• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ngilu Sakit Gigi, Ini Cara Redakan dengan Tepat

Ngilu Sakit Gigi, Ini Cara Redakan dengan Tepat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Tidak hanya terasa nyeri, ngilu gigi juga membuat kamu menjadi tidak nyaman ketika beraktivitas. Kamu bahkan bisa mengalami kesulitan ketika makan. Sebenarnya, penyebab ngilu gigi ini bermacam-macam, mulai dari gigi yang sensitif, gigi berlubang atau bahkan retak, lepasnya tambalan pada gigi, akar gigi yang terlihat, hingga adanya penyakit periodontitis yang menyerang gigi. 

Sebenarnya, kenapa gigi terasa ngilu? Ternyata, enamel atau lapisan gigi paling luar mengalami pengikisan. Ini bisa terjadi karena makanan maupun minuman, bisa juga karena kamu tidak tepat ketika menggosok gigi. Akibatnya, dentin yang merupakan lapisan tengah gigi berisi saraf dan pembuluh darah terkena paparan dari luar. Inilah yang menimbulkan rasa ngilu ketika kamu makan atau minum. Nah, supaya tidak mengganggu aktivitas, coba cara redakan ngilu gigi berikut ini.

  • Campuran Air Madu

Ada kandungan antibakteri dan antiseptik yang bisa kamu temukan pada madu, sehingga sering kali madu dipakai sebagai obat untuk mengatasi masalah gigi dan mulut. Bahkan, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Atwa AD dari Fakultas Kesehatan Gigi Al-Azhar University, Cairo, Mesir dengan judul Effect of Honey in Preventing Gingivitis and Dental Caries in Patients Undergoing Orthodontic Treatment berhasil membuktikan bahwa madu bisa membantu mengatasi masalah gingivitis. 

Baca juga: Sering Terasa Ngilu, Tanda Miliki Gigi Sensitif?

  • Daun Jambu Biji

Tidak hanya sebagai obat alami untuk mengatasi diare, daun jambu biji ternyata juga efektif untuk menyembuhkan ngilu gigi. Sebuah studi berjudul Health Effects of Psidium guajava L. Leaves: An Overview of the Last Decade membuktikan adanya kandungan antioksidan flavonoid pada daun jambu yang banyak digunakan sebagai salah satu cara redakan ngilu gigi. Sifat antimikroba dan antiradang pada flavonoid ini efektif untuk mempercepat penyembuhan sakit gigi yang dialami. 

  • Kunyit

Tanaman herbal satu ini lebih dikenal sebagai bahan rempah untuk menguatkan aroma dan rasa pada masakan. Namun, ternyata masih banyak fungsi lain dari kunyit di dunia kesehatan, termasuk meredakan penyakit liver dan masalah pencernaan selama bertahun-tahun. Di India, kunyit banyak dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dan penambah stamina tubuh. Oleh karena memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan astringen yang sangat bermanfaat, kunyit ternyata juga efektif untuk menyembuhkan gigi ngilu. 

Baca juga: Membiarkan Gigi Berlubang, Ini Dampaknya

Senyawa curcumin yang terkandung pada kunyit efektif untuk melawan bakteri yang menjadi penyebab infeksi pada gusi sekaligus meredakan peradangan yang terjadi. Penggunaan kunyit untuk masalah gigi sendiri diaplikasikan dengan menempelkan parutan kunyit pada bagian gigi yang ngilu, atau menjadikan kunyit sebagai pasta gigi. 

  • Air Garam

Sepertinya, cara satu ini sudah tidak asing di telinga kalau membicarakan sakit gigi, ya? Sifat antiseptik pada garam sangat efektif untuk mematikan dan menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi yang membuat gigi menjadi ngilu. Penggunaan air garam untuk mengatasi masalah gigi ngilu ini tentu saja dengan dikumur, tetapi tidak untuk ditelan. 

Baca juga: Cara Alami dan Mudah Redakan Sakit Gigi

Nah, itu tadi beberapa cara redakan ngilu gigi yang bisa dicoba di rumah. Kalau tidak berhasil mengobati rasa nyeri pada gigi, sudah saatnya kamu memeriksakan kesehatan gigi ke dokter. Supaya tidak mengantre, buat janji dulu dengan dokter gigi di rumah sakit terdekat paia aplikasi Halodoc. Gigi ngilu harus segera ditangani agar rasa nyerinya bisa segera pergi. 

Referensi: 
Elixabet Diaz de Cerio, et al. 2017. Diakses pada 2020. Health Effects of Psidium Guajava L. Leaves: An Overview of the Last Decade. International Journal of Molecular Sciences 18(4): 897.
Atwa A.D., et al. 2014. Diakses pada 2020. Effect of Honey in Preventing Gingivitis and Dental Caries in Patients Undergoing Orthodontic Treatment. The Saudi Dental Journal 26(3): 108-114.
WebMD. Diakses pada 2020. What Can You Do about Sensitive Teeth.