karena mereka adalah hewan yang bisa dipahami bahasanya, meskipun mereka hanya meniru.

Baca juga: 4 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Burung Peliharaan

Itulah alasan mengapa burung beo bisa bicara. Memiliki hewan peliharaan memang terlihat menyenangkan dan mereka memang terbukti bisa memperbaiki kesehatan mental seseorang. Jika kamu memelihara kucing, anjing, atau burung, jangan lupa untuk memastikan kebutuhan pakannya terpenuhi ya. Kini melalui toko kesehatan di Halodoc juga telah tersedia makanan, obat, dan kebutuhan hewan lainnya yang bisa kamu beli dengan mudah. Apalagi dengan layanan antar, kamu jadi tak perlu repot keluar rumah lagi.

Referensi:
Audubon. Diakses pada 2021. Why Do Parrots Talk?
The Nest. Diakses pada 2021. What Makes Parrot Talks Like Human.
Vox. Diakses pada 2021. Why Parrots Can Talk Like Human.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan