• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Keseringan Main Gadget, Waspada Cedera Tangan

Keseringan Main Gadget, Waspada Cedera Tangan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Teknologi yang semakin berkembang membuat hampir seluruh masyarakat sudah mengenal gadget atau gawai. Banyak manfaat yang dirasakan dengan mengakses internet melalui gadget, salah satunya mendapatkan informasi lebih cepat dan mudah. Aktivitas dengan kerabat dan keluarga juga terasa lebih praktis dengan keberadaan gadget. Jarak bukan lagi menjadi masalah. 

Baca juga: 3 Tips Atasi Badan Pegal di Kantor

Berbagai hal menarik yang didapatkan dari penggunaan gadget menyebabkan seseorang betah bermain gadget dalam waktu yang cukup lama. Sayangnya, hal ini membuat orang lupa terhadap risiko gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat keseringan bermain gadget.

Waspada Cedera Tangan akibat Sering Bermain Gadget

Ada beberapa kondisi yang dapat dialami pada bagian tangan ketika kamu terlalu sering menggunakan gadget, di antaranya:

1. Carpal Tunnel Syndrome

Terlalu sering menggunakan gadget dapat sebabkan seseorang alami carpal tunnel syndrome. Dilansir dari National Health Service UK, carpal tunnel syndrome adalah kondisi ketika terjadi tekanan pada saraf di pergelangan tangan. Kondisi ini menyebabkan kamu mengalami gejala yang menjadi tanda penyakit ini, seperti kesemutan, mati rasa pada area tangan, dan rasa sakit pada tangan serta jari-jari kamu.

Umumnya, nyeri yang dialami semakin parah ketika malam hari. Kamu dapat melakukan gerakan sederhana pada area tangan untuk meredakan gejala yang kamu alami. Jika kondisi semakin parah, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat agar kondisi yang kamu alami dapat diatasi dengan baik. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi, tidak perlu mengantre ketika sudah sampai di rumah sakit.

2. Tendonitis

Terlalu sering mengetik saat menggunakan gadget dapat menyebabkan ibu jari mengalami peradangan. Kondisi ini dikenal dengan tendonitis. Gejala saat mengalami tendonitis, salah satunya adalah inflamasi atau peradangan. Bagian tangan yang mengalami peradangan akan terlihat kemerahan, nyeri, dan pembengkakan. Tidak hanya itu, bagian yang mengalami tendonitis juga terasa berdenyut-denyut. Kondisi ini hampir mirip dengan “mommy thumb” yang merupakan gangguan sendi pada ibu baru yang sering menggendong bayinya.

3. Osteoarthritis pada Tangan

Osteoarthritis yang menyerang bagian tangan menyebabkan rasa sakit pada bagian jari tangan. Menurut Lynette Khoo-Summers, ahli terapi fisik dan profesor pada Washington University School of Medicine, terlalu banyak menggunakan gadget bisa sebabkan osteoarthritis pada bagian tangan. Ada beberapa cara untuk mengurangi gejalanya, yaitu mengistirahatkan tangan dan jari-jari.

Baca juga: Cara Menangani Sakit Leher di Rumah

Sebaiknya bijaklah saat menggunakan gadget. Tidak hanya cedera pada tangan, ada gangguan kesehatan lainnya jika kamu terlalu sering menggunakan gadget. Kamu juga berisiko alami cedera pada bagian leher karena terlalu sering menunduk atau memiringkan kepala saat menggunakan gadget.

Terlalu lama menggunakan gadget juga membuat kamu mengalami kerusakan pada mata. Mata kering, gangguan penglihatan, dan mata lelah dapat dialami ketika sering menggunakan gadget. 

Lakukan Ini untuk Mencegah Cedera pada Tangan

Selain mengurangi waktu bermain gadget, lakukan cara sederhana ini seperti dilansir dari WebMD. Cara ini dapat mengurangi risiko cedera pada tangan akibat terlalu banyak penggunaan gadget, yaitu:

  1. Jangan terlalu keras menekan tombol gadget;

  2. Sebaiknya jangan terlalu panjang mengetik, tidak ada salahnya untuk melakukan aktivitas lain setiap beberapa menit sekali;

  3. Jangan hanya gunakan satu jari. Sebaiknya gunakan jari yang lain jika kamu sudah mulai merasa tidak nyaman saat menggunakan ibu jari;

  4. Beristirahatlah jika mulai merasa tidak nyaman.

Baca juga: Memasang Pohon Natal Bisa Sehatkan Persendian?

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala dari gangguan cedera pada bagian tangan akibat penggunaan gadget yang terlalu lama. Periksakan kesehatan ke rumah sakit terdekat jika kamu mengalami gejala yang lebih parah pada persendian tangan.

Referensi:
Today. Diakses pada 2020. Is Your Smartphone a Pain? How to Prevent It From Causing Your Hands to Suffer
Everyday Health. Diakses pada 2020. Are You Texting Your Way to Arthritis?
Healthline. Diakses pada 2020. What is Forearm Tendonitis and How Is It Treated?
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Carpal Tunnel Syndrome
Web MD. Diakses pada 2020. How to Handle High Tech Hand Injuries