• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Buah Pepaya untuk Bayi yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Pepaya untuk Bayi yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc,  Jakarta - Saat menginjak usia enam bulan, Si Kecil mulai diperkenalkan dengan beragam jenis, rasa, dan tekstur makanan sebagai makanan pendamping ASI. Biasanya, makanan pendamping ASI akan dimulai dengan menu buah-buahan yang bertekstur lembut, salah satunya adalah pepaya.

Baca juga: Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

Sudah tidak diragukan lagi manfaat pepaya bagi kesehatan karena kandungan baik di dalamnya, seperti karbohidrat, lemak, kalsium, protein, fosfor, vitamin A, C, B1, B2, E, zat besi, asam folat, kalium, kalsium, zinc dan serat.  Berikut manfaat pepaya sebagai makanan pendamping ASI: 

  • Melancarkan Pencernaan

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Tidak sedikit bayi yang mengalami sakit perut dan perut kembung karena susah buang air besar saat hal tersebut terjadi, Si Kecil otomatis akan rewel dan menangis sepanjang hari karena tertumpuknya kotoran dalam usus.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, ibu dapat memberikannya buah pepaya yang telah dilunakkan atau dikukus. Manfaat pepaya yang satu ini dapat dirasakan saat mengonsumsi pepaya yang sudah matang. Selain melancarkan pencernaan, pepaya dapat mengatasi iritasi pada sistem pencernaan.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pepaya selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Bukan hanya terkandung dalam wortel, vitamin A juga banyak ditemukan dalam buah pepaya dan tomat. Menjaga kesehatan mata Si Kecil memang sebaiknya dilakukan sejak dini.

  • Menghaluskan Kulit

Pepaya memiliki banyak kandungan vitamin yang berfungsi dalam mempertahankan kesehatan kulit bayi. Seperti yang diketahui, bayi memiliki kulit yang sangat tipis dan sensitif. Karena hal tersebut, kulit bayi masih membutuhkan perlindungan guna mencegah infeksi berbahaya pada kulit. Nah, untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang baik untuk menjaga kulit terhindar dari infeksi, ibu dapat memberikan Si Kecil buah pepaya secara rutin.  

Baca juga: Ini Makanan Anak yang Tidak Sehat untuk Si Kecil

  • Mengobati Sariawan

Manfaat pepaya selanjutnya adalah mengobati sariawan pada Si Kecil, karena kandungan vitamin C di dalamnya. Buah ini juga tidak menyebabkan perih pada luka sariawan bayi, sehingga tidak akan membuatnya rewel. Sariawan sendiri terjadi karena adanya iritasi pada kulit bagian dalam mulut. Untuk mengatasinya, hancurkan pepaya, kemudian letakkan di area yang terkena sariawan.

  • Menurunkan Demam

Pepaya mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang mampu mengatasi demam pada Si Kecil. Selain berkhasiat dalam menurunkan demam anak, pepaya juga mampu menjaga daya tahan sel-sel dalam tubuh akibat demam.

  • Mencegah Kanker

Lycopene yang terkandung dalam pepaya dapat menjadi pencegah kanker. Kanker sendiri sebenarnya berasal dari mutasi gen pada sel dalam kurun waktu yang bertahap. Dengan mengonsumsi pepaya secara rutin, proses tahapan tersebut dapat dicegah. Selain itu, pepaya juga mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah tubuh dari serangan radikal bebas. 

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C dalam pepaya mampu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna, sehingga rentan mengalami infeksi. Dengan rutin mengonsumsi pepaya, tubuh dapat melawan bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan folat dalam pepaya mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Folat dapat mengubah homosistein menjadi asam amino, agar tidak terjadi penumpukan yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Selain folat, pepaya juga kaya akan serat dan kalium, yang mampu membantu menjaga kesehatan organ jantung.

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

Meski pepaya memiliki segudang manfaat baik di dalamnya, tapi ada sebagian orang buah pepaya dapat menimbulkan reaksi alergi. Sebelum memberikan buah ini pada Si Kecil, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Referensi: 

Parenting First Cry. Diakses pada 2020. Papaya for Babies: Amazing Benefits and Food Recipes.

Wholesome Baby Food. Diakses pada 2020. Giving Your Baby Homemade Papaya Baby Food.

Being The Parent. Diakses pada 2020. Papaya For Babies – Health Benefits and Recipes.